Comscore Tracker

Kenalan dengan Lynx, Si Kucing Lucu nan Kekar yang Mirip Serigala

Lucu sih tapi kok rada ngeri ya sama tatapan tajamnya?

Melihat kucing yang lucu dengan bulu tebal dan hidung pesek adalah hal yang biasa kita temui. Namun bagaimana jika kalian bertemu dengan kucing bertubuh besar, kaki jenjang dan tatapan mata yang menakutkan layaknya seorang serigala? Pasti ngeri ya!

Eits, ternyata ini bisa kamu temui dalam dunia nyata lho. Kucing mengerikan yang tidak biasa seperti deskripsi di atas bernama Lynx. Lynx ini termasuk kucing hutan yang bisa kamu temui di Eropa, Rusia dan Asia Tengah. Wah, kira-kira seperti apa ya wujud aslinya? Simak ulasan mengenai Lynx si kucing lucu bertubuh kekar yang mirip serigala berikut ini guys!

1. Predator terganas ketiga setelah beruang cokelat dan serigala

Kenalan dengan Lynx, Si Kucing Lucu nan Kekar yang Mirip Serigalafalyorumlari.com

Lynx boleh berasal dari keluarga kucing yang identik dengan kelucuan dan hewan peliharaan yang ramah pada manusia. Namun karena tergolong sebagai kucing hutan Lynx bertingkah lebih ganas dan agresif.

Di Eropa sendiri kucing berjenis Lynx merupakan predator terganas sekaligus terbesar ketiga setelah beruang cokelat dan serigala. Lynx akan memangsa kelinci, rubah dan hewan lain yang berukuran lebih kecil darinya. 

2. Besar ukuran tubuh Lynx dewasa

Kenalan dengan Lynx, Si Kucing Lucu nan Kekar yang Mirip Serigalaealt.ca

Seekor Lynx dewasa memiliki tubuh yang gagah dengan kaki panjang dan bulu tebal yang menyelimuti badannya. Tinggi Lynx berkisar 60-70 cm dengan panjang 90-110 cm dan bobot 10-18 kg. Masa hidup Lynx terbilang cukup panjang dibanding kucing pada umumnya, mereka dapat bertahan selama 17-24 tahun di alam liar. 

3. Profil tubuh yang khas pada setiap jenis Lynx

Kenalan dengan Lynx, Si Kucing Lucu nan Kekar yang Mirip Serigalaconservationnw.org

Lynx Eurosia yang tersebar di dataran Eropa dan Asia Tengah ini punya penampakan yang khas dengan bulu hitam di telinga dan motif cokelat keabuan di bulunya. Lynx memiliki kuku dan gigi tajam yang digunakan sebagai alat perlindungan diri sekaligus memudahkan mereka dalam mengincar mangsa. 

Baca Juga: 4 Fakta Belangkas, Hewan Unik yang Jadi Penyelamat Jutaan Manusia

4. Lynx Iberia adalah jenis yang paling terancam punah

Kenalan dengan Lynx, Si Kucing Lucu nan Kekar yang Mirip Serigalaindependent.co.uk

Dari beberapa jenis spesies yang ada, Lynx Iberia merupakan jenis yang berada di ambang kepunahan. Lynx Iberia bertahan hidup di hutan pengunungan Spanyol yang jauh dari daerah dingin seperti habitat mereka. Hal itu terjadi karena hewan ini menghindari ancaman perburuan liar manusia yang tidak bertanggung jawab. 

5. Siklus hidup dan perkembangbiakkan Lynx

Kenalan dengan Lynx, Si Kucing Lucu nan Kekar yang Mirip Serigalainstagram.com/sandiegozoo

Seekor Lynx dewasa akan mencari pasangan dan para penjantan mencari betinanya masing-masing. Musim kawin Lynx tiba saat awal musim semi dan akhir musim dingin, setelah itu betina akan mengandung bayi Lynx selama 2 bulan lalu melahirkan 4-6 ekor anak.

Betina menyusui anak-anaknya hingga umur satu bulan, tepatnya ketika mereka bisa memakan daging sebagai asupan makanan utama. Kemudian mereka hidup bersama dalam waktu singkat sebelum akhirnya berpencar dan berjelajah masing-masing.

6. Hewan nokturnal yang menghabiskan waktu siang dengan bersantai

Kenalan dengan Lynx, Si Kucing Lucu nan Kekar yang Mirip Serigalafanpop.com

Lynx akan memulai perburuannya ketika matahari sudah tenggelam. Selama siang hari Lynx mengisi energi dengan tidur atau bersantai. Gak heran kalau mereka banyak ditakuti dan sukses jadi predator menakutkan karena lihai menyelinap di waktu malam. 

Eksotis banget ya kucing hutan yang satu ini? Meskipun fluffy dan menggemaskan tapi tatapan matanya bisa bikin orang lain ketakutan nih.

Baca Juga: 11 Fakta Menarik tentang Ikan Piranha, Tak Seseram yang Dibayangkan 

alys Photo Community Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You