Jadi Korban Serangan Rudal Rusia, Novelis Ukraina Tewas

Rudal Rusia menyerang Kota Kramatorsk pekan lalu

Jakarta, IDN Times - Novelis ternama Ukraina, Victoria Amelina meninggal setelah menjalani perawatan intensif. Amelina adalah salah satu korban dari serangan rudal pasukan Rusia ke Kota Kramatorsk, Ukraina pada Selasa, (27/6/2023).

Dilansir BBC, Selasa (4/7/2023), Amelina dilarikan ke rumah sakit (RS) di Dnipro. Namun, setelah empat hari menjalani perawatan intensif, perempuan berusia 37 tahun itu menghembuskan napas terakhirnya, tepatnya pada Jumat, (1/7/2023) .

Baca Juga: Jurnalis dan Pengacara Top Rusia Diserang Pria Bersenjata di Chechnya 

1. Amelina sedang makan malam di restoran saat rudal Rusia menyerang

Jadi Korban Serangan Rudal Rusia, Novelis Ukraina TewasNovelis dan peneliti kejahatan perang asal Ukraina, Victoria Amelina (37) yang meninggal usai serangan rudal Rusia ke Kota Kramatorsk, Ukraina pada Selasa, (27/6/2023). (dok. Twitter @vamelina)

Sebelum insiden fatal tersebut, Amelina sedang makan malam dengan delegasi jurnalis dan penulis Kolombia di Ria Lounge yang populer di Kramatorsk.

Kota tersebut masih di bawah kendali Ukraina, tetapi berdekatan dengan wilayah Ukraina yang sudah diduduki pasukan Rusia.

Baca Juga: 10 Orang Tewas Akibat Rudal Rusia Hantam Restoran Kramatorsk Ukraina 

2. Sebanyak 13 orang meninggal dunia akibat serangan rudal Rusia

Jadi Korban Serangan Rudal Rusia, Novelis Ukraina TewasSeorang anggota tentara Rusia menembakkan sebuah howitzer dalam latihan militer di Kuzminsky di selatan Rostov, Rusia, Rabu (26/1/2022). ANTARA FOTO/Sergey Pivovarov/File Photo.

Amelina menjadi korban ke-13 yang tewas akibat serangan rudal di Kota Kramatorsk pekan lalu.

Tak hanya itu, tercatat sekitar 60 orang terluka akibat serangan fatal tersebut.

Baca Juga: Bocoran Perang Rusia dari Jenderal AS: Serangan Balik Ukraina Lamban

3. Amelina adalah novelis yang banjir prestasi

Jadi Korban Serangan Rudal Rusia, Novelis Ukraina TewasNovelis dan peneliti kejahatan perang asal Ukraina, Victoria Amelina (37) yang meninggal usai serangan rudal Rusia ke Kota Kramatorsk, Ukraina pada Selasa, (27/6/2023). (dok. Twitter @vamelina)

Dilansir The Guardian, Amelina adalah novelis yang pernah memenangkan penghargaan sastra Joseph Conrad pada 2021 untuk karyanya, salah satunya yang berjudul Dom’s Dream Kingdom. Dia juga telah dinominasikan untuk penghargaan besar lainnya, termasuk Penghargaan Sastra Uni Eropa.

Setelah Rusia menginvansi Ukraina pada awal 2022, dia fokus mendokumentasikan kejahatan perang dan bekerja dengan anak-anak dekat garis depan.

Karyanya termasuk menggali buku harian Volodymyr Vakulenko, seorang rekan penulis yang ditahan secara ilegal dan dibunuh tentara Rusia di Kota Izium pada awal 2022. Buku harian itu, yang dimakamkan di tamannya, berfungsi sebagai dokumen tindakan kekejaman Rusia.

Penelitian kejahatan perang menunjukkan Amelina menempatkan komitmennya pada negaranya dan orang-orang yang paling rentan di atas keselamatan pribadinya. Dia juga membangun jaringan dengan jurnalis dan intelektual asing untuk menggalang dukungan bagi Ukraina secara internasional.

Sebelum kematiannya, dia telah mengerjakan sebuah buku non-fiksi tentang pengalaman invasi perempuan Ukraina, dengan judul Looking at Women Looking at War: War and Justice Diary, yang akan diterbitkan dalam bahasa Inggris, bersama dengan Dom's Dream Kingdom.

Dia telah dianugerahi beasiswa Universitas Columbia di Paris, dan berencana untuk pindah ke kota tersebut pada musim gugur bersama putranya yang berusia 12 tahun.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya