Comscore Tracker

10 Hiu Teraneh di Dunia Ditemukan Para Ilmuwan, Berikut Penampakannya

Wah, kalo tiba-tiba ketemu mereka gimana ya...

Seperti yang kita tahu, laut merupakan salah satu aspek terindah dalam hidup ini. Warnanya yang biru seolah-olah membuat kita menjadi tenang ketika memandangnya. Namun, di balik keindahannya itu, laut juga sekaligus menjadi tempat yang mengerikan nan mencekam.

Bagaimana tidak, di dalamnya, laut menyimpan berbagai makhluk yang mengerikan dan aneh. Salah satunya adalah hiu. Jika kamu merasa sudah pernah melihat semua spesies hiu, maka kamu salah. Pasalnya, banyak sekali jenis hiu yang tidak mudah ditemukan begitu saja oleh manusia, terutama hiu-hiu berbentuk aneh ini. Berikut beberapa penampakan hiu teraneh di dunia versi Sharkwater.

1. Megamouth Shark

10 Hiu Teraneh di Dunia Ditemukan Para Ilmuwan, Berikut PenampakannyaSharkwater.com

Megamouth Shark mempunyai mulut yang sangat besar hingga dapat melahap banyak manusia sekaligus. Meskipun begitu, rupanya hiu jenis ini hanya memakan plankton saja.

Usut punya usut, Megamouth Shark sangat jinak dan sulit ditemukan. Ukuran badan terpanjang yang tercatat untuk hiu ini mencapai 7,62 meter di mana kala itu ditemukan di California.

2. Goblin Shark

10 Hiu Teraneh di Dunia Ditemukan Para Ilmuwan, Berikut PenampakannyaJLplusAL

Goblin Shark adalah satu-satunya jenis hiu dari keluarga mitsukurina yang masih tersisa. Sebab, hiu ini sudah ada sejak 125 juta tahun silam. Goblin Shark menjadi salah satu hiu teraneh karena warnanya, ada yang berwarna abu-abu mendekati pink, dan ada pula yang berwarna pink permen karet. 

Hebatnya, hiu ini dapat dengan mudah melahap mangsanya. Karena, Goblin Shark mampu memanjangkan moncongnya untuk memudahkannya menangkap mangsanya. Lebih-lebih, mulut mereka dapat terbuka hingga 111 derajat.

3. Basking Shark

10 Hiu Teraneh di Dunia Ditemukan Para Ilmuwan, Berikut Penampakannyasharkwater.com

Basking Shark merupakan jenis ikan terbesar kedua di dunia. Hiu ini bisa mencapai ukuran hingga 6 sampai 8 meter jika sudah dewasa. Kemudian, mulutnya juga bisa terbuka sangat lebar, yaitu mencapai 1 meter. Sama seperti Megamouth Shark, hiu ini juga hanya memakan plankton.

4. Viper Dogfish

10 Hiu Teraneh di Dunia Ditemukan Para Ilmuwan, Berikut Penampakannyasharkwater.com

Kamu tidak akan menyangka kalau ikan yang satu ini adalah hiu. Ya, Viper Dogfish adalah salah satu hiu teraneh yang pernah ada. Sebab, mereka hanya dapat ditemukan di lautan bagian dalam.

Menariknya, Viper Dogfish memiliki cahaya di bagian bawah tubuhnya. Lalu, giginya yang berbentuk seperti jarum dan mulutnya yang bisa memanjang memudahkan mereka untuk mencari mangsa.

5. Whale Shark

10 Hiu Teraneh di Dunia Ditemukan Para Ilmuwan, Berikut Penampakannyasharkwater.com

Whale Shark atau Hiu Paus pasti sudah tidak asing lagi bagi kamu. Sebab, hiu ini merupakan salah satu ikan terbesar di dunia. Lihat saja, Hiu Paus bisa tumbuh hingga 12 meter, setara dengan panjang dari bus! Selain itu, hiu ini mampu membuka mulutnya hingga 1,5 meter dan menampakkan deretan giginya yang berjumlah kurang lebih 300. 

Tapi tenang, meskipun ukurannya sangat besar, tapi dia tidak akan memakan kamu kok. Sebab, Hiu Paus hanya doyan makan plankton. Apalagi hiu ini terkenal dengan sifatnya yang sangat lembut.

Baca Juga: Wow, Hiu Ternyata Juga Bisa Punya Sahabat Sejati Seperti Kita!

6. Greenland Shark

10 Hiu Teraneh di Dunia Ditemukan Para Ilmuwan, Berikut Penampakannyasharkwater.com

Greenland Shark hanya bisa ditemui di bagian laut dalam Kutub Utara dan Atlantik Utara. Uniknya, mereka dapat bertahan hidup di kedinginan -1 hingga -10 derajat celcius sekalipun.

Kendati begitu, daging Greenland Shark beracun sehingga masyarakat di Islandia yang sering mengonsumsi hiu ini harus memprosesnya selama berbulan-bulan sebelum dapat dimakan. Tidak hanya itu, para ilmuwan juga menyatakan kalau hiu jenis ini memiliki umur panjang, yaitu 272 sampai 512 tahun. Kebayang gak tuh keriputnya gimana?

7. Largetooth Sawfish

10 Hiu Teraneh di Dunia Ditemukan Para Ilmuwan, Berikut Penampakannyasharkwater.com

Hiu ini sangat aneh dan unik jika dilihat dari bentuknya. Bagaimana tidak, mulutnya saja sudah berbentuk seperti gergaji. Meski demikian, mulutnya itu bukan hanya sekadar hiasan, melainkan menjadi 'gergaji' dengan segudang fungsi.

Bermodalkan mulut yang unik itu, Largetooth Sawfish bisa mendeteksi pergerakan mangsanya. Tidak hanya itu, mulutnya yang berbentuk gergaji ini juga bisa digunakan untuk menggali dan melindungi diri mereka dari para pemangsa. Kemudian, hiu ini juga memiliki ukuran badan yang panjang, mereka bisa tumbuh hingga 6,5 meter atau lebih.

8. Frilled Shark

10 Hiu Teraneh di Dunia Ditemukan Para Ilmuwan, Berikut Penampakannyasharkwater.com

Frilled shark menjadi salah satu spesies hiu teraneh karena bentuknya yang menyerupai ular. Selain itu, mereka juga sangat langka dan hanya bisa ditemukan di kedalaman hingga 1.500 meter dari permukaan laut.

Ukuran badannya pun melebihi tubuh orang dewasa, yaitu lebih dari 2 meter. Berbekal lebih dari 300 gigi di mulutnya, Frilled Shark mampu memakan mangsa yang memiliki ukuran setara dengan setengah badannya sekalipun.

9. Cookiecutter Shark

10 Hiu Teraneh di Dunia Ditemukan Para Ilmuwan, Berikut Penampakannyasharkwater.com

Meskipun badannya sangat kecil, tapi jangan salah loh. Sebab, gigi yang Cookiecutter Shark miliki lebih besar daripada spesies hiu lainnya. Kemudian, hiu ini juga memiliki kemampuan dengan mengandalkan kulitnya yang aneh. Karena, kulit mereka mampu bersinar yang membuat mangsanya tertarik untuk mendatanginya.

10. Ornate Wobbegong

10 Hiu Teraneh di Dunia Ditemukan Para Ilmuwan, Berikut Penampakannyasharkwater.com

Sekilas hiu ini terlihat hanya seperti karang biasa ya? Jika iya, maka penyamaran Ornate Wobbegong sukses dilakukan. Sebab, hiu jenis ini memang sengaja berkamuflase hingga menyerupai karang. Jadi, mereka hanya diam di satu tempat sambil menunggu mangsanya datang.

Ketika mangsanya datang, hiu ini dengan sigap akan melahapnya. Setelah itu, Ornate Wobbegong akan mendiamkannya di dalam mulutnya selama beberapa waktu hingga mangsa itu mati.

Itu dia pembahasan dan potret beberapa hiu teraneh di dunia. Setelah melihat dan membaca ini, menurut kamu hiu mana yang paling aneh?

Baca Juga: Hiu Gak Selalu Memangsa Manusia, Simak 7 Fakta Tentang Ikan Besar Ini!

Topic:

  • Adhyasta Dirgantara
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You