Comscore Tracker

Sederhana, Ini 5 Harapan untuk Indonesia Maju di Masa Mendatang

#DearFutureIndonesia Mari bersatu padu dalam mewujudkannya!

Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan lebih dari 17.000 pulau di dalamnya. Dengan begitu banyaknya pulau di Indonesia, sudah bisa dipastikan jika Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya, suku, bahasa, kesenian khas daerah, cita rasa kuliner, tempat-tempat wisata dan masih banyak lagi.

Indonesia juga dikenal memiliki semboyan nasional yaitu Bhinneka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda namun tetap satu, ini menandakan meskipun kita memiliki perbedaan antara satu dengan yang lainnya. Tetapi makna persatuan dan kesatuan harus tetap tertanam dalam diri kita sebagai rakyat Indonesia.

Selain itu, kita sebagai bagian dari negara yang kaya akan keberagaman ini tentu saja memiliki harapan-harapan baik untuk Indonesia yang lebih maju dari masa ke masa. Harapan-harapan ini bertujuan untuk membangun Indonesia menjadi negara yang lebih baik lagi agar siap dan mampu bersaing dengan negara-negara maju di seluruh dunia.

Nah, berikut ini adalah lima harapan sederhana untuk negeri kita tercinta!

1. Menggali potensi wisata di seluruh penjuru negeri

Sederhana, Ini 5 Harapan untuk Indonesia Maju di Masa Mendatangunsplash.com/Ruben Hutabarat

Indonesia merupakan negeri yang kaya akan potensi dan sumber daya alamnya. Pantai-pantai yang indah, gunung-gunung yang menjulang tinggi serta desa-desa wisata yang tersebar di seluruh penjuru negeri merupakan salah satu keunggulan dari negara ini. Setiap tahunnya banyak turis dari dalam negeri atau pun mancanegara yang datang untuk mengeksplor keindahan alam Indonesia.

Tak ada salahnya pula bila pemerintah pusat dan daerah bekerja sama untuk terus menggali potensi wisata yang ada di Indonesia. Pemerintah daerah bisa memberikan informasi-informasi terkait mana saja tempat-tempat yang cocok dijadikan daerah wisata, lalu informasi tersebut diteruskan ke pemerintah pusat untuk ditindak lanjuti bahkan dipromosikan secara luas.

Dengan begitu, akan banyak keuntungan yang didapatkan salah satunya seperti terbantunya perekonomian masyarakat sekitar (dalam hal mata pencaharian) bila daerahnya dijadikan tempat wisata karena akan banyak turis yang berkunjung ke sana untuk membeli cinderamata atau bahkan merasakan kuliner khas daerah tersebut. Selain itu, Indonesia juga akan mendapatkan tambahan devisa bila turis mancanegara dapat turut berkunjung ke daerah-daerah wisata tersebut.

Tapi ada hal yang harus diingat yaitu kita sebagai warna negara Indonesia harus bijaksana dalam mengelola potensi wisata tersebut. Jangan sampai demi mendapat keuntungan semata, kita lalai dalam menjaga daerah wisata tersebut hingga merugikan banyak pihak. Maka bijaklah dalam bertindak!

2. Pembangunan infrastruktur harus lebih dimaksimalkan lagi

Sederhana, Ini 5 Harapan untuk Indonesia Maju di Masa Mendatangharianpapua.com

Jika sebagian masyarakat Indonesia mengkritik pembangunan infrastruktur yang dilakukan hampir di seluruh penjuru negeri, sebaiknya mereka berpikir ulang. Karena infrastruktur ini dibuat bukan untuk kepentingan pribadi melainkan kepentingan masyarakat luas.

Salah satu tanda suatu negara dikatakan mengalami kemajuan adalah dengan terciptanya kemudahan yang bisa dirasakan oleh banyak pihak. Salah satu wujud nyatanya adalah dengan pembangunan infrastruktur di sebagian daerah Papua seperti bandar udara, kantor-kantor pemerintahan, jembatan hingga Jalur Trans Papua yang menghubungkan satu daerah dengan daerah lain tanpa perlu memakan waktu berhari-hari lagi untuk menjangkaunya.

Hal ini tentu saja memudahkan segala aktivitas warga di sekitar daerah tersebut. Perekonomian mereka pun dapat membaik karena saat ini mereka dapat dengan mudah bepergian ke pusat kota untuk menjual hasil bumi tanpa perlu memakan waktu yang lama seperti sebelumnya.

Untuk kedepannya, diharapkan pemerintah dapat terus memaksimalkan dan menggalakkan pembangunan infrastruktur demi memudahkan rakyat Indonesia dalam menjalankan kegiatannya.

Baca Juga: Dear Presiden Baru, 6 Hal Ini Jadi Harapan Perubahan Indonesia

3. Pemberantasan korupsi dan narkoba hingga ke akar-akarnya

Sederhana, Ini 5 Harapan untuk Indonesia Maju di Masa Mendatangmotherandbaby.co.id

Seperti kita ketahui bersama melalui tayangan-tayangan berita di media dari hari ke hari kerap kali membahas masalah korupsi dan narkoba. Korupsi maupun narkoba seolah-olah sudah menjadi masalah kejahatan yang paling sering dilakukan di negeri ini yang dibuktikan dengan tak pernah sepinya pemberitaan di media. Para pelaku seolah mengabaikan hukuman apa yang nantinya akan mereka dapatkan asalkan mereka bisa mendapatkan kekayaan dengan cara yang instan. 

Sudah semestinya pihak berwenang melalukan pengawasan ketat pada instasi pemerintah maupun non pemerintah agar korupsi tak terjadi terus menerus. Disisi lain, sosialisasi dini pada generasi muda tentang bahaya narkoba juga sangat dibutuhkan agar nantinya mereka tidak tergiur dan terjebak untuk masuk ke dalam pusaran peredaran atau pun penggunaan narkoba.

Karena walau bagaimana pun juga, generasi muda kerap kali dijadikan sasaran regenerasi kejahatan peredaran maupun penggunaan narkoba. Peran keluarga atau orang terdekat tentunya memiliki andil yang sangat besar dalam hal mengarahkan generasi muda tetap berada di jalan yang benar karena sadar atau tidak, generasi muda dianggap yang paling rentan terkena pengaruh negatif.

Kita semua berharap agar di masa mendatang, pihak berwenang dapat memberantas para pelaku kejahatan korupsi dan narkoba hingga keakar-akarnya agar Indonesia tidak terus menerus dikotori oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab seperti mereka.

4. Meratanya sistem pendidikan dan kesehatan hingga ke seluruh pelosok negeri

Sederhana, Ini 5 Harapan untuk Indonesia Maju di Masa Mendatangdoctorshare.org

Pendidikan dan kesehatan adalah salah satu hal penting yang harus selalu diperhatikan khususnya oleh pemerintah maupun oleh kita sebagai warga negara Indonesia. Pemerataan pendidikan dan kesehatan hingga ke pelosok nusantara harus dapat ditingkatkan agar sesuai dengan pengamalan sila kelima Pancasila yang berbunyi "Keadilan Sosial Bagi Seluruh Indonesia."

Warga di pelosok negeri juga memiliki hak penuh atas itu semua. Mereka layak mengenyam pendidikan dasar bahkan hingga ke jenjang perkuliahan. Hal ini dimaksudkan agar mereka tidak tertinggal dalam segi penguasaan pengetahuan tentang perkembangan apa saja yang terjadi di dunia saat ini.

Disisi lain, mereka juga berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai agar jika suatu saat terjadi sesuatu yang mengkhawatirkan, mereka dapat segera mendapatkan pertolongan atau minimal mereka dapat diajarkan cara untuk menangani permasalahan kesehatan tersebut pada tahapan pertolongan pertama. Dengan begitu, mereka dapat mengulur sedikit waktu hingga bantuan medis tiba.

5. Pentingnya peran teknologi untuk masa depan

Sederhana, Ini 5 Harapan untuk Indonesia Maju di Masa Mendatangfuturefoundation.org

Di era digitalisasi seperti sekarang ini, masyarakat di seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia, dituntut untuk lebih peka terhadap percepatan perkembangan zaman. Percepatan yang mengarah pada perkembangan teknologi ini menjadi hal yang menarik bila diperbincangkan secara mendalam. Ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan di zaman seperti sekarang ini.

Mulai dari kegiatan bisnis, pendidikan, hiburan, informasi terkini, pekerjaan, kesehatan, hingga soal jodoh pun bisa didapatkan jika gadget sudah dalam genggaman. Tak heran, masyarakat Indonesia rela untuk menghabiskan dana yang tak sedikit jumlahnya untuk memperoleh gadget yang sesuai demi menunjang kegiatan mereka.

Agar dapat mengakses konten yang membutuhkan koneksi internet, tentu saja gadget kita memerlukan dukungan dari penyedia jasa layanan internet yang andal. Smartfren dipercaya dapat menjadi solusi terbaik karena telah menggunakan jaringan internet #Super4GKuota sehingga tak perlu khawatir terhalang masalah sinyal yang lemah selama penggunaannya.

Selain itu, kelebihan lain yang bisa didapatkan adalah full 4G 24 jam, kuota lebih besar, bisa dipakai di semua handphone 4G, dan bisa digunakan pada modem wifi. Jadi mulai sekarang, dengan biaya yang hanya Rp60.000 kita dapat langsung memeroleh kuota internet 30GB.

Sehingga tak perlu ragu lagi untuk #KuotakanSuaramu dan #KuotakanMaumu untuk turut serta berkontribusi membangun Indonesia yaitu salah satu caranya dengan menggunakan layanan terpercaya dari Smartfren untuk ikut aktif mengikuti kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Karena nantinya di masa depan, teknologi akan memegang peranan penting yang mencakup segala aspek dan kegiatan.

Jadi jangan heran bila kita malas mempelajari perkembangan teknologi atau hal-hal baru lainnya, kita akan semakin tertinggal dari hari ke hari. Oleh karenanya, sebelum itu semua terjadi, siapkan diri kita dari sekarang untuk mulai menerima perubahan dan menjadi salah satu bagian di dalamnya. Karena tak ada salahnya untuk turut serta menjadi bagian dari perubahan jika itu adalah pilihan yang baik.

Harapan-harapan baik tersebut tak akan serta merta terwujud dengan sendirinya bila tak ada kerja sama dari kita semua sebagai rakyat Indonesia. Untuk itu, kita perlu merapatkan barisan dan berjalan beriringan agar semua itu dapat menjadi wujud nyata Indonesia lebih maju di masa yang akan datang.

Baca Juga: Tuangkan Harapanmu untuk Indonesia dan Menangkan Macbook Air!

MahestiDita Photo Verified Writer MahestiDita

"penyuka warna hitam yang mudah sekali tertidur" instagram : mahestidita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 17:45:06

Progress: 755.577 dari 813.350 TPS (92.89691%)

Just For You