Comscore Tracker

[OPINI] Alasan Mengapa Mahasiswa Berperan Penting Bagi Kemajuan Bangsa

Mahasiswa adalah salah satu kunci kemajuan suatu bangsa

Masa depan bangsa ditentukan oleh generasi mudanya. Sebagaimana yang kita tahu, mahasiswa merupakan generasi muda penerus bangsa yang terdidik dan merupakan salah satu aset bangsa.

Baru-baru ini, mahasiswa di berbagai daerah melakukan aksi unjuk rasa atas kekecewaan mereka terhadap pemerintah yang dianggap sudah melakukan suatu kebijakan yang memperlemah demokrasi.

Sejarah mencatat, gerakan pemuda memiliki peran penting dalam pembangunan bangsa Indonesia bahkan sebelum kemerdekaan. Kemerdekaan dan reformasi yang sedang kita nikmati saat ini merupakan salah satu bukti perjuangan para pemuda dalam melawan segala bentuk penindasan terhadap rakyat Indonesia.

Masa Orde Baru menjadi salah satu sejarah kelam di mana terjadi pelanggaran HAM berat terhadap para pemuda yang menuntut reformasi. Bukti bahwa demokrasi dan reformasi merupakan hadiah yang harus dibayar mahal oleh hilangnya aktivis yang merupakan pemuda dan mahasiswa karena menuntut reformasi pada saat itu.

Sudah sangat jelas, pemuda merupakan salah satu kunci kemajuan suatu bangsa. Sebagaimana Bung Karno pernah mengatakan, "Berikan aku 10 pemuda, maka akan ku guncang dunia."

Pemuda memiliki semangat yang bergelora dan berapi-api. Itulah mengapa pemuda atau mahasiswa yang merupakan kelompok intelektual yang dapat menjadi pelopor suatu gerakan yang dapat mengubah sistem yang ada dalam suatu negara. Berikut adalah alasan mengapa mahasiswa sangat berperan penting dalam kemajuan suatu bangsa.

1. Sebagai agen perubahan

[OPINI] Alasan Mengapa Mahasiswa Berperan Penting Bagi Kemajuan Bangsapixabay.com/mcelspeth

Mahasiswa setelah lulus dari perguruan tinggi diharapkan dapat mengaplikasikan ilmu yang sudah diperoleh pada masa perkuliahan ke dalam masyarakat. Gelar yang sudah mereka dapat merupakan tanda bahwa mereka generasi intelektual yang akan membawa perubahan dan juga kemajuan suatu bangsa.

2. Sebagai kontrol kebijakan pemerintah dan kehidupan sosial atau “Social Control”

[OPINI] Alasan Mengapa Mahasiswa Berperan Penting Bagi Kemajuan Bangsaunsplash.com/markusspiske

Mahasiswa memiliki pemikiran kritis. Mereka adalah kelompok pertama yang akan bersuara apabila terjadi penyelewengan dalam penerapan kebijakan pemerintah. Mereka adalah pengawas dalam setiap kebijakan pemerintah dan berperan dalam menjaga serta mengarahkan masyarakat dalam berperilaku sesuai dengan nilai dan norma.

Sebagai penggerak demokrasi, mahasiswa juga menjadi perantara dalam penyampaian aspirasi dari masyarakat ke pemerintah.

Baca Juga: Dukungan Para Dosen kepada Mahasiswa yang Ikut "Surabaya Menggugat"

3. Sebagai generasi penerus bangsa atau “Iron Stock”

[OPINI] Alasan Mengapa Mahasiswa Berperan Penting Bagi Kemajuan Bangsapixabay.com/nicolayhg

Mahasiswa nantinya akan melanjutkan perjuangan para pendahulunya. Mereka adalah tumpuan dalam pembangunan suatu bangsa. Mahasiswa diharapkan nantinya dapat mengembangkan tujuan bangsa ke arah yang lebih baik.

Sebagai seorang akademisi, mahasiswa akan berusaha untuk mencari pembenaran atas masalah yang terjadi untuk memecah persoalan bangsa. Inilah mengapa mahasiswa menjadi penting sebagai generasi penerus bangsa. Apalagi mereka nanti yang akan terjun ke dunia politik dan pemerintahan.

4. Sebagai penjaga nilai-nilai yang ada di masyarakat atau “Guardian of Value”

[OPINI] Alasan Mengapa Mahasiswa Berperan Penting Bagi Kemajuan Bangsapixabay.com/stocksnap

Mahasiswa adalah penjaga nilai-nilai positif yang ada di masyarakat. Nilai-nilai ini sangat sarat dengan nilai persatuan dan kesatuan bangsa. Seperti yang kita tahu, masalah sosial terjadi karena adanya pelanggaran terhadap nilai. Masalah sosial ini misalnya korupsi, kesenjangan sosial, isu SARA dan lain-lain.

Semua itu adalah ancaman terbesar bagi persatuan dan kesatuan suatu bangsa. Maka dari itulah, mahasiswa sebagai kaum intelektual memiliki andil besar dalam pemecahan masalah sosial agar nilai-nilai positif yang ada di masyarakat dapat dijalankan dengan baik.

5. Mahasiswa sebagai teladan moral bagi masyarakat atau “Moral Force”

[OPINI] Alasan Mengapa Mahasiswa Berperan Penting Bagi Kemajuan Bangsaunsplash.com/coleito

Mahasiswa dianggap terdidik dan memiliki perilaku dan sikap yang baik. Mahasiswa harus dapat memberikan contoh yang baik kepada masyarakat mengenai cara berperilaku dalam kehidupan sosial. Seorang intelektual harusnya bergerak maju dan mengedepankan prinsip kebenaran. Mereka harus dapat menjadi teladan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Mahasiswa dengan segala fungsi dan perannya, sangat diharapkan dapat menciptakan perubahan karena mereka adalah generasi penerus bangsa yang memiliki idealisme. Maju dan bangkitlah wahai para mahasiswa! Bangsa rindu dengan semangat nasionalismemu yang begitu menggelora. Mari bawa bangsa ini ke arah yang lebih baik!

Baca Juga: [OPINI] Kendalikan dan Kuasai Diri Sendiri Lewat Filosofi Stoisisme

Evi Apriyanti Photo Verified Writer Evi Apriyanti

"Menulis adalah suatu cara untuk bicara, suatu cara untuk berkata, suatu cara untuk menyapa, suatu cara untuk menyentuh seseorang yang lain entah di mana. Cara itulah yang bermacam-macam dan di sanalah harga kreatifitas ditimbang-timbang." -Seno Gumira Ajidarma-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You