Comscore Tracker

5 Harapan Besar Rakyat Indonesia untuk Presiden yang Terpilih

#DearFutureIndonesia Harapan besar untuk kemajuan bangsa

Tak terasa pemilihan umum presiden sudah berada di depan mata. Tentunya rakyat Indonesia sudah tidak sabar menanti untuk mengetahui siapa presiden terpilih, yang nantinya akan memimpin Indonesia selama 5 tahun masa pemerintahan tersebut.

Sambil menanti saat pemilihan presiden tiba, rakyat Indonesia sudah memiliki harapan-harapan besar yang ditujukan untuk presiden yang nantinya akan terpilih. Wah, kira-kira apa saja ya harapan-harapan besar rakyat Indonesia untuk presiden yang terpilih nanti?

Yuk, langsung saja simak ulasannya berikut ini!

1. Pembatasan tenaga kerja asing, agar jumlah pengangguran dapat menurun

5 Harapan Besar Rakyat Indonesia untuk Presiden yang Terpilihpexels.com/anamul rezwan

Angka pengangguran di Indonesia dari tahun ke tahun semakin meningkat. Tentunya hal tersebut akan memiliki dampak yang sangat besar pada kemajuan dari Negara Indonesia ini.

Apalagi sekarang banyak perusahaan besar yang lebih mengutamakan tenaga kerja asing, daripada tenaga kerja Indonesia untuk bekerja perusahaannya. Padahal, skill yang dimiliki oleh tenaga kerja Indonesia juga tidak kalah bagusnya dengan yang dimiliki oleh para tenaga kerja asing tersebut. Dengan meningkatnya jumlah tenaga kerja asing di Indonesia ini, membuat jumlah angka pengangguran di Indonesia semakin meningkat lho.

Rakyat Indonesia sangat berharap agar kelak presiden yang terpilih dapat segera mengantisipasi hal tersebut. Caranya membatasi jumlah tenaga kerja asing di setiap perusahaan, agar peluang tenaga kerja Indonesia menjadi lebih besar, dan jumlah pengangguran pun dapat menurun secara signifikan.

2. Merealisasikan program wajib belajar 12 tahun

5 Harapan Besar Rakyat Indonesia untuk Presiden yang Terpilihpexels.com/aqela photography

Nah, ini dia salah satu harapan terbesar rakyat Indonesia pada presiden yang akan terpilih dan memimpin selama masa pemerintahan 5 tahun ke depan, yaitu program wajib belajar 12 tahun dapat segera terealisasikan. Meski program ini sudah direncanakan sejak tahun 2015, namun belum dapat terealisasikan sepenuhnya, karena terhalang oleh beberapa kendala. Bahkan, yang lebih parahnya untuk daerah-daerah terpencil, seperti di pedesaan, program ini sama sekali belum dapat terealisasikan.

Padahal, dengan adanya program wajib belajar 12 tahun ini, jumlah pengangguran pun juga akan ikut menurun lho, mengapa? Karena sebagian besar perusahaan dan instansi pemerintahan, hanya menerima pekerja yang batas pendidikan minimalnya adalah SMA saja, dan yang lulusan SLTP otomatis akan ditolak. Calon pekerja lulusan SLTP dikhawatirkan belum siap untuk memasuki dunia kerja.

Selain itu, pengetahuan yang dimiliki pun masih sangat minim dibandingkan dengan yang lulusan SMA, sehingga tidak bisa bersaing secara kompetitif di dunia kerja, yang setiap harinya semakin ketat persaingannya. Dengan terealisasikan program wajib belajar 12 tahun ini, diharapkan para generasi muda akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan, sehingga jumlah pengangguran pun juga akan ikut berkurang.

Baca Juga: Ayo Wujudkan! 5 Harapan untuk Indonesia Jadi Semakin Lebih Baik

3. Pengguna kartu BPJS dan Kartu Indonesia Sehat mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih maksimal

5 Harapan Besar Rakyat Indonesia untuk Presiden yang Terpilihpexels.com/rawpixel

Pelayanan kesehatan yang kurang memadai bagi para pengguna kartu BPJS Kesehatan dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) merupakan suatu permasalahan yang belum dapat terselesaikan sampai saat ini. Banyak pengguna dua kartu kesehatan tersebut, mengeluhkan pelayanan kesehatan yang kurang memadai serta pengobatan beberapa penyakit-penyakit kronis yang kini biayanya tidak lagi ditanggung oleh pemerintah.

Padahal penyakit-penyakit kronis tersebut lah yang menjadi beban terbesar bagi masyarakat, selain karena biaya pengobatannya mahal, juga membutuhkan perawatan yang cukup lama. Rakyat Indonesia sangat berharap, siapa pun presiden yang nantinya terpilih, dapat segera mengatasi permasalahan tersebut, sehingga para pengguna kartu BPJS Kesehatan dan Kartu Indonesia Sehat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih maksimal.

4. Membatasi tayangan di televisi untuk acara yang tidak mendidik

5 Harapan Besar Rakyat Indonesia untuk Presiden yang Terpilihunsplash.com/freestocks.org

Semakin hari, semakin banyak saja stasiun televisi yang menayangkan acara yang tidak mendidik. Meski sering dianggap sepele, namun acara yang tidak mendidik tersebut bisa memberikan dampak yang buruk lho bagi para generasi muda, khususnya pada anak-anak. Banyak orang tua yang mengeluhkan perilaku anak-anaknya yang berubah sejak menonton tayangan-tayangan yang tidak mendidik tersebut, contohnya saja seperti sinetron-sinetron yang menceritakan tentang dunia percintaan.

Makin banyak saja anak kecil yang ikut meniru seperti adegan yang diperlihatkan di sinetron tersebut, padahal belum waktunya ia untuk mengalami hal tersebut. Nah, tentunya jika lama dibiarkan, maka dikhawatirkan dapat merusak moral generasi penerus bangsa. Meski kini penayangan acara televisi yang tidak mendidik tersebut sudah mulai dibatasi, namun semoga di pemerintahan yang baru nanti, acara televisi yang tidak mendidik ini benar-benar dibatasi, agar nantinya moral generasi penerus bangsa ini, dapat terselamatkan dari yang namanya krisis moral.

5. Meningkatkan dukungan terhadap e-commerce

5 Harapan Besar Rakyat Indonesia untuk Presiden yang Terpilihpexels.com/rawpixel

Di era yang modern ini, kini banyak sekali lho bermunculan bisnis e-commerce, contohnya saja seperti Bukalapak, Shoppe, Toko Pedia, Lazada, dan lainnya. Situs belanja online tersebut memudahkan masyarakat untuk bertransaksi secara online, dan untungnya saja Smartfren ikut andil dalam memudahkan bertransaksi secara online tersebut.

Ya, Smartfren meluncurkan produk seperti #Super4GKuota yang sinyalnya bisa banget bikin kamu #KuotakanSuaramu dan #KuotakanMaumu di situs belanja online tersebut. #Super4GKuota dari Smartfren juga menawarkan paketan dengan kuota banyak tapi harganya terjangkau. Mulai Rp30.000 saja, kamu sudah bisa menikmati kuota hingga 10GB lho. Menarik kan?

Meski kini peran pemerintah sudah cukup besar dalam peningkatan bisnis e-commerce, diharapkan di masa mendatang nanti, dukungan tersebut dapat lebih besar lagi, agar Negara Indonesia yang tercinta ini, bisa lebih maju dan lebih berkembang lagi, serta lebih stabil di bidang perekonomian.

Nah, itulah 5 harapan besar rakyat Indonesia untuk presiden yang terpilih. Semoga harapan-harapan besar yang tujuannya untuk membuat Indonesia lebih maju tersebut dapat segera terealisasikan. Siapapun presidennya, Indonesia harus tetap maju!

Baca Juga: Tuangkan Harapanmu untuk Indonesia dan Menangkan Macbook Air!

eliza ustman Photo Community Writer eliza ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You