Comscore Tracker

7 Artefak Bersejarah yang Ditemukan secara Tidak Sengaja

Tidak sengaja gali, malah untung besar!

Dalam bidang arkeologi, manusia mencoba mencari tahu sejarah leluhur dan peradaban pada masa lampau. Sering kali, hal ini diketahui dari berbagai fosil dan artefak yang ditemukan saat penggalian, baik besar maupun kecil.

Nah, dari berbagai temuan arkeologi yang tersistem, ternyata, ada beberapa temuan arkeologi yang tidak sengaja ditemukan dan berpengaruh besar di ilmu pengetahuan modern. Dari patung terakota sampai mumi tertua di dunia, inilah 7 artefak bersejarah yang ditemukan secara tak sengaja!

1. Gua Lascaux

7 Artefak Bersejarah yang Ditemukan secara Tidak Sengajalukisan hewan di Gua Lascaux, Prancis (wikimedia.org)

Pada September 1940 di dekat Montignac, Prancis, seorang pemuda bernama Marcel Ravidat kaget saat anjing peliharaannya, Robot, jatuh ke sebuah lubang dan berhasil selamat. Lalu, Marcel kembali ke lubang tersebut bersama Jacques Marsal, Georges Agnel, dan Simon Coencas.

Setelah menelusuri terowongan gua sepanjang 15 meter, mereka menemukan dinding gua yang dipenuhi oleh lebih dari 600 ukiran dan gambar hewan. Pertama kali dirahasiakan, kabar mengenai gua ini akhirnya tersebar hingga ke telinga arkeolog Prancis, Henri Édouard Prosper Breuil, yang menelusuri gua tersebut di bulan yang sama.

Gua ini jadi wisata publik pada 1948. Konon, usia lukisan dan ukiran di Gua Lascaux ini sekitar 17.000 tahun. Namun, karena pengaruh polusi dan kelembapan udara, gua ini ditutup pada 1963. Pada 1979, Gua Lascaux dinobatkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO karena seni prasejarah di dinding gua tersebut.

2. Patung terakota pasukan Qin

7 Artefak Bersejarah yang Ditemukan secara Tidak Sengajapatung terakota pasukan Qin di China (wikimedia.org)

Pada Maret 1974, seorang petani China, Yang Zhifa (杨志发), beserta lima saudara serta seorang tetangganya, tengah menggali sumur yang berlokasi 1,5km dari kuburan Qin Shi Huang (秦始皇), kaisar pertama dalam sejarah China. Mereka menemukan ribuan patung-patung tentara skala nyata yang saat ini dikenal sebagai Tentara Terakota (兵马俑).

Saat digali lebih dalam, situs ini memuat sekitar 8.000 patung tentara, lengkap dengan ratusan kereta kuda dan pasukan berkuda. Setelah diteliti oleh para arkeolog, patung-patung ini dibuat pada abad ke-3 SM untuk "menemani" Kaisar Qin di alam baka.

Amat detail patung-patung ini memiliki ekspresi mukanya sendiri-sendiri! Para patung terakota ini sebenarnya adalah bagian dari nekropolis untuk Kaisar Qin seluas 98m persegi. Dianggap sebagai salah satu temuan arkeologi paling berharga di China, UNESCO menobatkannya sebagai Situs Warisan Dunia pada 1987.

3. Patung Venus de Milo

7 Artefak Bersejarah yang Ditemukan secara Tidak Sengajapatung Venus de Milo di Museum Louvre, Prancis (wikimedia.org)

Diciptakan pada abad ke-2SM, patung pualam setinggi lebih dari 2m ini menggambarkan sosok Dewi Cinta Aphrodite dan dipahat oleh seniman legendaris Yunani Kuno, Aleksandros (Ἀλέξανδρος) dari Antiokhia. Lalu, patung ini bak hilang ditelan Bumi.

Pada 1820, seorang petani di Pulau Milos, Yorgos Kentrotas, tak sengaja menemukan setengah badan patung tersebut saat tengah menggali batu bangunan dari reruntuhan bangunan kuno. Temuan ini menarik perhatian seorang tentara angkatan laut Prancis, Olivier Voutier, yang kemudian ikut menggali patung tersebut.

Olivier kemudian meminta Duta Besar Prancis untuk Kesultanan Utsmaniyah, Marquis de Riviere, untuk membeli patung tanpa lengan tersebut. Lalu, patung tersebut dipersembahkan kepada Raja Louis XVIII dan disumbangkan ke Museum Louvre, tempat ia bersemayam hingga saat ini.

Baca Juga: Tidak Terencana, Ini 5 Penemuan Besar yang Tak Sengaja Ditemukan

4. Batu Rosetta

7 Artefak Bersejarah yang Ditemukan secara Tidak SengajaBatu Rosetta di British Museum, Inggris (britishmuseum.org)

Saat berangkat ke Mesir pada 1798, Napoleon Bonaparte membawa 167 pakar sejarah dan ilmuwan untuk mengumpulkan relik dan mempelajari sejarah negara tersebut. Saat di Rosetta (Rashid masa kini) untuk memperkuat kota tersebut pada 1799, Letnan Pierre-François Bouchard dan bawahannya menemukan sebongkah batu basal besar. 

Diletakkan di British Museum, Inggris, sejak 1802, batu ini kemudian diteliti dan terlihat bahwa batu ini memiliki tiga tulisan yang sama dalam tiga aksara berbeda: Yunani, bahasa Mesir Kuno saat itu, dan Hieroglif. Saat Bahasa Yunani di batu tersebut sudah diterjemahkan pada 1803, para peneliti baru merilis terjemahan Hieroglifnya pada 1822.

Setelah diterjemahkan, diketahui bahwa batu ini berisi dekrit yang dikeluarkan oleh Ptolemaios V Epifanis. Dikenal sebagai salah satu temuan paling penting dalam bidang arkeologi dan sastra, batu Rosetta memperluas ilmu pengetahuan dan sastra manusia, terutama di bidang Mesir Kuno.

5. Gulungan Laut Mati

7 Artefak Bersejarah yang Ditemukan secara Tidak SengajaGulungan Laut Mati (aish.com)

Pada 1947, para pemuda Badui (Muhammed edh-Dhib, Jum'a Muhammed, dan Khalil Musa) tengah menggembalakan domba di sekitar Gua Qumran, Gurun Yudea. Ternyata para pemuda tersebut menemukan tujuh guci yang berisi gulungan berbahan papirus dengan Bahasa Yahudi dan Aram yang saat ini disebut sebagai Gulungan Laut Mati.

Tak diketahui harganya, para Muhammed dan saudaranya kemudian menjual gulungan tersebut dengan harga murah. Siapa sangka, ternyata gulungan tersebut menjadi salah satu relik paling berharga dalam kepercayaan Nasrani dan Yahudi. Gulungan Laut Mati berkontribusi besar terhadap isi Perjanjian Lama di Alkitab.

Menjadi salah satu temuan arkeologi terbesar di abad ke-20, Gulungan Laut Mati bersemayam di dua tempat, Israel Museum di Yerusalem dan Jordan Museum di Amman. Hingga saat ini, kepemilikan Gulungan Laut Mati masih diperdebatkan antara Israel, Yordania, dan Palestina.

6. Bongkahan kapal Uluburun

7 Artefak Bersejarah yang Ditemukan secara Tidak Sengajabongkahan kapal Uluburun di pesisir Laut Mediterania, Turki (peterborougharchaeology.org)

Pada 1982, seorang pencari bunga karang di Turki, Mehmet Çakir, tengah berenang di Laut Mediterania, tepatnya pesisir Uluburun. Bukannya spons, Mehmet menemukan sebuah bongkahan kapal di kedalaman lebih dari 50m. Menurut para peneliti, bongkahan kapal Uluburun ini bisa ditelusuri kembali hingga abad ke-14SM.

Lalu, selama 10 tahun (1984 sampai 1994), lebih dari 22.000 penyelam dan arkeolog ikut penelitian bongkahan kapal tersebut. Hasilnya, mereka menemukan berbagai harta karun, mulai dari kotak harta dari Masa Perunggu Akhir hingga perhiasan dengan nama Ratu Nefertiti dari Mesir, persenjataan, dan sisa makanan dari zaman tersebut.

Konon, kapal ini tengah berlayar ke Siprus sebelum tenggelam. Akan tetapi, melihat temuan harta karun yang mengandung aspek budaya Asyur, Kanaan, hingga Mesir, kapal ini diduga milik seorang pedagang dengan bawahan yang beragam latar belakangnya.

7. Ötzi

7 Artefak Bersejarah yang Ditemukan secara Tidak Sengajapemeriksaan terhadap mumi Ötzi (smithsonianmag.com)

Pada September 1991, pasangan Jerman, Erika dan Helmut Simon, tengah hiking di Alpen Ötztal, pegunungan yang membentang dari Austria hingga Italia. Mereka lalu menemukan sebuah jenazah berkulit cokelat yang disangka seorang pendaki gunung yang baru meninggal. Karena ditemukan di Alpen Ötztal, jenazah ini disebut Ötzi.

Setelah digali dan diselamatkan, Ötzi diteliti oleh tenaga medis hingga arkeolog. Kesimpulan akhir, usia Ötzi diprakirakan sudah 5.000 tahun yang lalu, atau hidup sejak abad ke-4SM. Berdasarkan mata panah yang ada di pundak kirinya, Ötzi diduga dibunuh dan wafat akibat kehabisan darah.

Temuan Ötzi mengukuhkan posisinya sebagai mumi tertua di Bumi yang berasal dari Zaman Tembaga. Saat ini, tubuh dan bawaan Ötzi dipajang di South Tyrol Museum of Archaeology, Italia.

 

Itulah beberapa temuan arkeologi yang ditemukan secara tidak sengaja. Dari temuan-temuan ini, mana yang menurutmu paling mengejutkan kisahnya? Jangan lupa minta izin dulu, ya, sebelum menggali!

Baca Juga: 20 Harta Karun yang Belum Ditemukan sampai Sekarang

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya