KTT ASEAN 2023 Ditutup, Jokowi Serahkan Kepemimpinan ASEAN ke Laos

Tugas besar ASEAN belum selesai, kata Jokowi

Jakarta, IDN Times – Presiden Republik Indonesia, Joko “Jokowi” Widodo, resmi menutup Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta. Momen ini sekaligus mengakhiri masa Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2023

“Terima kasih atas dukungan terhadap keketuaan Indoensia di 2023 dan dengan demikian KTT ke-43 ASEAN dan KTT lainnya secara resmi saya tutup,” kata Jokowi di Jakarta Convention Center, Kamis (7/9/2023).

Menurut Jokowi, pertemuan selama tiga hari ini menghasilkan 90 dokumen dan sejumlah kesepakatan konkret dengan negara mitra lainnya. Jokowi juga berpesan bahwa tantangan di kawasan Asia Tenggara hingga Indo-Pasifik tidak akan berakhir dengan satu masa keketuaan saja.

“Tugas besar ASEAN gak mungkin selesai dalam satu keketuaan saja. Kita akan terus menghadapi beragam dinamika dan tantangan global,” tutur Jokowi.

Sebagai penanda berakhirnya masa Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2023, Presiden Jokowi menyerahkan palu kepemimpinan kepada Perdana Menteri Laos, Sonexay Siphandone. Dengan demikian, Laos resmi menjadi Ketua ASEAN 2024.

“Selamat kepada Presiden Jokowi dan pemerintah Indonesia telah sukses menyelenggarakan KTT ASEAN,” kata Siphandone pada pidato pertamanya sebagai Ketua ASEAN 2024.

Baca Juga: PM India Narendra Modi: ASEAN Punya Peran Penting di Indo Pasifik

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya