Comscore Tracker

[OPINI] Ini Buktinya Kalau KPop Membawa Dampak Positif Buat Hidup

Apa kamu ngerasain dampaknya juga?

Sebagai fans KPop, pernah gak sih kamu merasa down karena orangtua, saudara, teman, atau bahkan orang lain yang sama sekali gak kamu kenal menjelek-jelekkan hobimu buat mengikuti hal-hal serba Korea? Bahkan gak sedikit orang awam yang menganggap fans KPop atau KPopers itu alay dan lebay.

Kadang para fans sampai heran kenapa banyak banget orang yang selalu menganggap negatif kegemaran mereka ini. Padahal, gak selamanya ngefans dengan para selebriti dan budaya Korea itu negatif lho. Yakin deh, kalau para KPopers pasti merasakan dampak positifnya juga buat kehidupan mereka? Gak percaya? Ini buktinya.

1. Lirik lagu KPop itu membuat kita percaya diri

Lagu Beautiful yang dinyanyikan oleh Amber hanyalah salah satu contoh dari banyak lagu KPop yang mengajarkan kita untuk mencintai diri sendiri dan tidak boleh merasa minder dengan kekurangan kita.

Lagu Just Right dari boyband GOT7 juga mengajarkan bahwa kita sempurna just the way we are. Gak tahu arti lagunya? Jangan malas buat mencari terjemahan liriknya, ya.

2. KPop bikin kita tambah teman

[OPINI] Ini Buktinya Kalau KPop Membawa Dampak Positif Buat Hidupwww.rojakdaily.com

Fandom dari sebuah grup atau selebritis Korea itu biasanya cukup besar dan solid sebut saja EXO-L alias sebutan untuk penggemarnya EXO, atau penggemar BTS yang disebut Army. Itu baru fandomnya, kalau pecinta KPop disatukan maka jumlahnya akan sangat besar lho, bahkan tersebar di berbagai negara.

KPopers juga terkenal sebagai fans yang kompak dan loyal sama idolanya. Makanya, seorang pecinta KPop biasanya bakalan seneng banget kalau bisa bertemu atau berteman dengan sama-sama penyuka KPop. Terkadang para fans KPop jadi merasa senasib kalau banyak haters yang memandang negatif hobi mereka.

3. KPop bikin badan sehat plus berprestasi

[OPINI] Ini Buktinya Kalau KPop Membawa Dampak Positif Buat Hidupkoreanupdates.com

Melihat para idol yang punya tubuh ramping berotot memang gak jarang bikin para fans jadi iri sih. Apalagi kalau sudah melihat para idola melakukan dance dengan koreografi yang powerful dan kompak abis. Lagu-lagu KPop juga banyak banget yang enak dipakai buat joget. Makanya gak jarang para fans akan mengikuti gerakan dance idolanya sekalian buat olah raga. Gak sedikit juga yang bikin video cover dance super keren. Bonusnya, para fans KPop bisa mendapat penghargaan kalau menang dalam kompetisi dance cover.

4. KPop jadi inspirasi fashion

[OPINI] Ini Buktinya Kalau KPop Membawa Dampak Positif Buat Hidupwww.kpopmap.com

Para penggemar biasanya bakalan mengikuti style fashion idolanya. Hal ini jadi nambah referensi gaya buat para penggemar loh. KPopers bisa ikut-ikutan memakai sepatu, topi, tas, pakaian, bahkan aksesoris yang dikenakan idolanya. Penggemar juga tahu banget kok kalau gak semua tren fashion Korea bisa mereka ikuti.

Orang Korea dan para idol lumayan sering memakai coat atau jaket-jaket tebal karena memang cuaca di negara mereka cukup dingin. Nah, hal ini gak mungkin buat diikuti para fans yang ada di Indonesia karena mereka bisa kegerahan dengan cuaca negara kita yang panas.

5. KPop mengenalkan kita pada menu makanan yang baru

[OPINI] Ini Buktinya Kalau KPop Membawa Dampak Positif Buat Hidupwww.deliverynow.vn

Restoran Korea menjamur dimana-mana. Penyebabnya apa lagi kalau bukan demam Halyu Wave yang melanda Indonesia. Dari drama dan reality show asal Korea, kita bisa melihat kekayaan bahan makanan mereka. Wajar, dong kalau kita jadi penasaran dengan rasa makanan Korea.

Rata-rata penggemar KPop juga penyuka masakan Korea, jadi bisnis masakan Korea rasanya gak perlu takut kehilangan pelanggan, deh. Tanpa sadar, referensi masakan juga jadi nambah karena sering nonton drama dan reality show Korea. Sekarang ini siapa sih yang gak tahu apa itu kimchi?

6. KPop bikin kita jadi cakep

[OPINI] Ini Buktinya Kalau KPop Membawa Dampak Positif Buat Hidupwww.ajdas.com

Skincare asal Korea Selatan sedang menyerbu dunia. Para fans yang sering melihat idolanya memakai produk-produk perawatan atau produk makeup tertentu jadi pengen ikut-ikutan juga. Salah satu yang sedang booming banget adalah mask sheet. Selain banyak manfaatnya, desain mask sheet dari Korea itu juga lucu-lucu banget. Gak cuma mask sheet, aloe gel dan BB Cushion juga gak kalah hits. Sukses ikutan kebiasaan para idol, bonusnya jadi makin cakep, deh.

7. KPop mengajarkan kita soal pentingnya kerja keras

[OPINI] Ini Buktinya Kalau KPop Membawa Dampak Positif Buat Hidupwww.billboardmusicawards.com

Salah satu bukti nyatanya adalah BTS, berasal dari agensi kecil yang kurang diperhitungkan sampai bisa menembus pasaran Amerika. Gak sedikit juga haters yang awalnya pesimis dengan pencapaian BTS. Tapi sekarang, mereka membuktikan bahwa dengan usaha keras dan disiplin tinggi, kesuksesan pasti mengikuti. Gak ada hasil yang mengkhianati usaha, kan?

8. KPop membuat kita berani mengeksplor bakat dan kemampuan

Yang awalnya gak pede nyanyi, jadi terpacu buat bikin cover lagu Korea seperti idolanya. Yang tadinyagak tertarik sama dance, jadi ikut belajar dance biar jago seperti idolanya. Siapa tahu kalian sebenarnya punya bakat terpendam buat nyanyi atau dance. Sayang banget, kan kalau gak disalurkan.

Nah, masih mau menganggap negatif para fans KPop?

Annisa Rizki Photo Community Writer Annisa Rizki

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You