Comscore Tracker

5 Fakta Gharial, Buaya Eksotis yang Terancam Kepunahan

Buaya yang ini tinggal di perairan, bukan di rumah

Gharial menjadi salah satu jenis buaya yang endemik dari Asia Selatan, yang memiliki keunikan dengan moncong berbentuk pipih. Di mana umumnya buaya cenderung memiliki bentuk moncong yang besar dan kuat untuk menerkam mangsanya. Reptil bernama latin Gavialis gangeticus ini cenderung tidak banyak diketahui oleh banyak orang dan menjadi salah satu binatang eksotis di dunia. 

Tentunya menarik untuk melihat beberapa fakta dari Gharial ini, maka langsung saja simak yuk ulasannya ini.

1. Mempunyai habitat alami di India

5 Fakta Gharial, Buaya Eksotis yang Terancam Kepunahanzsl.org

Gharial merupakan reptil ordo Crocodilia yang masuk keluarga Gavialidae yang asli dari India dan Nepal. Selain itu binatang ini juga hanya ditemukan di beberapa cabang sungai yang ada di India utara dan Nepal saja, seperti Sungai Chambal, Girwa, Son dan Narayani.  Padahal sebelumnya juga ditemukan di berbagai sungai di India, Pakistan, Nepal dan Myanmar, seperti sungai Indus, Godavari dan Ayeyawari. 

2. Memiliki moncong yang pipih

5 Fakta Gharial, Buaya Eksotis yang Terancam Kepunahancosmosmagazine.com

Gharial juga mempunyai moncong yang berbeda dari kebanyakan buaya lainnya, di mana paruhnya berbentuk pipih, dengan gigi yang terlihat lebih runcing. Moncongnya yang pipih membuat reptil ini tidak berbahaya dan spesialis untuk berburu berbagai jenis ikan air tawar. Gharial juga cenderung banyak memangsa di dalam air, serta memiliki sensor di dalam moncongnya untuk mendeteksi gerakan-gerakan yang ada di dalam air. 

3. Termasuk buaya dengan ukuran cukup besar

5 Fakta Gharial, Buaya Eksotis yang Terancam Kepunahannews.mongabay.com

Reptil ini juga memiliki ukuran tubuh yang cukup besar, di mana panjang maksimumnya mencapai 6 meter, serta memiliki bobot mencapai 1 ton. Ukuran pejantannya jauh lebih besar dibandingkan dengan betinanya. Karena memiliki bobot yang cukup besar, maka reptil ini tidak dapat berjalan cepat di darat, namun dapat sangat agresif ketika berada di dalam air. 

Gharial hanya berada di daratan ketika suhu udara terlalu dingin, yang membuat hewan ini berjemur untuk memanaskan suhu tubuh. Sedangkan apabila suhu panas maka reptil ini jarang untuk ke daratan.

Baca Juga: 5 Fakta Sarcosuchus Imperator, Buaya Terbesar yang Pernah Hidup!

4. Memiliki telur terbesar dibandingkan buaya lainnya

5 Fakta Gharial, Buaya Eksotis yang Terancam Kepunahangenesispark.com

Bicara mengenai ukuran telur, maka gharial perlu diperhatikan karena reptil ini memiliki ukuran telur terbesar dibandingkan dengan jenis buaya lainnya. Bobot telurnya mencapai 0.5 kg, serta mampu menghasilkan 30-50 telur dalam sekali masa kawin. Buaya ini juga membuat sarang yang ada di pinggir sungai yang berbada dibandingkan dengan buaya lainnya yang ada di daratan.

Di samping itu, Gharial juga termasuk reptil dengan umur terpanjang di dunia, yang mana dapat hidup sampai usia 40-60 tahun lamanya.

5. Termasuk binatang terancam punah

5 Fakta Gharial, Buaya Eksotis yang Terancam Kepunahanpinterest.com

Sayangnya binatang eksotis ini termasuk salah satu binatang terlangka di India, yang keberadaannya semakin terancam. Bahkan populasinya di alam liar diperkirakan terus mengalami penurunan, akibat dari kerusakan lingkungan, populasi ikan yang semakin sedikit dan perburuan. Yang mana populasi gharial saat ini diperkirakan hanya berjumlah sekitar 400 ekor saja di alam liar.

Sedangkan status konservasi gharial masuk dalam critically endangered menurut IUCN Red List, yang membuatnya menjadi salah satu buaya terlangka saat ini. Selain itu gharial juga menjadi jenis keluarga Gavialidae terakhir yang masuk eksis hingga kini. 

Itu tadi fakta-fakta dari Gharial yang menjadi buaya langka dengan bentuk moncong pipih yang unik. Mari kita jaga ya buaya ini agar tidak punah. 

Baca Juga: 5 Hewan yang Gak Disangka Ternyata Suka Bermain, Buaya Juga Lho!

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya