Comscore Tracker

6 Meteorit Paling Besar yang Pernah Ditemukan di Bumi

Amit-amit kalau sampai kejatuhan

Sering kali, ketika bebatuan dari luar angkasa melesat ke bumi, mereka akan terbakar habis di atmosfer sebelum mencapai tanah. Yang menguap akan menjadi meteor atau "bintang jatuh".

Hanya sedikit yang beruntung bisa mendarat di bumi sebagai meteorit. Begitu sampai di permukaan bumi, meteorit ini akan menjadi bebatuan yang bertahan selama ribuan tahun kecuali ketika ada kondisi alam tertentu yang ganas.

Meteorit bisa sangat besar, seperti yang menghantam bumi 63 juta tahun lalu yang menyapu bersih dinosaurus dan DA14 yang sudah mendekat tapi gak berhasil menghantam bumi di tahun 2013. Berikut adalah 6 meteorit paling besar yang pernah mendarat di bumi dan bertahan hingga saat ini.

1. Willamette

6 Meteorit Paling Besar yang Pernah Ditemukan di Bumicommons.wikimedia.org

Meteorit ini adalah yang terbesar yang pernah ditemukan di Amerika Serikat yaitu sebesar 84 kaki persegi (atau 7,8 meter persegi) panjangnya dengan berat sebesar 15,5 ton (atau 34.000 pon). Willamette terbentuk dari besi dan nikel, saat ini dipajang di American Museum of Natural History.

2. Mbozi

6 Meteorit Paling Besar yang Pernah Ditemukan di Bumicommons.wikimedia.org

Mbozi ditemukan di Tanzania pada tahun 1930-an. Panjangnya 3 meter dan beratnya diestimasikan 25 ton, atau hampir dua kali dari ukuran Willamette.

3. The Cape York Meteorite

6 Meteorit Paling Besar yang Pernah Ditemukan di Bumien.wikipedia.org

Meteorit terbesar ketika dalam sejarah adalah the Cape York meteorite. Meteorit ini menghantam bumi sekitar 10 ribu tahun yang lalu. Meteorit ini juga disebut dengan nama Agpalilik.

Baca Juga: Sosok Ini Jadi Firaun Wanita Pertama, Tapi Sejarahnya Berusaha Dihilangkan!

4. Bacubirito

6 Meteorit Paling Besar yang Pernah Ditemukan di Bumiflickr.com

Ini adalah meteorit terbesar yang pernah ditemukan di Meksiko. Besarnya Bacubirito sedikit lebih besar daripada Cape York. Meteorit ini ditemukan pada tahun 1863 oleh seorang geologis bernama Gilbert Ellis Bailey.

5. El Chaco

6 Meteorit Paling Besar yang Pernah Ditemukan di Bumicommons.wikimedia.org

Meteorit ini adalah meteorit terbesar kedua di dunia, dengan berat dua kali dari berat meteorit Bacubirito. Selain itu, meteorit ini ternyata hanya pecahan dari ukuran sebenarnya lho.

6. Hoba

6 Meteorit Paling Besar yang Pernah Ditemukan di Bumiupload.wikimedia.org

Meteorit terbesar di dunia adalah monster yang satu ini, dinamakan Hoba. Lokasinya di Namibia dan gak pernah dipindahkan dari tempat semulanya sekalipun. Hoba memiliki berat dua kali dari El Chaco, beratnya 60 ton. Dimensinya sebesar 6,5 meter persegi.

Ada beberapa nama meteorit lain yang dengan "sukses" dan "selamat" mencapai permukaan bumi menembus atmosfer yang ganas. Namun itulah 6 meteorit terbesar yang bertahan hingga saat ini. Amit-amit ya kalau sampai ada meteorit sebesar itu jatuh ke rumah kita. Jangan sampai deh!

Baca Juga: Baju Limbah Kedelai Buatan Wanita Jogja Ini Mendunia, Indonesia Bangga!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya