Comscore Tracker

Agar Dipandang Dunia, 4 Teknologi Ini Wajib Segera Kita Miliki

#DearFutureIndonesia Teknologi adalah kunci kemajuan bangsa

Perkembangan suatu bangsa tidak luput dari perkembangan inovasi dan teknologi di berbagai bidang, baik itu energi, kesehatan, hingga teknologi informasi. Melihat kondisi bangsa kita saat ini, pastilah kita setuju bahwa kita masih banyak tertinggal dalam hal teknologi dibandingkan negara-negara maju.

Meski begitu, tidak berarti kita harus terburu-buru menghadirkan semua teknologi termuktahir dari seluruh dunia ke Indonesia. Setidaknya ada 4 teknologi yang alangkah baiknya diprioritaskan oleh pemerintahan mendatang untuk membantu Indonesia menjadi lebih maju dan dipandang oleh dunia, apa saja kira-kira teknologi tersebut? Yuk, kita bahas bersama-sama di artikel ini!

1. Teknologi pengelola plastik

Agar Dipandang Dunia, 4 Teknologi Ini Wajib Segera Kita MilikiPexels/ mali maeder

Indonesia dinobatkan sebagai negara penyumbang sampah plastik nomor 2 di dunia. Menurut data dari BPS (Badan Pusat Statistik), setiap tahun produksi sampah plastik di Indonesia bisa mencapai 64 juta ton di mana sebanyak 3,2 juta ton sampah plastik terbuang ke lautan, sedangkan sisanya kebanyakan dibakar dan hanya sebagian kecil saja yang didaur ulang.

Padahal, semakin bertambahnya jumlah penduduk dan aktivitas ekonomi maka konsumsi plastik pun akan semakin banyak juga. Apabila hal ini dibiarkan, Indonesia akan mengalami masalah serius berkaitan dengan plastik dalam 5-10 tahun ke depan seperti polusi laut hingga polusi udara. Di satu sisi, penggunaan plastik sudah menjadi hal yang erat di kehidupan masyarakat sehingga melarang penggunaan plastik dalam jumlah besar bukanlah hal yang bijak.

Kalau begitu apakah solusinya? Jawabannya adalah teknologi pengelola limbah plastik. Teknologi ini pada dasarnya mengubah plastik menjadi bahan bakar melalui proses yang disebut dengan pirolis. Hasil pengolahan plastik ini bisa digunakan sebagai bahan bakar kendaraan hingga pembangkit listrik sehingga selain mengurangi sampah plastik juga bisa menjadi alternatif bahan bakar.

2. Transportasi massal terintegrasi

Agar Dipandang Dunia, 4 Teknologi Ini Wajib Segera Kita MilikiInstagram/mrtjakarta

Jakarta belum lama ini baru saja meresmikan transportasi massal bernama Moda Raya Terpadu atau disingkat MRT. Pembangunan MRT ini dipercaya dapat membantu kemacetan di Jakarta yang dinobatkan sebagai kota termacet ke-12 di dunia. Meski begitu tidak cukup hanya membangun transportasi massal saja, tetapi harus dipikirkan juga mengenai konektivitas di dalam kota maupun antar kota sehingga masyarakat dapat dengan mudah ke berbagai tempat hanya dengan transportasi umum saja.

Meski kedatangan MRT adalah prestasi yang sangat membanggakan, hal ini belum menyelesaikan secara menyeluruh karena bukan hanya Jakarta saja satu-satunya kota di Indonesia yang bermasalah dengan kemacetan. Harapan terbesar bagi masyarakat Indonesia tentunya teknologi transportasi massal terintegrasi ini dapat dihadirkan di seluruh wilayah Indonesia oleh pemerintahan mendatang.

Bukan hanya memudahkan warga yang tinggal di daerah tersebut saja, tetapi juga memudahkan para turis yang ingin menikmati keindahan Indonesia dengan lebih nyaman dan aman. Cobalah bayangkan menikmati indahnya kota-kota di Indonesia dengan hanya mengandalkan transportasi umum seperti MRT dan bus, tentu sangat menyenangkan bukan?

Baca Juga: 5 Masalah Kehidupan Ini Terpecahkan Berkat Perkembangan Teknologi

3. Internet yang cepat dan merata

Agar Dipandang Dunia, 4 Teknologi Ini Wajib Segera Kita MilikiPexels/Samuel Silitonga

Perkembangan ekonomi digital meningkat pesat dalam beberapa tahun belakangan dan diprediksi akan semakin meningkat di masa depan. Untuk lebih mendukung perkembangan industri digital tersebut, tentunya dibutuhkan koneksi internet yang cepat dan merata di seluruh wilayah Indonesia.

Indonesia berada di peringkat ke 74 dari 77 berdasarkan laporan yang dirilis oleh OpenSignal, di mana rata-rata kecepatan internet kabel di Indonesia hanya mencapai 13,79 Mbps. Angka ini berbeda jauh dengan negara tetangga yaitu Singapura yang menempati peringkat 1 dengan kecepatan internet 161.5 Mbps. Jika Indonesia ingin bersaing dengan negara lain, maka internet yang cepat adalah pekerjaan yang harus diprioritaskan oleh pemerintahan mendatang.

Bukan hanya kecepatan internet, akses yang mudah terhadap internet juga harus diperhatikan. Hal ini sudah mulai terealisasi salah satunya dengan hadirnya paket kuota internet murah dari Smartfren melalui paket murah meriah #Super4GKuota mulai dari Rp60.000 dengan kuota internet 30GB.

Akses internet yang mudah akan memudahkan seluruh lapisan masyarakat untuk mengakses informasi dan turut serta keberlangsungan negara salah satunya dengan mengeluarkan pendapat atau kritik kepada pemerintah melalui #KuotakanSuaramu dan #KuotakanMaumu.

Nah, kalau kamu mau informasi lengkap soal jaringan dan paket Super 4G Kuota dari Smartfren bisa baca di link ini https://www.smartfren.com/id/super-4g-kuota.

4. Bioteknologi modern

Agar Dipandang Dunia, 4 Teknologi Ini Wajib Segera Kita MilikiPixabay/ rawpixel

Bioteknologi adalah suatu ilmu yang memanfaatkan kemampuan dan keanekaragaman makhluk hidup, contoh dari penerapan bioteknologi yang banyak kita temui sehari-hari adalah fermentasi seperti pada pembuatan keju dan roti. Namun, contoh tersebut adalah penerapan bioteknologi secara konvensional.

Penerapan bioteknologi modern melingkupi teknologi rekayasa genetik yang sudah banyak dikembangkan di negara maju khususnya dalam bidang pertanian. Penciptaan tanaman GMO (Genetically Modified Organism) akan membantu menyelesaikan berbagai masalah seperti serangan hama, daya tahan, hingga masalah kekurangan air.

Sebut saja salah satu contohnya adalah Jagung Bt yang memiliki keistimewaan tahan dari serangan hama. Hal ini akan membantu menyelamatkan banyak jagung dari gagal panen dan mengurangi penggunaan pestisida dalam jumlah yang banyak. Hal ini tentunya akan membuat produktivitas lahan semakin meningkat, bukan?

Sebagai salah satu langkah mewujudkan swasembada pangan, penerapan dan penelitian bioteknologi modern khususnya dalam bidang pertanian tentu menjadi salah langkah penting di masa depan. Apalagi mengingat bahwa jumlah penduduk Indonesia telah menempati peringkat ke-4 di dunia dan akan terus bertambah tiap tahunnya.

Itulah 4 teknologi yang harus banget dimiliki oleh negeri kita agar dapat bersaing dengan negara maju. Kunci utama untuk menyamakan dan mengejar ketertinggalan kita adalah melalui inovasi dan teknologi ciptaan anak bangsa. Dengan memprioritaskan anggaran dan tenaga untuk teknologi-teknologi di atas, diharapkan Indonesia dapat semakin dipandang dunia dan dibanggakan oleh rakyatnya.

Baca Juga: Tuangkan Harapanmu untuk Indonesia dan Menangkan Macbook Air!

Deny Hung Photo Community Writer Deny Hung

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 05:45:07

Progress: 765.196 dari 813.350 TPS (94.07955%)

Just For You