Ini 5 Pabrikan Senjata Terbesar di Dunia, Termasuk Boeing!

Jadi salah satu sektor industri paling menguntungkan

Jakarta, IDN Times - Industri militer disebut sebagai salah satu sektor terbesar dan paling menguntungkan di dunia. Industri ini memproduksi senjata, kendaraan militer, hingga peralatan terkait lainnya.

Produk-produk militer dibutuhkan oleh berbagai negara demi membekali pertahanannya. Dilansir Foreign Affairs Insights & Review (FAIR), ada sejumlah produsen senjata terbesar di dunia.

Data yang mereka sajikan dirangkum dari sumber SIPRI, lembaga internasional independen yang didedikasikan untuk penelitian konflik, persenjataan, pengawasan senjata dan perlucutan senjata.

Baca Juga: Temui Prabowo, Erick: Kita Bahas Industri Pertahanan

1. Lockheed Martin

Ini 5 Pabrikan Senjata Terbesar di Dunia, Termasuk Boeing!Kantor perusahaan Lockheeed Martin di Bethesda, Maryland, AS. (Dok. Wikipedia/Coolcaesar)

Lockheed Martin adalah perusahaan Amerika Serikat (AS) yang dianggap sebagai kontraktor pertahanan terbesar di dunia. Perusahaan ini memproduksi berbagai macam produk, termasuk jet tempur, helikopter, rudal, dan satelit.

Total penjualan persenjataan dan jasa militer oleh perusahaan ini sebesar 67.004 juta dolar AS pada 2021, di mana kontribusi penjualan persenjataan sebesar 60.340 juta dolar AS atau 90 persen dari total penjualan.

2. Raytheon Technologies

Raytheon Technologies adalah perusahaan Amerika yang memproduksi berbagai produk, termasuk rudal, radar, dan elektronik pertahanan.

Total penjualan senjata dan layanan militer mereka mencapai 64.388 juta dolar AS, di mana penjualan senjata berkontribusi sebesar 41.850 juta dolar AS atau 65 persen dari total penjualan.

Baca Juga: Kontraktor Industri Pertahanan Jerman Mau Bikin Pabrik Tank di Ukraina

3. Boeing Defense, Space & Security

Boeing Defense, Space & Security adalah produsen militer terbesar kedua di dunia. Perusahaan ini memproduksi berbagai macam produk, termasuk pesawat militer, drone, dan rudal.

Total penjualan senjata dan layanan militernya sebesar 62.286 juta dolar AS, di mana penjualan senjata berkontribusi sebesar 33.420 juta dolar AS atau 54 persen dari total penjualan.

4. Northrop Grumman

Northrop Grumman adalah perusahaan AS yang memproduksi teknologi pertahanan canggih, termasuk pesawat terbang, rudal, dan sistem ruang angkasa.

Total penjualan senjata dan layanan militer mereka mencapai 35.667 juta dolar AS, di mana penjualan senjata berkontribusi sebesar 29.880 juta dolar AS atau 84 persen dari total penjualan.

5. General Dynamics

General Dynamics adalah perusahaan Amerika yang memproduksi berbagai macam produk, termasuk kapal selam, tank, dan sistem pertahanan lainnya.

Total penjualan senjata dan layanan militer oleh perusahaan mencapai 38.469 juta dolar AS, di mana penjualan senjata berkontribusi sebesar 26.390 juta dolar AS atau 69 persen dari total penjualan.

Baca Juga: 5 BUMN Holding Industri Pertahanan Unjuk Gigi di Indo Defence 2022

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya