Menlu China Temui Prabowo usai Bertemu Jokowi di Istana

Pertemuan dengan Jokowi bahas sejumlah hal

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengungkapkan, setelah melakukan pertemuan dengan Presiden Joko “Jokowi” Widodo, Menteri Luar Negeri China Wang Yi, dijadwalkan akan bertemu dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

“Setelah dengan Bapak Presiden, beliau akan bertemu dengan Menteri Pertahanan,” kata Retno dalam pernyataan pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (18/4/2024).

Retno sebelumnya mendampingi Jokowi untuk menerima kunjungan kehormatan Wang Yi. Selain itu, pada paginya, Wang Yi telah mengadakan pertemuan bilateral dengan dirinya.

Baca Juga: Menlu China Puji Kepemimpinan Jokowi di Pembangunan 

1. Dilanjutkan dengan dialog tingkat tinggi dengan Luhut

Menlu China Temui Prabowo usai Bertemu Jokowi di IstanaMenteri Luar Negeri China Wang Yi usai menemui Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (18/4/2024). (IDN Times/Trio Hamdani)

Selanjutnya akan diadakan pertemuan High Level Dialogue on the Cooperation Mechanism (HDCM) di Labuan Bajo pada Jumat (19/4/2024).

Dalam pertemuan tersebut, pihak Indonesia akan diwakilkan oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, serta oleh Menlu Retno.

Sementara itu, dari pihak China, Menteri Luar Negeri Wang Yi yang akan mewakili pertemuan tersebut.

2. Pertemuan di Labuan Bajo membahas seputar ekonomi

Menlu China Temui Prabowo usai Bertemu Jokowi di IstanaPertemuan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi. (IDN Times/Sonya Michaella)

Dalam pertemuan HDCM di Labuan Bajo, pembahasan mengenai ekonomi akan dilakukan secara mendalam. Pada pertemuan hari ini telah dibahas masalah seputar ekonomi, namun pembahasan lebih lanjut akan dilakukan pada forum tersebut.

“Untuk ekonomi, tadi saya sampaikan untuk ekonomi termasuk masalah kereta cepat dan sebagainya besok baru akan dibahas di Labuan Bajo,” tambahnya.

Baca Juga: Terima Menlu China, Retno Soroti Persoalan Online Scam

3. Menlu China ucapkan selamat atas pemilu Indonesia

Menlu China Temui Prabowo usai Bertemu Jokowi di IstanaMenteri Luar Negeri China Wang Yi. (IDN Times/Sonya Michaella)

Sebelumnya, Menlu China Wang Yi mengucapkan selamat atas proses pemilihan umum Indonesia yang sudah rampung. Hal itu dia ungkapkan ketika berkunjung ke Jakarta dan diterima oleh Menlui RI Retno Marsudi.

“Selamat atas lancar dan suksesnya pemilu Indonesia dan juga kami memuji kepemimpinan Presiden RI Joko Widodo atas keberhasilan pembangunan luar biasa selama ini. Kedatangan saya ke sini dengan tujuan menunjukkan dukungan kuat untuk Indonesia dan membangun hubungan bilateral ke tingkat yang lebih tinggi,” kata Wang, di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Kamis (18/4/2024).

Wang sempat membeberkan apa yang dia bicarakan dengan Retno saat pertemuan bilateral. Salah satunya adalah kesepakatan mempercepat kerja sama pembangunan.

“Kita juga membahas apa saja yang sudah tercapai selama ini. Saling bertukar pendapat dan sepakat mempercepat pembangunan demi masa depan bersama,” tambah Wang.

Baca Juga: Jokowi Minta China Percepat Studi Kereta Cepat Surabaya

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya