Comscore Tracker

9 Fakta Unik April Mop, sampai Ada Museum yang Mengabadikan Gurauan  

Ternyata April Mop sangat erat kaitannya dengan ikan

Beberapa hari yang lalu kita melewati hari yang disebut April Mop, yang jatuh tepatnya pada tanggal 1 April. Sayang, kondisi saat ini tidak memungkinkanmu bercanda yang aneh-aneh karena masalah wabah.

Ketimbang semuanya menjadi paranoid, ada baiknya kamu menunda keisenganmu di tahun ini. Toh sebenarnya kamu juga tidak tahu kan bagaimana April Mop muncul?

Untuk menambah pengetahuan kalian, berikut ini adalah beberapa fakta unik terkait April Mop tersebut. Check this out!

1. April Mop dipercaya muncul pertama kali di Prancis

9 Fakta Unik April Mop, sampai Ada Museum yang Mengabadikan Gurauan  newsbtc.com

Para ahli sejarah mempercayai budaya April Mop sebenarnya datang dari Prancis. Di abad 16, tahun baru di sana masih dirayakan pada 1 April, namun itu berubah menjadi 1 Januari karena adopsi kalender Gregorian. Perubahan perayaan tersebutlah yang membuat banyak orang bercanda kepada warga lain yang masih menganggap 1 April sebagai tahun baru.

2. Namun ada catatan yang jauh lebih lama daripada itu

9 Fakta Unik April Mop, sampai Ada Museum yang Mengabadikan Gurauan  nunspreisttalephs.blogspot.com

Ada sebuah bahan literasi yang mencatat perayaan April Mop. Namanya adalah Canterbury Tales” (“The Nun’s Priest’s Tale”) yang ditulis oleh Geoffrey Chaucer. Tulisan itu sudah ada sejak 1392.

3. Punya banyak cara perayaan

9 Fakta Unik April Mop, sampai Ada Museum yang Mengabadikan Gurauan  internewscast.com

Di Prancis sendiri, 1 April disebut sebagai Poisson d'Avril. Sedangkan di Skotlandia April Mop dirayakan selama dua hari. Berbeda lagi dengan di Kanada dan inggris. Gurauan April Mop hanya dilakukan pada pagi hari 1 April.

4. Dipanggil juga April Fish

9 Fakta Unik April Mop, sampai Ada Museum yang Mengabadikan Gurauan  vox.com

Perlu diketahui saja Poisson d'Avril memiliki arti April Fish. Kalau dalam bahasa Inggris, ini bisa menjadi referensi istilah “There is something fishy in here” atau “Ada sesuatu yang mencurigakan di sini.”

Baca Juga: Mengerikan, Inilah 6 Teori Konspirasi Terkenal dalam Budaya Populer

5. Perayaan April Mop pertama dilakukan dengan cara menempelkan kertas di punggung

9 Fakta Unik April Mop, sampai Ada Museum yang Mengabadikan Gurauan  hamillfrenchblog.wordpress.com

Di Prancis dulu, anak-anak kecil akan menempelkan kertas ke punggung temannya. Saat anak yang diajak bercanda mengetahui ada kertas di punggungnya, anak-anak lain akan berteriak "Poisson d'Avril!"

6. April Mop dikaitkan dengan simbol kegembiraan

9 Fakta Unik April Mop, sampai Ada Museum yang Mengabadikan Gurauan  tuetego.net

Selain masalah kalender Gregorian, sejarawan juga mengaitkan April Mop dengan festival Hilaria yang dirayakan pada zaman Romawi kuno. Hilaria sendiri memiliki arti gembira yang mana saat festival itu, orang-orang Romawi menyamar dan mengolok-olok orang.

7. Banyak guraun yang dibuat dengan sangat niat

9 Fakta Unik April Mop, sampai Ada Museum yang Mengabadikan Gurauan  marketplace.org

Pada 1992, National Public Radio pernah mewawancarai presiden Amerika Richard Nixon yang mengatakan dirinya akan mencalonkan lagi menjadi presiden. Saat orang-orang kaget, diketahui ternyata Nixon yang diwawancara adalah aktor dan itu merupakan bagian dari program April Mop.

8. Candaan April Mop tidak jarang ditanggapi serius

9 Fakta Unik April Mop, sampai Ada Museum yang Mengabadikan Gurauan  rd.com

BBC pernah membuat program April Mop pada 1976. Di program itu BBC meyakinkan pendengarnya bahwa kondisi sejajarnya planet-planet akan mengurangi daya gravitasi di bumi. Banyak panggilan telepon masuk ke BBC mengatakan mereka merasakan efeknya.

9. Candaan April Mop diabadikan dalam satu museum

9 Fakta Unik April Mop, sampai Ada Museum yang Mengabadikan Gurauan  hoaxes.org

Ada museum yang bernama Museum of Hoaxes. Museum ini dibangun pada 1997 yang didedikasikan kepada penipuan dan kesalahan informasi. Salah satu galerinya digunakan untuk mengenang candaan April Mop yang paling mengenang di sana.

Menarik bukan April Mop? Pasti kamu tidak menyangka jika bulan penuh keisengan ini sebenarnya banyak memiliki sejarah. Nah, kalau kamu sendiri apa keisengan terparah yang pernah kamu lakukan? Tulis dong di kolom komentar.

Baca Juga: 10 Fakta Terbaru Asal Muasal April Mop yang Unik dan Misterius

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya