Comscore Tracker

4 Masalah Sosial Kaum Millennial yang Harus Diselesaikan Presiden Baru

#DearFutureIndonesia Masa depan kita harus lebih baik!

Generasi millennial memang generasi yang lebih terbuka dan dikenal suka berbagi segala sesuatu di media sosial. Entah itu melalui Instagram, Facebook, ataupun melalui video yang mereka buat di YouTube. Walaupun sepertinya generasi millennial ini terlihat cuek, namun nyatanya mereka tetap peduli kok pada permasalahan yang ada di Indonesia.

Sebagai generasi yang hidup di era digital, mereka membangun komunitas di dunia maya. Dan lewat dunia inilah mereka menggalang dukungan dan menyuarakan keprihatinan mereka. Salah satu permasalahan yang seringkali dihadapi oleh para millennial masa kini adalah masalah-masalah di bidang sosial.

1. Susah mencari pekerjaan

4 Masalah Sosial Kaum Millennial yang Harus Diselesaikan Presiden Baruunsplash.com/Daria Nepriakhina

Di masa kini teknologi berkembang semakin pesat, hal ini semakin memudahkan hidup manusia. Segala sesuatu bisa dibeli melalui toko online, akibatnya banyak toko ritel dan mall-mall besar yang tutup karena kalah bersaing. Sehingga banyak pengangguran dan semakin tinggi persaingan untuk mendapatkan pekerjaan.

Namun bukan kaum millennial namanya kalau menyerah begitu saja. Anak-anak millennial sangat kreatif, mereka mampu menciptakan sumber penghasilan baru. Dan memang banyak pekerjaan baru yang bermunculan di era millennial ini, misalnya saja menjadi selebgram, vlogger, blogger, dan lain sebagainya.

2. Konflik yang melibatkan SARA

4 Masalah Sosial Kaum Millennial yang Harus Diselesaikan Presiden Barupexels.com/vera arsic

Selain masalah lapangan pekerjaan, masalah sosial lain yang juga menghantui kaum millennial saat ini adalah masalah SARA (Suku, Agama dan Ras). Semakin banyak kelompok yang menggunakan isu SARA untuk memecah belah kerukunan bangsa Indonesia. 

Tentu saja kaum millennial adalah generasi yang cerdas dan kritis, mereka tidak terpancing begitu saja dengan isu-isu SARA yang selama ini beredar. Karena sebagai warga negara yang baik, anak-anak millennial merasa wajib untuk ikut serta menjaga keutuhan Indonesia.

Baca Juga: 5 Cara Gaul Millennial untuk Lestarikan Kesenian Indonesia

3. Kesenjangan sosial semakin terlihat

4 Masalah Sosial Kaum Millennial yang Harus Diselesaikan Presiden Barupixabay.com/andi_graf

Masalah sosial selanjutnya yang juga sering dialami oleh generasi millennial adalah kesenjangan sosial antara si kaya dan si miskin yang semakin besar. Apalagi saat ini perilaku hidup konsumtif semakin merajalela. Banyak anak-anak millennial yang bangga memamerkan kekayaannya, barang-barang mewahnya, dan semua kegiatan liburannya di media sosial.

Hal ini bisa memicu rasa iri dari kaum millennial lainnya yang tidak sekaya mereka. Akibatnya banyak anak yang terjerumus ke dalam peredaran narkoba dan praktik prostitusi, hanya untuk memenuhi kebutuhan bergaya hidup mewah. Harus ada peran aktif pemerintah dan masyarakat, terutama keluarga terdekat untuk membantu anak-anak millennial mengatasi permasalahan ini.

4. Banyaknya berita hoaks di internet

4 Masalah Sosial Kaum Millennial yang Harus Diselesaikan Presiden Barupexels.com/mentatdgt

Masalah sosial lainnya yang akhir-akhir ini juga menghantui kaum millennial adalah maraknya berita-berita bohong atau hoaks yang menyebar di internet. Karena itulah kaum millennial dituntut untuk memakai media internet dengan bijak dan pintar. Tidak menelan mentah-mentah setiap berita yang beredar di internet. Dan sebelum menyebarkannya, pastikan dulu kebenaran berita tersebut.

4 permasalahan sosial di atas menjadi pekerjaan rumah untuk pemerintahan yang baru nanti. Karena siapa pun nanti yang akan menjadi presiden, masalah-masalah di atas akan tetap selalu ada. Oleh karena itu masalah-masalah tersebut harus dipikirkan dan dicari solusinya.

Sedangkan untuk solusi masalah internet di era millennial ini, percayakan saja pada Smartfren #Super4GKuota. Smartfren menyediakan banyak paket pilihan untuk memenuhi kebutuhan kaum millennial. Mulai dari bermain sosial media, bermain game online, menonton video, atau mendengarkan musik, semuanya lengkap tersedia.

Kalau masih bingung kamu bisa kunjungi www.smartfren.com/id/home dan pilih sendiri paket yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Yuk berani tampil #KuotakanSuaramu dan #KuotakanMaumu, bersama-sama kita perjuangkan masa depan yang lebih baik untuk Indonesia.

Baca Juga: Tuangkan Harapanmu untuk Indonesia dan Menangkan Macbook Air!

Ayana Photo Verified Writer Ayana

Menulis adalah cara saya mengekspresikan pikiran saya. It's a really fun thing to do.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You