30 Foto Luar Angkasa yang Mengubah Dunia Astronomi

Memberi wawasan luar angkasa kepada Bumi

Saat manusia sudah menemukan cara mengudara, mereka pun memiliki mimpi naik ke langit dan menjelajahi hal-hal lain di luar Bumi. Apa yang ada di atas langit? Apakah ada kehidupan lain selain di Bumi?

Sejak Rusia berhasil meluncurkan Yuri Gagarin ke luar angkasa pada 1961, bangsa-bangsa berkompetisi menjadi yang paling update soal alam semesta di luar Bumi. Sampai pada 1969, manusia mencetak sejarah baru saat astronaut Amerika, Neil Armstrong, berhasil menginjakkan kakinya di Bulan dengan Apollo 11.

Bagaimana cara mereka mengabadikan buktinya? Dengan gambar! Salah satu instrumen paling berharga selama penjelajahan luar angkasa adalah kamera. Dengan kamera, para astronaut/kosmonaut dapat menangkap gambar untuk menceritakan hal-hal yang tidak dapat dikatakan dalam jurnal tertulis.

Tertarik melihat bukti-bukti kemajuan astronomi Bumi? Inilah 30 foto bersejarah dari penjelajahan luar angkasa yang turut menginspirasi manusia Bumi agar terus mengembangkan ilmu antariksa. Tenang saja. Kualitasnya HD, kok!

1. Dalam Teori Relativitas-nya pada 1916, Albert Einstein mengatakan cahaya dapat dibelokkan oleh gravitasi matahari. Dunia tak percaya! Akhirnya, tim astronom Inggris dan Prancis, Sir Arthur Eddington, Sir Frank Watson Dyson, dan Andrew Crommelin berhasil mengabadikan gambar gerhana matahari pada 1919. Diambil dari dua lokasi berbeda (Afrika Barat dan Prancis) via pelat kaca, Eddington menandai lokasi di mana bintang seharusnya terlihat selama gerhana, namun tak muncul. Dengan kata lain, teori Einstein terbukti benar!

30 Foto Luar Angkasa yang Mengubah Dunia AstronomiGerhana matahari 1919 dan lokasi prakiraan bintang selama gerhana, Sir Arthur S. Eddington (1919). eso.org

Baca Juga: 8 Fakta tentang Makanan Luar Angkasa yang Harus Kalian Tahu

2. Pada 1923, astronom Amerika, Edwin P Hubble, berhasil mengambil citra galaksi Andromeda M31 melalui media plat kaca. Setelah diteliti lebih lanjut, Hubble menemukan bahwa kilau salah satu bintang berbeda dari malam sebelumnya, sehingga bintang tersebut adalah bintang variabel yang dapat digunakan menghitung jarak. Senang, Hubble menuliskan "VAR!" yang artinya "variable". Dari situ, ia menyimpulkan bahwa terdapat galaksi dan nebula di luar Bumi, bahkan tata surya

30 Foto Luar Angkasa yang Mengubah Dunia AstronomiPlat kaca M-31 dan VAR, Edwin P. Hubble (1923). obs.carnegiescience.edu

3. Beroperasi pada 1958-1968, inilah foto Neil Armstrong muda, satu dari 12 pilot X-15, bersama pesawat jet hipersonik X-15 yang diabadikan pada 1960. Untuk penelitian antariksa, pesawat X-15 terbang hingga 199 kali dan dapat terbang hingga "Garis Karman" atau garis pembatas Bumi dan luar angkasa!

30 Foto Luar Angkasa yang Mengubah Dunia AstronomiNeil Armstrong dan pesawat jet hipersonik X-15 (1960). airandspace.si.edu

4. Kosmonaut wanita asal Rusia, Valentina Tereshkova, menjadi wanita termuda dan yang pertama yang pergi ke luar angkasa dalam misi solo pada Juni 1963 dengan Vostok 6. Ia menghabiskan waktu tiga hari di luar angkasa dan mengitari Bumi hingga 48 kali

30 Foto Luar Angkasa yang Mengubah Dunia AstronomiValentina Tereshkova saat memasuki Vostok 6 pada Juni 1963. blog.sciencemuseum.org.uk

5. Spacewalk pertama yang berhasil diabadikan dicatat oleh Ed White dalam misi Gemini 4 pada 1965 di orbit Bumi. Meskipun begitu, kosmonaut Alexei Leonov adalah yang pertama melakukannya, tiga bulan sebelum White, dengan Voskhod 2

30 Foto Luar Angkasa yang Mengubah Dunia AstronomiEd White melayang di luar Gemini 4, 1965. nssdc.gsfc.nasa.gov

6. Nahasnya, Ed White adalah salah satu korban pada insiden kecelakaan Apollo 1 pada 1967, yang membuat NASA harus mundur beberapa langkah dari misi ke Bulan. Saat itu, api menyala di kokpit Apollo 1 dan mereka terlambat diselamatkan. Selain Ed, dua astronaut lain, Virgil Gus Grissom & Roger Chafee, ikut menjadi korban

30 Foto Luar Angkasa yang Mengubah Dunia AstronomiKokpit Apollo 1 yang terbakar (1967), history.nasa.gov

7. Earthrise, gambar Bumi dari luar angkasa pertama yang diabadikan astronaut William Anders dalam misi Apollo 8 pada 1968 untuk mengitari orbit bulan sebelum kembali ke Bumi. Dalam foto ini, dataran Bulan yang gersang dan kegelapan alam semesta pun tertangkap jelas

30 Foto Luar Angkasa yang Mengubah Dunia AstronomiEarthrise, William Anders (1968). nasa.gov

8. Diabadikan dalam misi Apollo 11 pada 1969, astronaut pada foto ini adalah Buzz Aldrin saat menemani Neil Armstrong (terlihat dari pantulan helm Aldrin) berjalan di Bulan.

30 Foto Luar Angkasa yang Mengubah Dunia AstronomiBuzz Aldrin di Bulan, Neil Armstrong (1969). nasa.gov

9. Jejak sepatu bot Buzz Aldrin di Bulan yang diabadikan saat misi Apollo 11 pada 1969. Gambar ini memberikan informasi mengenai kondisi tanah di Bulan dan bukti bahwa manusia (dari Amerika) telah menginjakkan kakinya di Bulan

30 Foto Luar Angkasa yang Mengubah Dunia AstronomiJejak sepatu bot Buzz Aldrin, 1969. nasa.gov

10. Blue Marble, foto utuh bundarnya Bumi bak kelereng biru yang diabadikan kru Apollo 17 pada 1972. Sekadar catatan, Apollo 17 adalah misi terakhir Apollo ke Bulan. Di foto ini, terlihat kawasan pesisir Laut Mediterania hingga lapisan es Kutub Selatan Antartika

30 Foto Luar Angkasa yang Mengubah Dunia AstronomiBue Marble, Apollo 17 (1972). nasa.gov

11. Inilah Skylab, stasiun luar angkasa pertama NASA yang beroperasi pada May 1973 - Februari 1974. Sebenarnya, Skylab hampir saja hancur saat pertama kali mengorbit karena perisai surya/meteorit terkoyak saat peluncuran. Untungnya, kru dengan sigap memasang layar pelindung

30 Foto Luar Angkasa yang Mengubah Dunia AstronomiStasiun luar angkasa Skylab dengan layar pelindung matahari berwarna kuning (1974). nasa.gov

12. Saat misi ke-3 dan terakhir Skylab dalam memantau Matahari, stasiun luar angkasa tersebut menangkap aktivitas "Suar Matahari" (solar flare) pada 1973. Salah satu fenomena surya yang ditunggu-tunggu, suar tersebut memanjang hingga 588.000 kilometer dari permukaan Matahari! Selama beroperasi, Skylab telah mengabadikan 8 foto solar flare

30 Foto Luar Angkasa yang Mengubah Dunia AstronomiSuar Matahari tertangkap Skylab (1973). commons.wikimedia.org

13. Mendarat di Mars pada 20 Juli 1976, Viking 1 menjadi wahana antariksa terlama di Mars dengan waktu hingga lebih dari 6 tahun! Inilah bukti bahwa Viking 1 mendarat dengan selamat di permukaan "Planet Merah" tersebut

30 Foto Luar Angkasa yang Mengubah Dunia AstronomiViking 1 mendarat di Mars, Viking 1 (1976). photojournal.jpl.nasa.gov

14. Sesudah Viking 1, wahana antariksaViking 2 juga mendarat di Mars pada 3 September 1976. Selain itu, Viking 2 juga berhasil mengabadikan gambar berwarna permukaan Mars. Langit Mars terlihat berwarna merah muda dikarenakan debu di Mars yang berwarna merah terperangkap di atmosfer

30 Foto Luar Angkasa yang Mengubah Dunia AstronomiGambar Viking 2 saat mendarat di Mars. mars.nasa.gov

15. Setelah 13 hari diluncurkan pada 5 September 1977 ke Jupiter, satelit Voyager 1 mengabadikan gambar yang menunjukkan Bumi dan Bulan yang terpisah lumayan jauh setelah berada hampir 12 juta kilometer di luar Bumi. Sekadar informasi, saat itu, Voyager 1 tepat berada di atas Gunung Everest, dan brightness Bulan di gambar tersebut sudah ditingkatkan agar bisa terlihat!

30 Foto Luar Angkasa yang Mengubah Dunia AstronomiBumi dan Bulan, Voyager 1 (1977). jpl.nasa.gov

16. Memprakirakan kemungkinan bahwa dua probe Voyager akan meninggalkan tata surya, astronom Amerika, dr. Carl Sagan, memprakarsai ide untuk membuat "album" tentang Bumi untuk peradaban luar angkasa yang menemukannya, berjudul "The Sound of Earth" atau "Suara Bumi". Jadi, sebelum peluncuran Voyager 1 & 2 pada 1977, dibuatlah sebuah piringan tembaga lapis emas yang diisi berbagai hal, dari kata sambutan dari 55 bahasa (termasuk Indonesia), gambar, dan melodi simfoni hingga lagu rock!

30 Foto Luar Angkasa yang Mengubah Dunia AstronomiPemasangan piringan "Sound of the Earth" oleh Carl Sagan di badan Voyager (1977). theconversation.com

17. Diabadikan oleh Voyager 1 pada 1979, inilah citra "Bintik Merah Raksasa" paling dekat di planet Jupiter. Ternyata, "bintik" tersebut adalah badai yang sangat besar, hingga mampu memuat hingga tiga Bumi di dalamnya! Foto ini membantu para ilmuwan memantau awan dan badai besar di planet terbesar di tata surya tersebut

30 Foto Luar Angkasa yang Mengubah Dunia AstronomiBintik Merah Raksasa Jupiter, Voyager 1 (1979). nasa.gov

18. Diabadikan pada 1979 oleh satelit Voyager 2 saat mengitari Jupiter, gambar ini menunjukkan permukaan berkerak salah satu dari empat "bulan" Jupiter, Europa. Menurut hipotesis, kerak-kerak tersebut bukan menandakan kekeringan, melainkan jalur es setebal 100 kilometer karena jauh dari Matahari!

30 Foto Luar Angkasa yang Mengubah Dunia AstronomiPermukaan Europa yang berkerak. jpl.nasa.gov

19. 12 April 1981 menandai sejarah baru saat pesawat ulang-alik luar angkasa, Space Transportation System-1 (STS-1) pertama kali meluncur dari AS. Salah satu astronaut, John Young, sudah pernah ke Bulan. Meluncur bak roket dan mendarat di Bumi bak pesawat biasa, STS-1 disebut sebagai wahana luar angkasa pertama yang dapat digunakan kembali. Hemat biaya!