Comscore Tracker

Bikin Merinding, Ini 5 Penghuni Sungai Amazon yang Paling Ditakuti

Berani liburan ke sungai Amazon? #IDNTimesScience

Nama sungai Amazon didapatkan pada tahun 1541, tepatnya dari seorang tentara Spanyol yang bernama Francisco de Orellana. Ia adalah orang Eropa pertama yang berhasil menjelajahi Amazon. Banyak keunikan-keunikan lain yang terdapat pada sungai yang memiliki debit air terbesar di dunia ini. Seperti memiliki ribuan anak sungai hingga fakta bahwa terdapat satwa-satwa liar yang unik sekaligus menyeramkan. 

Sama halnya dengan sungai Nil yang terkenal dengan keberagaman hayatinya, sungai Amazon juga merupakan rumah bagi lebih dari 2.000 spesies di dunia. Tapi, dari banyaknya spesies yang berada di dalamnya ada beberapa yang paling ditakuti bahkan dihindari. Nah, berikut 5 penghuni sungai Amazon yang paling ditakuti, visualnya bikin merinding. Let's check this out!

1. Ikan piranha

Bikin Merinding, Ini 5 Penghuni Sungai Amazon yang Paling Ditakuti(instagram.com/piranhaswithaattitude)

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis ikan yang satu ini. Ikan piranha memang sudah terkenal keganasannya, maka tak heran jikan hewan satu ini sering dipertontonkan di berbagai film. 

Ikan piranha seolah menjadi simbol dari sungai Amazon, karena disebut sebagai salah satu hewan paling berbahaya di daerah tersebut. Jika kalian jatuh ke dalam kubangan ikan piranha, siap-siap tubuh kalian akan langsung lenyap habis tanpa tulang. Serem ya. 

2. Ikan candiru

Bikin Merinding, Ini 5 Penghuni Sungai Amazon yang Paling Ditakuti(instagram.com/animalpeligroso)

Baca Juga: 10 Sungai di Indonesia yang Mirip dengan Sungai Amazon, Keren Banget!

Memiliki ukuran yang kecil, ikan Candiru ternyata cukup berbahaya untuk manusia. Jika kalian membuang urin di sungai Amazon, hal ini akan langsung memancing datangnya ikan candiru karena ikan ini sangat tertarik dengan air seni. Ikan candiru akan masuk melalui saluran urin untuk menghisap darah sang korban. Bahkan seseorang sampai melakukan operasi untuk segera mengeluarkan ikan kecil ini dari saluran urinnya.

3. Belut listrik

Bikin Merinding, Ini 5 Penghuni Sungai Amazon yang Paling Ditakuti(instagram.com/belleisleaquarium)

Jika kalian bertemu dengan belut listrik, kalian wajib banget jaga jarak dengan hewan yang satu ini. Memiliki panjang 2,5 meter dan belut ini mampu menghantarkan aliran listrik dengan kekuatan 600 volt kepada mangsanya. Beberapa kasus yang terjadi di sungai Amazon adalah orang hilang karena diserang dengan sengatan listrik dari belut ini, pingsan, lalu hanyut di aliran sungai.

4. Caiman hitam

Bikin Merinding, Ini 5 Penghuni Sungai Amazon yang Paling Ditakuti(instagram.com/fauna_gallery)

Caiman hitam merupakan buaya yang dapat tumbuh hingga mencapi ukuran 6 meter, lho. Hewan ini juga salah satu penghuni sungai Amazon yang paling menakutkan. Berbeda dengan buaya nil, caiman justru memiliki ukuran lebih besar yang membuatnya disebut sebagai raja sungai. Caiman hitam memangsa apapun yang masuk ke dalam wilayah perairannya, entah itu manusia, piranha, kera, rusa, atau bahkan anaconda.

5. Anaconda hijau

Bikin Merinding, Ini 5 Penghuni Sungai Amazon yang Paling Ditakuti(instagram.com/puget.sound.pythons)

Baca Juga: 5 Fakta Unik Keanekaragaman Satwa di Indonesia, Bikin Takjub! 

Sungai Amazon merupakan habitat asli bagi ular terbesar di dunia yaitu anaconda. Anaconda betina memiliki tubuh yang jauh lebih besar dari du jantan, yaitu berat 250 kilogram, dengan panjang 9 meter dan diameter tubuh 30 cm. Walaupun tidak memiliki racun, ular ini mampu melilit tubuh mangsanya hingga mati lemas karena kekurangan oksigen. 

Nah, itulah 5 penghuni sungai Amazon yang paling ditakuti. Jika berkunjung ke sungai Amazon, pastikan kalian tidak bertemu dengan beberapa hewan di atas ya.

 

Alvina Putri Rahmanita Photo Verified Writer Alvina Putri Rahmanita

Hello:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya