17 Kepala Negara Bakal Kumpul di KTT G20 Bali, Biden Ikut Hadir

KTT G20 digelar pada 15-16 November 2022 di Bali

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, 17 kepala negara sudah mengkonfirmasi kehadirannya pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 15-16 November 2022 mendatang di Bali.

Luhut mengaku mendapat informasi itu dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

"Semua sekarang sudah 17 negara lebih hadir," kata Luhut usai menghadiri acara B20 Sustainability 4.0 Awards di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Selasa (18/10/2022).

Baca Juga: Jelang KTT G20, Negara Delegasi 'Rebutan' Parkir Pesawat di Ngurah Rai

1. Joe Biden akan hadir di KTT G20

17 Kepala Negara Bakal Kumpul di KTT G20 Bali, Biden Ikut HadirPresiden AS Joe Biden (ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque)

Luhut juga mengatakan, bahwa Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, akan hadir di puncak Presidensi G20 Indonesia tersebut.

"Iya hadir," kata Luhut saat ditanya kehadiran Biden di KTT G20 Indonesia.

2. Negara anggota G20 respons positif undangan KTT dari Indonesia

17 Kepala Negara Bakal Kumpul di KTT G20 Bali, Biden Ikut HadirMenteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. (IDN Times/Sonya Michaella)

Adapun negara-negara anggota G20 antara lain Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Korea Selatan, Rusia, Prancis, China, Turki, dan Uni Eropa.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi mengatakan, tak ada respons negatif dari semua negara anggota G20 dan negara undangan terkait undangan KTT G20 di Bali.

"Sejauh ini kita tidak menerima respons negatif. Kita tidak menerima respons negatif dari semua negara anggota G20 sejauh ini mengenai kehadiran leaders-nya," kata Menlu Retno, di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Kamis (13/10/2022).

Baca Juga: Gelaran KTT G20 di Bali, Kemenkumham Layani 12 Ribu Delegasi Sedunia

3. Perwakilan negara G20 siapkan kedatangan kepala negara di KTT

17 Kepala Negara Bakal Kumpul di KTT G20 Bali, Biden Ikut HadirSuasana rapat session 7 International Taxation dalam FMCBG G20 Indonesia (dok. Kemenkeu RI)

Tak hanya itu, Retno mengatakan, komunikasi antara Indonesia dengan negara-negara anggota G20 terus dilakukan demi memastikan kelancaran dan kehadiran para pemimpinnya.

"Minggu ini, saya kembali lakukan komunikasi satu per satu dengan mereka, antara lain dengan Menteri Luar Negeri Prancis, Menteri Luar Negeri Inggris, Menteri Luar Negeri Jerman, Menteri Perdagangan Kanada," ujar dia.

"Dan semalam, melalui Dubes kita di Beijing saya juga sampaikan beberapa pesan. Sampai hari H nanti, komunikasi akan terus kita lakukan," sambung Retno.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya