Comscore Tracker

8 Tipe Pelangi yang Pasti Kamu Gak Tahu, Bukan Cuma Banyak Warna

Kamu percaya ada pelangi yang cuma satu warna aja?

Pelangi adalah lukisan warna dari Sang Pencipta, tapi hal itu tidak berlaku bagi para ilmuwan. Menurut mereka, pelangi adalah suatu spektrum warna yang tercipta dari refleksi, refraksi dan dispersi tetesan air hujan di langit. Menariknya ternyata pelangi juga memiliki beberapa tipe yang dilihat dari bentuknya. Berikut ini adalah tipe-tipe pelangi.

1. Twinned rainbow

8 Tipe Pelangi yang Pasti Kamu Gak Tahu, Bukan Cuma Banyak Warnaotherworldlyincantations.com

Pelangi kembar. Bentuknya adalah pelangi yang seakan-akan memiliki cabang hingga memunculkan dua pelangi sekaligus. Pelangi ini tergolong langka dan kasus lebih langka, twinned rainbow bisa bercabang tiga.

2. Multiple rainbow

8 Tipe Pelangi yang Pasti Kamu Gak Tahu, Bukan Cuma Banyak Warnaovercomingbarriers.wordpress.com

Dikenal juga sebagai double rainbow atau pelangi ganda. Sesuai namanya, muncul dua pelangi di saat bersamaan. Perbedaan dari twinned rainbow adalah twinned rainbow tampak bercabang, sedangkan multiple rainbow seperti pelangi yang berbeda.

3. Full-circle rainbow

8 Tipe Pelangi yang Pasti Kamu Gak Tahu, Bukan Cuma Banyak Warnametoffice.gov.uk

Kita selalu melihat pelangi hanya berbentuk setengah lingkaran, tetapi sebenarnya ada kondisi langka di mana pelangi akhirnya melingkar sepenuhnya. Full-circle rainbow hanya bisa dilihat dari tempat tinggi, seperti di gedung pencakar langit atau pesawat.

4. Supernumerary rainbow

8 Tipe Pelangi yang Pasti Kamu Gak Tahu, Bukan Cuma Banyak Warnaweb.500px.com

Deskripsi mudahnya adalah muncul pelangi lagi di dalam pelangi utama yang tampak seperti menggema. Ini sering muncul di pelangi yang muncul dalam keadaan kabut. Hal yang paling tampak dari pelangi supernumerary adalah warnanya merupakan warna pastel.

Baca Juga: 8 Peristiwa Langit Oktober 2019 yang Wajib Kamu Saksikan, Catat ya! 

5. Monochrome rainbow

8 Tipe Pelangi yang Pasti Kamu Gak Tahu, Bukan Cuma Banyak Warnazhu-zhu-pets-fanon.fandom.com

Tidak selalu pelangi berwarna-warni. Pelangi monokrom tidak berwarna hitam putih, tetapi sepenuhnya berwarna merah. Pelangi ini hanya bisa terjadi saat cahaya matahari berada di titik terjauh dari atmosfer bumi dan itu terjadi saat matahari terbit atau terbenam.

6. Reflected dan reflection rainbow

8 Tipe Pelangi yang Pasti Kamu Gak Tahu, Bukan Cuma Banyak Warnaepod.usra.edu

Ini adalah dua pelangi berbeda, tetapi mirip. Reflected rainbow tercipta dari cahaya matahari yang dibelokkan oleh air hujan dan terefleksi dari permukaan air. Kebalikannya, reflection rainbow datang dari cahaya matahari yang terefleksi permukaan air terlebih dahulu, baru dibelokkan oleh air hujan.

7. Rainbow under moonlight

8 Tipe Pelangi yang Pasti Kamu Gak Tahu, Bukan Cuma Banyak Warnadeviantart.com

Pelangi tidak selalu muncul di pagi hari, tetapi bisa juga terjadi ketika menjelang petang. Istilah lainnya adalah pelangi bulan. Pelangi yang tercipta pada malam ini hanya bisa terjadi jika terjadi bulan purnama atau mendekatinya.

8. Fogbow

8 Tipe Pelangi yang Pasti Kamu Gak Tahu, Bukan Cuma Banyak Warnacloudappreciationsociety.org

Ini adalah pelangi spesial yang tercipta ketika ada kabut atau awan kecil yang mendistraksi cahaya matahari. Umumnya pelangi kabut muncul di permukaan air dengan area yang sedang diselimuti kabut tebal.

Dari pelangi-pelangi langka ini, mana yang pernah kamu lihat? Pernahkah kamu memotretnya? Jika kamu mendapatkan gambarnya, berarti kamu sangat beruntung karena untuk melihat pelangi-pelangi ini saja sudah susah.

Baca Juga: Mengenal 10 Fakta Pelangi Api, Fenomena Langit yang Jarang Terjadi

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You