[CEK FAKTA] Benarkah Paus Fransiskus Terserang Virus Corona?

Media pengunggah kabar itu dipertanyakan kredibilitasnya

Jakarta, IDN Times- Kabar Paus Fransiskus terserang virus Corona (COVID-19) menjadi perbincangan publik setelah mcmnt.com merilis berita berjudul Vatican confirms Pope Francis and two aides test positive for Coronavirus pada Minggu (1/3) dini hari.

Dalam berita tersebut, tertulis bahwa Vatikan telah mengonfirmasi bahwa Paus ke-266 beserta dua pembantunya terjangkit virus Corona. Hingga berita ini ditulis, berita ini sudah dibaca lebih dari 409.080 kali.

Kabar Paus terserang penyakit asal Wuhan, Tiongkok itu semakin marak setelah ia tertangkap kamera menggunakan masker anti-debu. Dia juga tertangkap kamera mengalami batuk dan gejala seperti terserang virus corona. Paus juga diketahui membatalkan sejumlah agenda kunjungannya.

Lantas, benarkah berita tersebut?

1. Akun @CindyOtis_ membongkar tidak kredibelnya MCM News

[CEK FAKTA] Benarkah Paus Fransiskus Terserang Virus Corona?Tangkapan layar akun @CindyOtis_

Setelah berita tersebut viral dan tersebar di berbagai media sosial, pemilik akun @CindyOtis_ membeberkan betapa tidak kredibelnya domain mcmnt.com atau MCM News. Dalam bio-nya, Cindy menulis bahwa dia pernah bekerja di Central Intelligence Agency (CIA), badan intelijen di Amerika Serikat. Dia juga aktif membongkar berita-berita yang dianggap menyesatkan atau hoaks.

Penulis buku True of False itu mengungkap sejumlah kejanggalan. Pertama, hasil penelusurannya mengungkap bahwa MCM News pertama kali didaftarkan pada 2016 di Tiongkok. Kemudian, data registrasinya diubah pada 26 Februari 2020 lalu.

“Artikel itu ditulis dengan sangat buruk, seperti lansiran Google Translate,” cuitnya pada 29 Februari 2020, pukul 10.12 malam waktu setempat.

Baca Juga: Thailand Laporkan Kematian Pertama Terkait Virus Corona

2. Identitas media tidak jelas

[CEK FAKTA] Benarkah Paus Fransiskus Terserang Virus Corona?Tangkapan layar berita di MCM News

Kemudian, dia meragukan kredibilitas media tanpa mencantumkan “About Us” atau laman yang menunjukkan identitasnya. Terkait substansi berita, dia tidak menemukan siapa yang menulisnya.

“Secara sederhana hanya ditulis ‘mcmpublisher’. Kemudian, di sana hanya ada total 30 artikel yang diunggah,” tambah dia.

Dia juga meragukan kebenarannya karena tidak ada media internasional lain dengan pemberitaan yang sama. Ada pun pihak yang menyebarluaskan berita ini di media sosial, ungkap Cindy, adalah akun-akun anonim.

“Terakhir, aku mencatat kalau berita tersebut ditandai sebagai Showbiz. Krisis kesehatan seperti #coronavirus adalah target besar untuk disinformasi (untuk mencari profit atau mativasi ideologi),” tulis dia di penghujung cuitannya.

3. Vatikan menyampaikan bahwa Paus hanya sakit ringan

[CEK FAKTA] Benarkah Paus Fransiskus Terserang Virus Corona?Paus Fransiskus mengunjungi gereja St. Peter's Parish di distrik Sam Phran, Provinsi Nakhon Pathom, Thailand, pada 22 November 2019. ANTARA FOTO/REUTERS/Soe Zeya Tun

Sementara, hingga hari ini, Vatikan melalui vaticannews.va belum mengunggah klarifikasi resmi soal kabar tersebut. Paus Fransiskus diketahui memiliki permasalahan kesehatan. Terlebih, sebagaimana kabar yang telah beredar, dia hanya memiliki satu paru-paru setelah mengalami infeksi ketika masa remajanya.

Namun, dilansir dari Al Jazeera, Kepala Pers Vatikan Matteo Bruni mengatakan bahwa Paus hanya sakit ringan. Meski begitu, dia tetap melakukan pekerjaan rutin dari kediamannya.

“Dia pikir yang terbaik adalah menunda audiensi resmi hari ini (28 Februari 2020). Pertemuan yang dijadwalkan berlangsung di Santa Marta akan berlangsung secara teratur,” kata Bruni sebagaimana dimuat oleh Al Jazeera pada 28 Februari 2020 lalu.

4. MCM News didaftarkan di Tiongkok dengan IP Address di Amerika Serikat

[CEK FAKTA] Benarkah Paus Fransiskus Terserang Virus Corona?Tangkapan layar penelusuran laman mcmnt.com dari Domain Big Data

Berdasarkan penelusuran Domain Big Data, MCM News pertama kali mengudara pada 29 Februari 2016. Pendaftar domainnya adalah Chenyue yang beralamatkan di Fujian, Tiongkok. Datanya terus diperbarui hingga catatan terakhir pada 20 Februari 2017 pendaftar domainnya tercatat atas nama Liu Xin Jia dengan alamat di Zhe Jiang, Tiongkok. Ada pun Ip Address-nya tercatat di Los Angels, Amerika Serikat sejak 1 tahun 2 bulan yang lalu.

Berdasarkan penelusuran di atas, informasi mengenai Paus Fransiskus terjangkit virus Corona yang diunggah oleh MCM News tidak kredibel karena media yang bersangkutan tidak menampilkan berita sesuai kode etik jurnalistik. Tidak tertera siapa yang menulis beritanya dan tidak disebutkan sumber dari Vatikan yang mengonfirmasi kabar tersebut. 

Selain itu, perubahan identitas domain secara berkala semakin menggerus kredibilitas media tersebut. 

Baca Juga: Jangan Cepat Percaya, Ini Hoaks-hoaks Seputar Virus Corona

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya