Comscore Tracker

Stop Berkata: "Wanita itu Cukup di Rumah Saja, Gak Usah Punya Cita-cita"!

#AkuWanitaHebat

“Wanita itu seharusnya di rumah, jadi ibu rumah tangga.”

“Wanita itu tempatnya di dapur.”

“Jadi wanita itu jangan punya cita-cita terlalu tinggi”

Seberapa sering kita mendengar perkataan di atas? Tentu hal ini bukanlah sesuatu yang baru, terutama di Indonesia, dimana pria masih jauh lebih dominan daripada wanita. 

Apakah kita sadar bahwa dengan berkata seperti di atas, kita telah merendahkan martabat seorang wanita? Apakah kita sadar bahwa dengan perkataan seperti di atas, kita telah mengotak-ngotakkan wanita ke dalam ruang tanpa harapan dan masa depan? Apa salahnya jika seorang wanita mau berjuang untuk dirinya sendiri agar mendapat tempat yang sejajar dengan pria di masyarakat?

Sebagai generasi muda, tidak seharusnya kita membiarkan hal seperti itu terjadi. Ini sudah bukan zamannya wanita dibatasi oleh sederetan norma dan aturan yang diskriminatif. Setiap wanita berhak dan layak untuk menentukan masa depannya. Setiap wanita berhak memilih pekerjaan sesuai dengan aspirasinya dan bukan ditentukan oleh perkataan orang lain. Setiap wanita berhak untuk menjadi dirinya sendiri dan menjalani kehidupan yang diinginkan. Mereka berhak untuk bermimpi setinggi langit dan berjuang mencapai mimpi itu.

Sebagai bentuk dukungan kepada setiap wanita Indonesia untuk dapat mendapatkan tempat yang sejajar di masyarakat, kami dari IDN Media membuat sebuah movement bertajuk #AkuWanitaHebat. Movement ini ditujukan kepada setiap wanita Indonesia agar tidak takut untuk menjadi dirinya sendiri dan dapat terus berjuang untuk menggapai mimpinya.

Bagaimana Caranya untuk Mendukung Movement  #AkuWanitaHebat?

1. Upload fotomu di Facebook / Instagram dengan hashtag #AkuWanitaHebat

2. Tulis caption: #AkuWanitaHebat karena … (alasan kenapa kamu merasa bahwa kamu adalah seorang wanita hebat). Contoh: #AkuWanitaHebat karena aku mampu menyekolahkan adik-adikku sampai ke universitas. Atau contoh berikutnya: #AkuWanitaHebat karena aku tidak peduli dengan perkataan negatif orang lain dan dapat menjadi diri sendiri. Atau contoh berikutnya: #AkuWanitaHebat karena aku tidak tergantung oleh siapapun.

3. Tantang 3 teman wanitamu dengan tag / mention mereka di fotomu. Contoh: “@Indah, @Putri, @Jennifer: Apakah kalian adalah wanita hebat juga?”

4. Foto-foto yang terpilih akan kami share di IDNtimes.com dan/atau Popbela.com. Beberapa cerita yang menarik juga akan kami undang untuk interview lebih lanjut agar cerita kalian dapat didengarkan dan menginspirasi semua wanita Indonesia.

Stop Berkata: Wanita itu Cukup di Rumah Saja, Gak Usah Punya Cita-cita!IDN Media

Teman-teman generasi muda, marilah kita berjuang bersama untuk para wanita Indonesia. Sudah saatnya kita memberikan pengakuan terhadap potensi dan peran wanita seutuhnya. Ini waktunya setiap wanita dapat menjadi dirinya sendiri, bebas bermimpi setinggi langit, dan menggapai cita-citanya. Majulah wanita Indonesia!

#AkuWanitaHebat

Topic:

Just For You