Comscore Tracker

Penting Lho! 5 Alasan Kamu Harus Berpendidikan Tinggi

Gak ada lagi istilah "Percuma sekolah tinggi-tinggi, ujung-ujungnya..."

Seringkali kita mendengar ucapan bahwa pendidikan itu tidak penting. Mereka mengatakan ujung-ujungnya menjadi karyawan juga, atau bahkan mengatakan, berpendidikan tidak menjamin kekayaan dan kesuksesan. Lalu mereka meneruskan pernyataan yang hanya lulusan sekolah dasar saja bisa menjadi pengusaha sukses. Jadi pendidikan tinggi tidaklah penting.

Namun, jika semua pernyataan itu di balik dengan sebuah pertanyaan "Apakah dengan tidak menempuh pendidikan tinggi juga sudah menjamin akan sukses?". Intinya bukan itu. Esensi pendidikan tidaklah sedangkal itu. Berikut ini adalah alasan kenapa kamu harus berpendidikan tinggi.

1. Memberikan ilmu pengetahuan

Penting Lho! 5 Alasan Kamu Harus Berpendidikan Tinggisoompi.com

Pendidikan selalu memberikan ilmu pengetahuan, apa pun bentuknya. Kita bisa mengetahui luasnya dunia, memahami nilai-nilai kebaikan dan kebenaran dan mengaplikasikannya dalam hidup. Buku-buku akuntansi, kedokteran, kimia, psikologi, seni dan filsafat yang kamu baca, diskusikan dengan dosen dan profesor di kampus itu tidak akan pernah sia-sia, sama sekali tidak.

Pun demikian dengan buku-buku yang kamu baca di perpustakaan sekolah dengan dibumbui masa-masa remaja yang mengajari kamu berbagai hal kecil yang indah.

Setelah mendapat sekian banyak ilmu pengetahuan, kamu justru akan merasa masih terlalu sedikit yang kamu tahu. Ini mengajarkan agar kamu tidak bersikap angkuh terhadap orang lain dan dunia.

Dalam taraf yang lebih tinggi, kamu dapat menjadi ilmuwan, menciptakan sesuatu untuk membantu kehidupan manusia. Jika tidak ingin muluk-muluk, ilmu pengetahuan bisa kamu gunakan mengajari anak-anakmu nanti tentang segala sesuatu. Ibu dan ayah yang cerdas melahirkan anak-anak yang cerdas, dengan begitu kamu sudah turut andil membangun generasi.

2. Untuk pekerjaan

Penting Lho! 5 Alasan Kamu Harus Berpendidikan Tinggistyle.tribunnews.com

Zona nyaman seseorang memang berbeda-beda, ada yang nyaman dengan menjadi karyawan, ada pula yang nyaman menjadi wirausaha. Dua-duanya sama baiknya, dengan tujuan yang baik pula yaitu menjadi manusia bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga bahkan orang asing sekalipun serta menaikkan taraf kehidupan.

Pertama, jika ingin menjadi karyawan, untuk jabatan yang tinggi tidak dipungkiri tentu saja memerlukan selembar ijazah. Semakin tinggi pendidikan semakin tinggi jabatan dan penghasilan. Ini fakta yang tidak bisa dibantah.

Skill juga berpengaruh. Tapi untuk memenuhi syarat pertama di lowongan pekerjaan adalah tulisan pendidikan minimal SMA, pendidikan minimal D3 dan sebagainya. Skill kita tinggi, tapi perusahaan tidak tahu, maka ijazah adalah patokan perusahaan. Jika tidak memiliki ijazah, memasukkan lamaran saja kita tidak berhak, bukan?

Kedua, jika ingin menjadi wirausaha, pendidikan juga penting. Kamu membutuhkan ilmu manajemen untuk mengatur operasional usahamu, ilmu akuntansi untuk mengatur keuanganmu, ilmu perpajakan untuk memenuhi kewajibanmu kepada negara, ilmu kewirausahaan untuk menghadapi persaingan pasar hingga ilmu psikologi untuk menghadapi berbagai macam kolega bisnis dan pelanggan.

Kisah-kisah inspiratif yang kamu baca mengenai seseorang yang tidak menempuh pendidikan dan berhasil sukses itu jumlahnya mungkin seribu dibanding satu. Dan mereka adalah orang-orang istimewa di dunia yang kerja kerasnya mungkin seribu kali lipat dari kebanyakan orang, yang jam tidurnya mungkin hanya satu dua jam sehari atau seminggu. Sehingga ia mendapat pelajaran kehidupan meski tidak menempuh bangku pendidikan formal. 

Jadi, jika belum bisa menjamin kesuksesan atas dirimu seperti orang-orang istimewa itu, sebaiknya kamu sekolah, kuliah. Mau jadi apapun kamu nanti, pendidikan tidak akan pernah sia-sia.

3. Membentuk dan memperbaiki pola pikir

Penting Lho! 5 Alasan Kamu Harus Berpendidikan Tinggiaminoapps.com

Pola pikir yang ada di kepala mengenai diri sendiri, orang lain dan hal-hal yang terjadi di dunia ini memang kamu sendiri yang berhak. Tapi, pendidikan akan lebih membantumu mencapai hal-hal yang pada awalnya kamu meragu.

Hal-hal baru yang kamu dapat juga akan membentuk pola pikir baru yang lebih baik. Kamu akan lebih paham dan mengaplikasikan kebenaran, kejujuran, keadilan dan yang terpenting adalah kemanusiaan. Pendidikan nyatanya membuat seseorang lebih dewasa dalam berpikir dan bertindak.

Pola pikir kamu juga akan maju dan lebih terbuka. Seperti gelas kosong yang selalu siap dituangi air. Kamu akan mampu menampung segala pengetahuan termasuk pemahaman terhadap manusia lain.

4. Mengembangkan bakat

Penting Lho! 5 Alasan Kamu Harus Berpendidikan Tinggiinikpop.com

Pendidikan mampu membuatmu menemukan jati diri, skill dan bakat yang kamu miliki serta mengembangkannya. Jika kamu sudah terlahir hebat dengan segudang bakat, pendidikan akan mengasahnya agar lebih tajam lagi. Di dunia ini banyak sekali sekolah seni, sekolah agama, sekolah bisnis dan sebagainya. Jika kamu punya waktu, maka manfaatkanlah.

5. Membentuk kepribadian

Penting Lho! 5 Alasan Kamu Harus Berpendidikan Tinggikpopchart.net

Bagi yang mampu benar-benar mengaplikasikannya, pendidikan juga akan mencegahmu berkata kasar, mencegahmu melakukan hal yang salah, mencegahmu berbuat segala sesuatu yang dapat merendahkan diri sendiri.

Pendidikan membantu mengajari kamu bersikap dan berperikemanusiaan serta mengembangkan empati sehingga kamu tidak akan seenaknya menyakiti orang lain. 

Kita selama ini disuguhi dengan kasus-kasus wakil rakyat yang semuanya adalah intelektual namun merugikan rakyat, ini merupakan kasus yang berbeda. Tidak semua kaum intelektual itu kotor dan licik.

Jika ingin mengurangi jumlah mereka di pemerintahan, maka kita harus mau menempuh pendidikan, menjadi orang berpengaruh, orang baik yang berkuasa sehingga orang-orang seperti mereka tidak akan mendapat kursi di pemerintahan.

Jika tidak ingin tinggi-tinggi memikirkan urusan negara, maka cukuplah pendidikan kita gunakan untuk memperbaiki kepribadian masing-masing.

Kim Photo Verified Writer Kim

An INTJ-A

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You