Comscore Tracker

5 Spesies Antelope dengan Penampilan Paling Menawan, Ada Mirip Jerapah

Hewan yang punya ciri khas unik

Antelope merupakan hewan dengan ciri khas berkuku genap yang sebagian besar populasinya berhabitat di wilayah benua Afrika yang menempati daerah padang rumput sabana. Secara keseluruhan, antelope memiliki puluhan spesies dengan penampilan yang beranekaragam mulai dari ukuran tubuh, bentuk tanduk, corak bulu dan lain-lain.

Nah, dari sekian banyaknya spesies antelope yang tersebar di beberapa wilayah di dunia. Inilah lima spesies antelope dengan penampilan paling menawan dilansir dari laman Africafreak dan Outfuria, sebagai berikut.

1. Kudu

5 Spesies Antelope dengan Penampilan Paling Menawan, Ada Mirip JerapahKudu (en.wikipedia.org)

Daya tarik utama dari kudu terletak pada ukuran tanduknya yang besar dan berbentuk spiral. Selain itu, pada bagian tubuh hewan juga terdapat garis strip berwarna putih. Dilansir laman Africafreak, mereka merupakan spesies antelope terbesar ketiga di dunia yang mempunyai tinggi badan 1,6 meter dengan bobot mencapai 315 kilogram.

Untuk membedakan jenis kelamin, kudu betina tidak memiliki tanduk dan ukuran tubuhnya lebih kecil ketimbang jantan. Hewan ini dikenal akan sifatnya yang pemalu sehingga mereka sering bersembunyi di antara semak belukar jika merasa terusik oleh kedatangan manusia.

2. Sable

5 Spesies Antelope dengan Penampilan Paling Menawan, Ada Mirip JerapahSable (kidadl.com)

Populasi Sable dapat dengan mudah kamu temukan di Taman Nasional Ruaha di Tanzania dan Taman Nasional Kafue di Zambia. Tubuh hewan ini ditutupi bulu berwarna hitam dan putih pada bagian perut dan wajah. Sable sangat populer dengan bentuk tanduknya yang  panjang dan runcing.

Bahkan, seekor sable dewasa tanduknya bisa tumbuh sepanjang 1,5 meter yang membuat mereka terlihat mengagumkan. Untuk bertahan hidup, sable mengonsumsi berbagai jenis tumbuhan liar.

Baca Juga: 6 Hewan Berkantung Pipi, Gak Cuma Hamster!

3. Roan

5 Spesies Antelope dengan Penampilan Paling Menawan, Ada Mirip JerapahRoan (safarisafricana.com)

Dari segi fisik, roan hampir mirip dengan sable karena kedua hewan ini memang memiliki hubungan kekerabatan yang sangat dekat. Namun, roan mempunyai ukuran tanduk yang lebih pendek serta bulu berwarna coklat terang. Di sisi lain, telinga roan juga lebih panjang dan ditumbuhi bulu rumbai.

Penampilan roan yang unik terletak pada corak hitam di sekitar wajahnya yang membuat hewan ini seperti memakai topeng. Mereka menjadi spesies antelope yang wajib dilihat saat berkunjung ke Afrika.

4. Gerenuk

5 Spesies Antelope dengan Penampilan Paling Menawan, Ada Mirip JerapahGerenuk (isafiri.com)

Gerenuk juga dikenal dengan julukan antelope jerapah. Hal ini dikarenakan gerenuk memiliki leher yang panjang dan kurus jika dibandingkan spesies antelope lainnya. Selain itu, ciri khas gerenuk lainnya yaitu ukuran kepalanya yang kecil.

Dilansir dari laman Outforia, hewan ini memiliki indera pendengaran yang sangat tajam yang membuatnya selalu terlihat waspada. Sayangnya populasi generuk di alam liar dari tahun ke tahun semakin menurun drastis akibat perburuan liar.

5. Kirk’s dik-dik

5 Spesies Antelope dengan Penampilan Paling Menawan, Ada Mirip JerapahKirk’s dik-dik (en.wikipedia.org)

Kirk’s dik-dik hanya mempunyai tinggi badan 70 sentimeter serta berat 6 kilograms yang menobatkannya sebagai spesies antelope terkecil di dunia. Hewan ini dikenal akan sifatnya yang sangat pemalu sehingga mereka sering bersembunyi di antara semak-semak belukar.

Tubuh kirk’s dik-dik ditutupi bulu dengan perpaduan warna coklat dan abu-abu kekuningan. Yang uniknya, nama kirk’s dik-dik diambil berdasarkan suara yang dikeluarkan mamalia ini yang berbunyi dik dik.

Nah, itulah beberapa spesies antelope yang memiliki penampilan paling menawan. Dengan bentuknya yang sangat mencolok membuat mereka sangat mudah diidentifikasi di alam liar.

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya