TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kenapa Orang Eropa Tinggi? Ternyata Bukan Faktor Ras Lho

Padahal dulu tingginya sama kayak orang Asia

ilustrasi orang-orang (freepik.com/freepik)

Sebagai orang Asia, pernahkah kamu bertanya-tanya kenapa orang Eropa tinggi? Perbedaan tinggi badannya pun bisa dibilang cukup jauh. Bahkan tidak sedikit yang menganggap 'genetik baik' ini ialah ciri ras kaukasoid alias kulit putih.

Faktanya, tinggi badan semampai ini tidak dimiliki ras tersebut pada generasi terdahulu. Kamu bisa melihatnya dari pakaian orang Eropa abad ke-19 yang ukurannya mirip orang Asia. Lantas, apa penyebab perubahan tersebut?

Baca Juga: Leluhur Bangsa Eropa, Ini 8 Fakta Unik Kaum Celt

Kenapa orang Eropa tinggi?

Jika mengunjungi museum yang menampilkan pakaian orang Eropa terdahulu, maka kamu dapat melihat kalau ukuran tingginya tidak jauh berbeda dengan orang Asia kini. Hal tersebut menunjukkan bahwa tubuh tinggi bukanlah ciri dari ras tertentu. Hal tersebut mungkin terjadi akibat perubahan pada manusia.

Nah, kalau bukan ras, lalu apa faktor penyebabnya? Penelitian yang dilakukan oleh seorang Profesor Ekonomi di Essex University, Timothy J. Hatton, menunjukkan adanya pengaruh taraf ekonomi dan kesehatan terhadap perubahan tinggi badan orang Eropa.

Dalam makalah diskusi CEPR, Hatton menyimpulkan bahwa pendapatan per kapita membatu mengambil peran terhadap perbaikan taraf kehidupan. Hal tersebut mendukung berbagai hal, termasuk dari segi ekonomi. Orangtua yang mampu pun akan berupaya mengurangi kuantitas dan meningkatkan kualitas anak.

Faktor lainnya yakni pendidikan orangtua, pengetahuan tentang gizi dan kebersihan, serta aspirasi terhadap anak yang tinggi. Di luar itu, adanya reformasi sanitasi dan perbaikan tempat tinggal pun jadi alasan menurunnya tingkat kematian bayi. Ini menjadi bagian penting karena turunnya angka kematian bayi menunjukkan adanya perbaikan lingkungan yang berarti meningkatnya kualitas kesehatan.

Baca Juga: Kenapa Bule Tidak Bisa Jongkok? Berikut Penjelasannya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya