Comscore Tracker

Ternyata Berwarna Transparan! Ini 5 Fakta Beruang Kutub Paling Unik

Fakta mana yang belum kamu tahu?

Beruang kutub atau polar bear  adalah jenis beruang paling besar dibanding jenis lain. Beruang kutub pun lebih ganas dibanding beruang cokelat maupun beruang hitam. 

Beruang kutub memandang manusia sebagai mangsa. Namun, tenang saja,  beruang kutub hidup di habitat khusus, yaitu di Kutub Utara yang cukup terisolasi. Dengan begitu, mereka hampir tidak pernah menyerang manusia. Berikut beberapa fakta unik tentang beruang kutub dilansir dari laman WWF. Simak, ya! 

1. Beruang kutub berkulit hitam, bukannya putih

Ternyata Berwarna Transparan! Ini 5 Fakta Beruang Kutub Paling Unikpixabay.com/echoyan

Banyak orang pasti berpikir bahwa beruang kutub berbulu putih bak salju. Namun, nyatanya tidak demikian. Beruang kutub memiliki kulit berwarna hitam. Sementara, bulu beruang kutub bersifat transparan dan memantulkan cahaya.

Itu sebabnya, bulunya terlihat berwarna putih. Hal ini sangat membantu beruang kutub untuk berburu mangsanya sebagai alat kamuflase.

2. Beruang kutub mampu berenang seharian tanpa merasa lelah

Ternyata Berwarna Transparan! Ini 5 Fakta Beruang Kutub Paling Unikpixabay.com/12019

Beruang kutub memiliki kemampuan yang cukup menarik, yakni dapat berenang selama berjam-jam dengan kecepatan yang stabil. Kecepatan berenangnya sekitar 10 kilometer per jam. Mereka melakukannya dengan menggunakan cakarnya yang besar dan difungsikan sebagai dayung. 

Baca Juga: Jangan Sampai Digigit! Ini 10 Hewan dengan Gigitan Terkuat di Dunia

3. Beruang kutub jantan berbobot setara dengan sepuluh pria

Ternyata Berwarna Transparan! Ini 5 Fakta Beruang Kutub Paling Unikpixabay.com/papafox

Beruang kutub jantan memiliki berat sekitar 680-800 kg dan dua kali lebih berat daripada beruang kutub betina. Beruang kutub juga memiliki panjang 3 meter. Bayangkan, betapa besar dan kuatnya beruang kutub. Hal ini menjadikan beruang kutub hewan karnivor terbesar yang masih hidup. 

4. Beruang kutub memiliki indra penciuman yang supertajam

Ternyata Berwarna Transparan! Ini 5 Fakta Beruang Kutub Paling Unikpixabay.com/aatlas

Beruang kutub mempunyai indra penciuman yang sangat tajam. Hal ini dimanfaatkan oleh sang beruang untuk memburu mangsanya, yakni anjing laut. Bahkan, dilansir dari Nat Geo Kids, mereka mampu mengendus mangsanya dari jarak 16 km! 

5. Beruang kutub pernah menjadi maskot Olimpiade

Ternyata Berwarna Transparan! Ini 5 Fakta Beruang Kutub Paling Unikpixabay.com/3093594

Bisakah kamu membayangkan maskot suatu Olimpiade salah satu karnivor terbesar di dunia? Ya, benar. Beruang kutub pernah menjadi maskot di Olimpiade musim dingin 1988 di Calgary, Kanada.

Maskot yang dimaksud di sini bukanlah orang yang mengenakan kostum beruang kutub, melainkan beruang kutub tulen yang diberi kostum agar tidak terlalu menakutkan.

Itu tadi fakta paling unik tentang beruang kutub? Mana fakta yang paling unik menurutmu? Sampaikan di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 5 Fakta Binturung, Hewan Unik Gabungan Beruang dan Kucing!

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Fight To Be Better, Work Hard To Be A Champion

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You