Usai dari KTT G20, Jokowi Bertolak ke Glasgow Hadiri COP26

Jokowi akan sampaikan komitmen RI pada isu perubahan iklim

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menghadiri menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pemimpin Dunia COP26 yang berlangsung pada 1-2 November 2021. Jokowi langsung menuju Glasgow, Skotlandia, usai menghadiri KTT G20 di Roma, Italia pada 30-31 Oktober 2021.

Usai tiba di Glasgow, Jokowi disambut oleh Duta Besar RI untuk Britania Raya merangkap Republik Irlandia dan International Maritime Organization (IMO), Desra Percaya dan Atase Pertahanan Republik Indonesia di Britania Raya, Kolonel Czi Ranon Sugiman, serta pejabat pemerintahan setempat.

Baca Juga: Perubahan Iklim: Apa itu COP26 dan Mengapa itu Penting?

1. Jokowi tegaskan komitmen Indonesia dalam isu perubahan iklim

Usai dari KTT G20, Jokowi Bertolak ke Glasgow Hadiri COP26Presiden Jokowi tiba di Glasgow, Skotlandia, menghadiri KTT Pemimpin Dunia COP26. (dok. Biro Pers Kepresidenan)

KTT Pemimpin Dunia COP26 ini dipimpin oleh Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson. KTT ini juga akan dihadiri oleh 121 kepala negara dan kepala pemerintahan.

Sebelumnya, Jokowi menegaskan posisi Indonesia dalam isu perubahan iklim sangat konsisten. Menurutnya, Indonesia akan terus bekerja keras memenuhi komitmen yang telah dibuat.

“Kita tidak ingin ikut dalam retorika yang pada akhirnya tidak dapat kita jalankan,” kata Jokowi dalam keterangan persnya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (29/10/2021).

Baca Juga: Jelang COP26, India Tolak Tetapkan Target Emisi Nol Bersih

2. Jokowi juga akan lakukan pertemuan bilateral di COP26

Usai dari KTT G20, Jokowi Bertolak ke Glasgow Hadiri COP26Presiden Jokowi tiba di Glasgow, Skotlandia, menghadiri KTT Pemimpin Dunia COP26. (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Dalam kunjungannya ke Inggris Raya ini, Jokowi juga akan melakukan temu bisnis dengan pimpinan dunia usaha Inggris yang telah berinvestasi, serta menggelar sejumlah pertemuan bilateral.

Dalam kunjungannya ke Glasgow ini, Jokowi ditemani Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri KLHK Siti Nurbaya, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

3. Jokowi hadiri KTT G20 pada 30-31 Oktober 2021

Usai dari KTT G20, Jokowi Bertolak ke Glasgow Hadiri COP26Presiden Jokowi di KTT G20, Roma, Italia (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Presiden Jokowi sebelumnya menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Group of Twenty (G20) yang digelar di Roma, Italia, pada 30-31 Oktober 2021. Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menilai KTT G20 adalah hal yang penting bagi Indonesia. Sebab, di KTT G20, Indonesia juga menerima keketuaan G20 dari Italia untuk setahun ke depan.

"Serah terima akan dilakukan di hari kedua KTT, yaitu di tanggal 31 Oktober, sementara keketuaan Indonesia atau presidensi Indonesia sendiri akan dimulai 1 Desember 2021," kata Retno dalam keterangannya di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (25/10/2021).

Baca Juga: Sri Mulyani Kumpulkan Menkeu dan Menkes Anggota G20, Bahas Apa?

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya