ASEAN-Kanada Jadi Mitra Strategis, Jokowi: Selamat Datang PM Trudeau!

Ini harapan Jokowi kepada Kanada

Jakarta, IDN Times – Presiden Republik Indonesia, Joko “Jokowi” Widodo, resmi membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Kanada. Perhelatan perdana ini menandakan babak baru hubungan organisasi negara Asia Tenggara dengan Kanada.

“Hari ini, kemitraan ASEAN dan Kanada memasuki fase baru, yaitu sebagai Mitra Strategis. Selamat datang di keluarga besar ASEAN,” kata Jokowi kepada Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, di Jakarta, Rabu (6/9/2023).

Jokowi berharap, hubungan kedua entitas dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi rakyat Indonesia dan kawasan Asia Tenggara. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga berharap, Kanada dapat bergandengan tangan dengan ASEAN dalam mewujudkan perdamaian dan stabilitas kawasan.

“Kanada adalah Mitra Strategis ASEAN dalam membangun ketahanan pangan, membangun hilirisasi industri, serta membangun perdagangan yang terbuka dan adil di kawasan. Kanada saya harapkan dapat menjadi jangkar perdamaian dan stabilitas kawasan yang menaati hukum internasional,” kata Jokowi.  

“Dan mendorong kerja sama yang lebih konkret dan inklusif, terutama di kawasan Indo-Pasifik,” tambahnya.

Baca Juga: Jokowi: Kerja Sama Menguntungkan ASEAN-China Harus Direalisasikan

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya