Comscore Tracker

10 Bangunan Menakjubkan yang Tak Akan Pernah Kamu Lihat di Dunia Nyata

Hanya proyek saja, tidak pernah terealisasi

Garuda Wisnu Kencana adalah patung megah di Bali yang sedang digarap sebagai salah satu simbol peradaban di Indonesia. Tidak hanya di Indonesia, bangunan-bangunan megah macam ini juga digarap di negara lain, seperti Prancis yang memiliki Menara Eiffel dan Amerika yang punya Patung Liberty.

Fakta unik: banyak proyek macam itu yang rencananya akan direalisasikan, hanya saja tidak pernah terjadi dan hanya menjadi wacana saja. Berikut ini adalah beberapa proyek megah tersebut.

1. Hotel Attraction

10 Bangunan Menakjubkan yang Tak Akan Pernah Kamu Lihat di Dunia Nyataloveexploring.com

Bangunan ini didesain oleh Antoni Gaudi dan direncanakan sebagai bangunan tertinggi di New York pada 1908. Sayangnya gedung setinggi 360 meter tersebut tak pernah tergarap dan bahkan baru diketahui desainnya 50 tahun kemudian.

2. The Illinois

10 Bangunan Menakjubkan yang Tak Akan Pernah Kamu Lihat di Dunia Nyatamcmdaily.com

Diperkirakan akan memiliki tinggi 1.609 meter, The Illinois hanya menjadi kenangan. Bangunan yang direncanakan hadir di pertengahan abad 20 ini memiliki segudang masalah, membuat rencana ini hanya menjadi rencana.

3. Fourth Grace

10 Bangunan Menakjubkan yang Tak Akan Pernah Kamu Lihat di Dunia Nyatadezeen.com

Nama lain dari proyek bangunan ini adalah The Cloud dan direncanakan sebagai gedung perkantoran. Rancangan ini dibatalkan disebabkan biaya yang tidak sebanding ketika akan menggarap bagian spiralnya.

4. Beacon of Progress

10 Bangunan Menakjubkan yang Tak Akan Pernah Kamu Lihat di Dunia Nyatarelationalthought.com

Jika saja tidak ada permasalahan finansial, Beacon of Progress akan menjadi bangunan tertinggi di dunia yang pernah ada. Proyek megah ini memiliki tinggi sekitar 457 meter dan dapat menampung 100 ribu orang sebagai amphitheater.

5. Ville Contemporaine

10 Bangunan Menakjubkan yang Tak Akan Pernah Kamu Lihat di Dunia Nyatacityplanningcasestudies.tumblr.com

Bisa dibilang ini adalah proyek kompleks atau perumahan yang rencananya dapat menampung hingga tiga juta penghuni. Tidak penuh dengan rumah-rumah, kompleks garapan arsitek Le Corbusier ini berisikan gedung-gedung pencakar langit yang mana bertujuan untuk mengurangi tempat kumuh di Paris.

Baca Juga: 5 Peristiwa Bersejarah yang Masih Diragukan Kebenarannya

6. Tatlin’s Tower

10 Bangunan Menakjubkan yang Tak Akan Pernah Kamu Lihat di Dunia Nyatapinterest.pt

Menara ini digadang-gadang sebagai bentuk imut dari menara Eiffel. Bahan materialnya adalah besi, kaca dan logam yang mana direncanakan sebagai simbol modernitas.

Walaupun diidekan pada 1917, namun gagasannya sudah sangat futuristis. Para pengunjung tidak perlu berjalan dan secara otomatis akan diangkut menggunakan peralatan mekanikal.

7. Shimizu Mega-City Pyramid

10 Bangunan Menakjubkan yang Tak Akan Pernah Kamu Lihat di Dunia Nyataid.pinterest.com

Piramida khas Jepang ini direncanakan dibangun pada 2004. Lebih gila karena bangunan ini memiliki wacana 12 kali lipat lebih besar daripada piramida di Giza yang mana mampu ditinggali 750 ribu warga. Proyek ini tidak direalisasikan karena belum diketemukannya material yang cocok sebagai fondasi, yaitu material yang ringan namun super kuat.

8. Ultima Tower

10 Bangunan Menakjubkan yang Tak Akan Pernah Kamu Lihat di Dunia Nyataid.pinterest.com

Bisa dibilang proyek menara Babel di zaman modern. Tingginya diperkirakan mencapai tiga kilometer (melebihi tinggi suatu gunung) dan menara ini direncanakan sebagai tempat tinggal satu juta warga.

9. Palace of Soviets

10 Bangunan Menakjubkan yang Tak Akan Pernah Kamu Lihat di Dunia Nyatarussiatrek.org

Salah satu bangunan guna mengingat pemimpin Uni Soviet, Stalin, karena pucuk bangunan ini direncanakan terdapat patung tokoh itu. Konstruksi bangunan ini sudah berjalan pada 1937, namun harus hancur karena invasi Jerman.

10. Volkshalle (The Great Dome)

10 Bangunan Menakjubkan yang Tak Akan Pernah Kamu Lihat di Dunia Nyatathe-man-in-the-high-castle.fandom.com

Bangunan ini direncanakan oleh Adolf Hitler dan arsiteknya, Albert Speer, sebagai bangunan terpenting Jerman. Desain dalam Volkshalle menunjukkan bagaimana adanya lambang Nazi. The Great Dome tidak pernah terealisasi karena pecahnya perang.

Sangat disayangkan bangunan-bangunan ini tidak pernah ada di dunia nyata. Padahal jika tercipta, dipastikan itu akan menjadi objek wisata menarik yang banyak berisikan cerita sejarah. Menurutmu dari proyek bangunan di daftar ini, manakah yang memungkinkan untuk direalisasikan di zaman sekarang?

Baca Juga: 8 Organisasi Assassin Paling Mematikan dalam Sejarah, Ngeri Banget!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya