Jangan Bahas Kebhinekaan Kalau Kamu Masih Lakukan 7 Hal Ini

Yuk, introspeksi diri!

Sekarang ini kita patut waspada. Pasalnya, banyak orang merasa suci dan berhak menghukum orang lain dengan berperan sebagai Tuhan. Bahkan, banyak kaum yang seringnya dipanggil dengan sebutan 'bumi datar' karena merasa nusantara berbhineka ini hanya berisi dengan golongan mereka saja. 

Padahal Indonesia punya banyak keberagaman suku, budaya, dan agama yang patut dihargai. Yuk, introspeksi diri! Siapa tahu beberapa sifat ini tanpa sadar masih kamu miliki!

1. Merasa pendapat sendiri paling benar dan gak mau melihat dari sudut pandang orang lain.

Jangan Bahas Kebhinekaan Kalau Kamu Masih Lakukan 7 Hal Inimovpins.com

Kamu merasa pendapatmu yang paling benar dan pendapat orang lain jelas salah. Misalnya saja nih kamu merasa agamamu sendiri yang benar sementara keyakinan lain itu salah dan gak patut dihargai. Bahkan, kamu juga gak mencoba untuk memahami orang lain dengan melihat dari sisi mereka. Hati-hati, sikap satu ini sama dengan kaum bumi datar yang merasa dirinya paling suci dan tak tercela.

2. Merasa tersinggung tiap ada orang yang mengoreksimu.

Jangan Bahas Kebhinekaan Kalau Kamu Masih Lakukan 7 Hal Iniwall.alphacoders.com

Sikap ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Merasa paling benar, kamu tersinggung kalau ada orang lain yang memberi masukan. Padahal, masukan dan kritikan membangun tentu baik didengarkan demi membuat diri sendiri jadi lebih baik lagi. Kalau kamu gak tahan dengan koreksi dan mudah tersinggung, jangan heran kalau kamu sudah masuk ke jajaran kaum bumi datar yang berpikiran sempit.

3. Kamu melihat orang lain dari kelas, suku, atau agamanya.

Jangan Bahas Kebhinekaan Kalau Kamu Masih Lakukan 7 Hal Iniblog.adidas-group.com

Kamu melihat orang lain bukan sebagai sesama manusia yang setara. Kamu masih mengotak-ngotakkan mereka berdasarkan kelas sosial, suku, bahkan agamanya. Bisa dibilang ini sikap rendahan karena kamu gak bisa melihat seseorang sebagai sesama manusia yang sederajat denganmu.

4. Kamu merasa lebih superior daripada orang lain.

Jangan Bahas Kebhinekaan Kalau Kamu Masih Lakukan 7 Hal Inihollywoodreporter.com

Merasa lebih superior bisa jadi ciri utama kaum bumi datar. Kamu merasa lebih pintar, lebih jago, atau bahkan lebih kaya. Hati-hati sifat sesumbar ini bisa membuatmu celaka di kemudian hari. Kamu perlu ingat bahwa di atasmu masih banyak orang yang 'lebih' lagi.

Baca juga : Tumbuh di Lingkungan Multi Ras & Agama, Saya Belajar Tenggang Rasa

5. Mudah menghakimi orang lain.

Jangan Bahas Kebhinekaan Kalau Kamu Masih Lakukan 7 Hal Iniavclub.com

Terbiasa menilai orang lain dari luarnya tanpa tahu apa yang pernah terjadi pada mereka adalah sikap bumi datar sejati. Kamu terbiasa langsung menilai apa yang ditangkap matamu tanpa menganalisanya lebih jauh. Honestly, kamu gak ada bedanya dengan kaum bumi datar yang hobi mengkafirkan orang lain.

6. Menggeneralisir orang lain dengan stereotype.

Jangan Bahas Kebhinekaan Kalau Kamu Masih Lakukan 7 Hal Inifandango.com

"Wah orang cina ya? Pantes pelit!"

"Wah orang batak ya? Pantes galak!"

"Wah orang Jawa ya? Pantes lamban!"

Sering mendengar ujaran ini? Atau bahkan kamu masih sering melontarkannya? Ungkapan yang sudah dianggap 'biasa' ini sebenarnya bermain dengan stereotype. Tanpa sadar kamu menggeneralisir orang lain berdasarkan golongan dan itu bukan sikap terpuji. Ini sama saja dengan sikap picik yang menganggap semua orang sama sesuai dengan golongan mereka.

7. Merasa risih dengan keberadaan orang yang berbeda denganmu.

Jangan Bahas Kebhinekaan Kalau Kamu Masih Lakukan 7 Hal Initomatazos.com

Setiap orang berhak memiliki pilihan dalam hidupnya. Jika kamu risih dan merasa mereka lebih berdosa dari pada kamu karena mereka mengambil jalan hidup yang berbeda, berarti kamu sudah sah jadi kaum bumi datar. Kamu sudah bermain sebagai Tuhan dan melabeli siapa yang berdosa dan yang tidak.

Hayo, jadi ada berapa hal yang masih sering kamu lakukan?

Baca juga : Tinggal di Asrama Katolik Membuat Imanku Semakin Tebal

Topik:

Berita Terkini Lainnya