Asia Tenggara Rugi Rp86 Triliun gegara Tidak Daur Ulang Plastik

Sampah plastik menjadi sektor bisnis yang belum optimal

Jakarta, IDN Times - Studi terbaru yang dilakukan Bank Dunia (World Bank) mengungkap, ternyata negara-negara di Asia Tenggara merugi hingga 6 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp86,7 triliun gara-gara membuang plastik sekali pakai, tanpa didaur ulang.  

Dilansir dari South China Morning Post, melalui studi yang dirilis pada Selasa (23/3/2021), diketahui bahwa lebih dari 75 persen plastik yang dapat didaur ulang di Malaysia, Thailand, dan Filipina tidak dimanfaatkan.

“(Membuang) peluang bisnus signifikan yang belum dimanfaatkan,” demikian tertulis dalam studi tersebut.

Baca Juga: Pemerintah Didesak Segera Bikin Sektor Industri Jasa Daur Ulang Sampah

1. Thailand memiliki potensi yang menjanjikan dari sektor daur ulang plastik

Asia Tenggara Rugi Rp86 Triliun gegara Tidak Daur Ulang PlastikANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Thailand, pemilik sektor petrokimia terbesar di Asia Tenggara, justru menjadi negara yang paling sedikit mendaur ulang sampah plastik, kurang dari 18 persen. Meski begitu, Thailand telah menunjukkan peningkatan minat untuk investasi fasilitas daur ulang.

Menurut Bank Dunia, industri plastik Negeri Gajah Putih menyumbang hampir 37 miliar dollar AS, setara dengan Rp535 triliun, bagi perekonomian pada 2018, atau hampir tujuh persen dari produk domestik bruto.

2. Daur ulang di Malaysia dan Filipina belum terstruktur

Asia Tenggara Rugi Rp86 Triliun gegara Tidak Daur Ulang PlastikANTARA FOTO/Reno Esnir

Terkait Malaysia dan Filipina, pemain utama dalam industri pengemasan sebenarnya telah bergerak cepat untuk memilih konten daur ulang pada produk mereka. Namun, sebagian besar pemasok yang mendaur ulang adalah perusahaan kecil dan menengah, yang seringkali tidak memiliki skala besar, sistem manajemen yang baik, atau teknologi untuk memenuhi permintaan.

“Studi ini menunjukkan bahwa ada peluang yang belum dimanfaatkan untuk meraup manfaat lingkungan dan ekonomi dengan intervensi yang jelas dan saling melengkapi dari sektor swasta dan publik,” kata Country Director Bank Dunia untuk Brunei, Malaysia, Filipina dan Thailand, Ndiamé Diop.

Baca Juga: [OPINI] Sampah Plastik, Nyawa Petani Singkong dan Kehidupan Laut

3. Filipina dan Thailand termasuk negara pencemar plastik terburuk di dunia

Asia Tenggara Rugi Rp86 Triliun gegara Tidak Daur Ulang Plastikilustrasi sampah (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Laporan tersebut juga menyarankan supaya negara-negara di Asia Tenggara memiliki desain kebijakan yang menjadi acuan untuk mendaur ulang limbah industri, termasuk plastik. Pemerintah juga harus meningkatkan efisiensi pemilahan, membatasi pembuangan sampah plastik di tempat pembuangan sampah, dan menghapus barang-barang plastik yang tidak penting secara bertahap.

Membangun model bisnis daur ulang plastik akan membantu mengalihkan limbah dari tempat pembuangan sampah sekaligus mengurangi risiko bocor ke saluran air.

Penanganan sampah plastik menjadi sorotan Bank Dunia karena sebanyak 13 juta ton sampah plastik sudah memenuhi lautan. Asia menjadi kawasan yang paling bertanggung jawab karena menyumbang lebih dari 80 persen. Secara lebih spesifik, Filipina dan Thailand masing-masing adalah pencemar plastik terburuk ketiga dan keenam di dunia.

Baca Juga: UNDP-Norwegia Gelar Kompetisi Solusi Limbah Plastik di Laut Indonesia

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya