Comscore Tracker

Hiu Gak Selalu Memangsa Manusia, Simak 7 Fakta Tentang Ikan Besar Ini!

Justru hiu yang harusnya takut sama manusia

Sampai saat ini, reputasi hiu di mata manusia masih dianggap sebagai ikan ganas dan mengerikan. Terlebih saat banyak bermunculan film-film berbau hiu, seperti Jaws, The Shallows, dan ada juga The Meg. Secara alami, apakah benar hiu menyerang dan memangsa manusia? Simak beberapa faktanya berikut ini!

1. Meski mengerikan, hiu jarang menyerang manusia

Hiu Gak Selalu Memangsa Manusia, Simak 7 Fakta Tentang Ikan Besar Ini!theloop.ca

Dilansir dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), hanya belasan dari 300 spesies ikan hiu yang tercatat menyerang manusia. Secara umum, hiu gak memakan manusia loh!

2. Hiu telah berevolusi jutaan tahun sebelum manusia ada

Hiu Gak Selalu Memangsa Manusia, Simak 7 Fakta Tentang Ikan Besar Ini!ntnews.com.au

Hiu adalah salah satu hewan purba. Hiu sudah berevolusi jutaan tahun sebelum manusia ada di bumi. Itu sebabnya, manusia bukan bagian dari makanan mereka.

3. Hiu lebih suka memangsa ikan kecil atau mamalia laut

Hiu Gak Selalu Memangsa Manusia, Simak 7 Fakta Tentang Ikan Besar Ini!sharkopedia.discovery.com

Pada dasarnya hiu lebih suka memangsa ikan dan invertebrata kecil. Sementara, hiu yang lebih besar akan memangsa anjing laut, singa laut, dan mamalia laut lainnya. Menurut Peter Kimley dari University of California hiu gak suka makan manusia karena gak cukup enak. Selain itu karena hiu gak terbiasa makan manusia.

Baca Juga: Mau Nonton The Meg? Simak Dulu 5 Fakta Ilmiah dari Megalodon Ini!

4. Hiu kadang menyerang saat bingung atau ingin tahu

Hiu Gak Selalu Memangsa Manusia, Simak 7 Fakta Tentang Ikan Besar Ini!narrative.ly

Saat melihat manusia menceburkan diri ke air, hiu kadang mencoba mencari tahu. Serangan yang dihasilkan pun sebenarnya gak sengaja. Selain itu, dalam air keruh kadang hiu gak bisa membedakan manusia dengan mangsa yang ia serang.

Ketika menggigit manusia, hiu akan membebaskannya dan mencari mangsa yang lain. Itu karena hiu memiliki ujung syaraf di giginya. Syaraf tersebut berguna untuk membedakan mangsa yang kaya kalori dan lemak. Sementara, manusia gak dianggap demikian.

5. Hiu juga bisa menyerang karena perubahan cuaca

Hiu Gak Selalu Memangsa Manusia, Simak 7 Fakta Tentang Ikan Besar Ini!thoughtco.com

Meski begitu, pernah ada kasus hiu menyerang manusia karena perubahan cuaca. Salah satunya yang terjadi di Carolina Utara. Di sana puncak musim panas berlangsung lebih awal sehingga laut lebih hangat dari biasanya.

Hal itu membuat hiu berdatangan, sementara manusia pun banyak yang berwisata ke pantai. Saat kekeringan panjang di Carolina Utara pun, air hujan gak banyak mengalir ke laut. Itu membuat perairan pantai lebih hangat dan menarik kehadiran ikan-ikan sebagai mangsa hiu.

6. Sebenarnya hiu lebih takut dengan manusia

Hiu Gak Selalu Memangsa Manusia, Simak 7 Fakta Tentang Ikan Besar Ini!nationalgeographic.com

Salah satu alasan hiu menyerang manusia karena merasa terancam. Salah satunya, saat manusia berburu mereka untuk diambil daging, organ dalam, kulit dan siripnya yang terkenal jadi sup.

7. Hiu adalah bagian berharga dari ekosistem laut, sayangnya kini beberapa spesies sudah terancam punah

Hiu Gak Selalu Memangsa Manusia, Simak 7 Fakta Tentang Ikan Besar Ini!factretriever.com

Penangkapan massal yang dilakukan oleh manusia tentunya mengancam keberadaan hiu. NOAA sendiri sampai saat ini terus melakukan penelitian tentang habitat, pola migrasi, perubahan populasi hiu untuk melindungi dan mempertahankan populasinya agar tetap stabil.

Setelah tahu fakta sebenarnya tentang hiu, kamu masih percaya hiu menyerang manusia? Daripada ketakutan, mending kamu ikut dukung kampanye anti perburuan hiu liar. Bayangkan saja, hiu diburu sekadar buat sup dengan "penyembelihan" yang sangat menyiksanya. Kasihan kan?

Baca Juga: Manusia Jadi Bisa Bernafas di Air seperti Aquaman? Ini Cara Canggihnya

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya