Jadi Ketua ASEAN 2024, Laos Janji Lanjutkan Pencapaian Indonesia

Laos merasa terhormat menjadi Ketua ASEAN 2024

Jakarta, IDN Times - Perdana Menteri Laos, Sonexay Siphandone, berjanji untuk melanjutkan pencapaian Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2023.

“Laos merasa terhormat untuk melanjutkan Keketuaan ASEAN 2024. Dan akan melanjutkan apa yang telah dicapai oleh Indonesia dan ASEAN dalam beberapa tahun terakhir,” kata Siphandone pada sambutan pertamanya sebagai Ketua ASEAN 2024, di Jakarta Convention Center, Kamis (7/9/2023).

Kemudian, Siphandone membeberkan sejumlah fokus Laos sebagai pemimpin ASEAN untuk satu tahun ke depan. Di antaranya adalah memperkuat komunitas ASEAN, mendorong konektivitas antarnegara Asia Tenggara, dan mempertahankan sentralitas ASEAN untuk mewujudkan kawasan yang damai.  

“ASEAN juga akan mengidentifikasi tantangan serta perubahan terhadap lanskap geopolitik dan geoekonomi untuk mencapai ASEAN yang lebih tangguh,” ungkap dia.

Selain itu, Laos juga akan berupaya mempersempit kesenjangan, mempromosikan karbon netral, hingga memajukan dan mengintegrasikan ekonomi digital.

“Laos siap untuk bekerja dengan negara anggota ASEAN dan mitra dialog untuk memastikan keberlangsungan komunitas ASEAN dan mensukseskan keketuaan ASEAN di bawah kepemimpinan Laos,” tutur dia. 

Baca Juga: Pidato Lengkap Presiden Jokowi di Penutupan KTT ASEAN 2023

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya