Michelle Obama Sebut Donald Trump Sumber Kehancuran Amerika Serikat

Solusi bagi AS adalah Joe Biden, kata Michelle

Jakarta, IDN Times - Istri mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barrack Obama, Michelle Obama, menyebut calon presiden petahana dari Partai Republik Donald Trump sebagai sumber kehancuran. Trump disebut sebagai sosok yang rasis dan tidak memiliki rencana membangun AS.
 
Pernyataan itu disampaikan oleh Michelle melalui video berdurasi 24 menit yang diunggah oleh akun YouTube Joe Biden, calon presiden dari Partai Demokrat. Trump juga disebut sebagai pembohong, amoral, dan memimpin dengan menyebarkan ketakutan.
 
“Presiden sekarang adalah orang yang memperkaya dirinya, keluarganya, dan pengusaha besar. Setiap hari anak-anak melihat orangtuanya kehilangan pekerjaan. Hal seperti itu akan terus terjadi hingga empat tahun ke depan jika kalian tidak sadar betapa pentingnya pemilu kali ini,” kata Michelle.

1. Trump tidak mengetahui bagaimana cara menangani virus corona

Michelle Obama Sebut Donald Trump Sumber Kehancuran Amerika SerikatPresiden AS Donald Trump terlihat memakai masker saat tiba di Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed dengan helikopter (ANTARA FOTO/REUTERS/Joshua Roberts)

Di bagian awal, Michelle menunjukkan sudut pandang seorang ibu, yang khawatir apabila anaknya terpapar SARS-CoV-2. Dia mengungkapkan, betapa menyedihkannya seorang anak, bahkan seorang bayi, harus dikarantina terpisah dari keluarganya demi melawan corona. Hal itu mengkritik kebijakan Trump yang tetap membuka sekolah di masa pandemik.
 
Apa yang membuat Michelle lebih resah adalah Trump gagal menangani pandemik di negara yang memiliki fasilitas kesehatan terbaik. Padahal, banyak negara dengan sumber daya terbatas mampu menghadapi virus ini lebih baik.
 
Michelle bahkan yakin Trump tidak memiliki rencana penanganan COVID-19 yang matang, sekalipun virus yang membunuh lebih dari satu juta orang itu sudah menyerang Trump.
 
“Presiden saat ini menolak segala saran dari ahli kesehatan. Tidak menggunakan masker dan enggan menjaga jarak, bahkan berbohong kepada kita kalau virus ini akan hilang seketika. Padahal dia tahu seberapa bahanya virus ini. Hari ini lebih banyak warga AS yang mati akibat corona daripada akibat akumulasi perang di Irak, Afganistan, Vietnam, dan Korea,” paparnya.

Baca Juga: Biden Ogah Ikut Debat Putaran Kedua Jika Trump Masih Positif COVID-19

2. Bukan hanya COVID-19, ini kebijakan lain Trump yang dikritik Michelle

Michelle Obama Sebut Donald Trump Sumber Kehancuran Amerika SerikatMichelle Obama (YouTube/Joe Biden)

Beberapa saat lalu, AS sempat digemparkan dengan gerakan #BlackLivesMatter sebagai protes atas supremasi kulit putih. Gerakan itu juga menolak aksi sewenang-wenang polisi. Michelle menyayangkan, ketika banyak anak muda memprotes kebijakan rasis, Trump justru menyebut mereka sebagai pecundang dan perusuh.
 
Di ujung resesi, Trump gagal berhadapan dengan pengangguran yang jumlahnya tertinggi dalam sejarah modern AS.
 
“Coba renungkan, Anda bekerja keras setiap hari, tapi Anda hanya menyaksikan orang kaya semakin kaya. Anda kehilangan sawah karena korporasi yang tamak. Anda melihat banyak pengangguran, orang-orang hancur karena narkoba dan kesehatan mental. Dan ini adalah masalah AS jauh sebelum pandemik,” papar Michelle mengungkit pekerjaan rumah Trump yang gagal dia benahi.

3. Michelle sebut Joe Biden adalah solusi bagi AS

Michelle Obama Sebut Donald Trump Sumber Kehancuran Amerika SerikatCalon presiden Amerika Serikat dari Demokrat dan mantan wakil presiden Joe Biden berbicara dalam sebuah pemberhentian kampanye di Johnstown, Pennsylvania, Amerika Serikat, Rabu (30/9/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Mike Segar)

Di tengah situasi yang meresahkan, Michelle menyebut satu-satunya solusi adalah Joe Biden. Sebagai informasi, Biden merupakan sosok yang mendampingi kepemimpinan Obama selama dua periode.
 
Dengan tegas, Michelle mengakui bahwa Biden adalah sosok yang berpihak pada rakyat. Dia bercerita, pengalaman masa kecil Biden menumbuhkan jiwa empatinya. Dia adalah sosok yang sangat mengerti penderitaan rakyat kecil, dia bahkan pernah menjadi pengacara publik bagi kelompok minoritas.
 
“Saya sangat mengenal Joe Biden. Dia adalah solusi yang bisa mengakhiri kekacauan ini. Dia memiliki strategi menangani pandemik ini. Kalian tahu politik bukan bidang saya. Tapi, bagi kalian yang frustasi, lihat nurani kalian dan pilih Joe Biden seakan-akan hidup kalian bergantung padanya,” tuturnya.

Baca Juga: Presiden Trump Tinggalkan Rumah Sakit, Lepaskan Masker di Gedung Putih

Topik:

  • Anata Siregar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya