HUT ke-76 Indonesia, Presiden Joe Biden Ucapkan Selamat Ulang Tahun

Biden berharap hubungan kedua negara semakin erat

Jakarta, IDN Times – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengucapkan selamat hari ulang tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia.

“Salam hangat kepada bapak presiden dan rakyat Indonesia yang merayakan hari ulang tahun ke-76 pada 17 Agustus,” kata Biden melalui keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Senin (16/8/2021).

Baca Juga: Biden Ilustrasikan Jakarta Tenggelam sebagai Ancaman Perubahan Iklim

1. AS berharap kemitraan strategis dengan Indonesia semakin erat

HUT ke-76 Indonesia, Presiden Joe Biden Ucapkan Selamat Ulang TahunPresiden Amerika Serikat Joe Biden saat menandatangani perintah eksekutif pada Minggu (7/2/2021). (Facebook.com/President Joe Biden)

Washington merupakan salah satu mitra strategis Indonesia. AS berharap hubungan bilateral kedua negara semakin menguat, mengingat keduanya merupakan salah dua negara demokrasi terbesar di dunia.

“AS sangat menghargai kepemimpinan demokratis Indonesia di kawasan Indo-Pasifik. Kemitraan strategis di antara kedua negara kini semakin penting dibanding sebelumnya,” tambah Presiden ke-46 AS itu.

2. AS siap membantu Indonesia dalam berbagai isu global

HUT ke-76 Indonesia, Presiden Joe Biden Ucapkan Selamat Ulang TahunPresiden Amerika Serikat Joe Biden dalam sebuah konferensi pers di Gedung Pentagon pada Kamis 11 Februari 2021. (Facebook.com/President Joe Biden)

Biden juga menyebut sejumlah bidang yang menjadi prioritas kerja sama antara kedua negara, termasuk kerja sama dalam penanganan pandemik COVID-19 dan pengembangan ekonomi hijau.

“Serta mempromosikan perdamaian dan stabilitas di seluruh Indo-Pasifik dan kawasan-kawasan lainnya,” kata dia.

Biden menyambung, “AS turut merayakan HUT Kemerdekaan RI bersama bapak (presiden) sebagai sahabat dan mitra.”

Baca Juga: Taliban Berkuasa, Joe Biden Dinilai Gagal dan Panen Kritik

3. Bantuan penanganan pandemik COVID-19 dari AS mencapai Rp1,68 triliun

HUT ke-76 Indonesia, Presiden Joe Biden Ucapkan Selamat Ulang TahunIlustrasi kemasan vaksin hasil program global COVAX yang segera disalurkan. (WHO.int)

Sebagai informasi, sepanjang pandemik COVID-19, total dukungan yang diberikan Gedung Putih mencapai 65 juta dollar (Rp934 miliar) dan 8 juta dosis vaksin Moderna yang disalurkan melalui COVAX Facility.

Di samping itu, pihak swasta juga menyumbangkan bantuan berupa obat-obatan terapeutik dan alat kesehatan senilai lebih dari 54 juta dollar AS (sekitar Rp750 miliar).

Dengan demikian, jika digabungkan dengan nilai total dukungan pemerintah dan swasta, maka AS sedikitnya telah mengirim bantuan senilai 117 dollar AS (sekitar Rp1,68 triliun).

Baca Juga: Biden Mundurkan Tenggat Pembayaran Utang Mahasiswa hingga Januari

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya