Comscore Tracker

Jangan Sampai Digigit! Ini 10 Hewan dengan Gigitan Terkuat di Dunia

Bisa mengoyak kulit dan dagingmu!

Setiap hewan memiliki senjatanya masing-masing untuk melindungi diri. Ada yang melindungi diri dengan cakar yang tajam, racun yang mematikan hingga gigi yang mengerikan. Beberapa hewan lahir dengan gigitan yang kuat, sehingga bisa mengoyak kulit dan daging mangsanya dalam sekejap mata.

Mau tahu, hewan apa saja yang memiliki gigitan terkuat di dunia? Temukan jawabannya di bawah ini! Ingat, jangan coba-coba mendekat, ya!

1. Ikan payara

Jangan Sampai Digigit! Ini 10 Hewan dengan Gigitan Terkuat di Duniasteemit.com

Dua gigi bawahnya pasti akan membuatmu terintimidasi. Mari berkenalan dengan ikan payara yang bisa ditemukan di sungai Amazon di hutan tropis Amerika Selatan. Gigi bagian bawahnya ini bisa tumbuh hingga 4-6 inci (10,16 cm sampai 15,24 cm). Fungsi giginya adalah untuk menusuk mangsanya sekaligus untuk melindungi diri. Ikan dengan perangai agresif ini bisa tumbuh hingga lebih dari satu meter, lho!

2. Belut lamprey

Jangan Sampai Digigit! Ini 10 Hewan dengan Gigitan Terkuat di Duniawired.com

Pertama kali melihat belut lamprey (Petromyzontiformes) kamu pasti merasa kalau bentuknya aneh. Sebab, giginya yang berjumlah puluhan mengelilingi mulutnya yang bundar! Meski tak memiliki rahang, jangan macam-macam, sebab giginya sangat tajam dan bisa melukaimu dalam sekejap. Kamu bisa menemukan belut lamprey ini di Samudera Atlantik Utara, Laut Baltik dan Laut Adriatik.

3. Ular gaboon

Jangan Sampai Digigit! Ini 10 Hewan dengan Gigitan Terkuat di Duniabritannica.com

Ular gaboon (Bitis gabonica) mempunyai gigi taring terpanjang dari ular berbisa lainnya. Panjangnya 2 cm, lebih dari cukup untuk membuatmu menderita. Racunnya akan membahayakan tubuhmu, sementara giginya yang tajam bisa mengoyak daging hingga dalam. Beruntunglah, karena ular gaboon bukan ular dari Indonesia, melainkan menghuni hutan hujan tropis dan savana di Afrika sub-Sahara.

4. Harimau Benggala

Jangan Sampai Digigit! Ini 10 Hewan dengan Gigitan Terkuat di Duniaunsplash.com

Dari semua jenis harimau, yang paling kuat giginya adalah harimau Benggala (Panthera tigris tigris). Gigi taringnya adalah yang paling panjang dari kucing besar lainnya, yakni sekitar 4 inci (10 cm). Dipadukan dengan kekuatan cakarnya yang tajam, harimau Benggala layak dijuluki sebagai sang raja hutan. Sesuai namanya, harimau Benggala bisa ditemukan di India, Nepal dan Bangladesh.

5. Hiu pemotong

Jangan Sampai Digigit! Ini 10 Hewan dengan Gigitan Terkuat di Duniayoutube.com

Ikan hiu pemotong atau cookiecutter shark (Isistius brasiliensis) memang tidak terlihat seperti spesies hiu lainnya. Hiu yang dijuluki sebagai hiu cerutu ini memiliki 30-37 gigi di rahang bagian atas serta 25-31 gigi di rahang bagian bawah. Tak perlu khawatir digigit oleh ikan hiu ini, sebab mereka tinggal di perairan dalam di bawah 1.000 meter. Berkat giginya yang tajam, mereka bisa mengunyah mangsanya dengan mudah.

Baca Juga: 7 Hewan Beracun Ini Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan Manusia

6. Buaya nil

Jangan Sampai Digigit! Ini 10 Hewan dengan Gigitan Terkuat di Duniauganda365.com

Kita semua tahu bahwa gigitan buaya sangat berbahaya, termasuk buaya nil (Crocodylus niloticus). Rahangnya kuat, giginya tajam dan secara alami sangat agresif, sehingga membuat hewan lain menjauh. Menurut laman Bone Clones, buaya nil memiliki 64-68 gigi. Gigitannya dimanfaatkan untuk berburu ikan dan hewan mamalia kecil sebagai mangsa. Sesuai namanya, buaya ini hidup di sungai dan rawa-rawa di wilayah sub-Sahara Afrika.

7. Kuda nil

Jangan Sampai Digigit! Ini 10 Hewan dengan Gigitan Terkuat di Duniahippoworlds.com

Di antara semua jenis binatang di daftar, mungkin hanya kuda nil (Hippopotamus amphibius) yang termasuk hewan herbivora. Giginya yang besar, terutama gigi bagian bawah, digunakan sebagai senjata untuk melawan apabila ia merasa terancam. Seperti gading, gigi ini bisa tumbuh hingga panjang maksimal satu meter. Gigi kuda nil jantan biasa dipakai untuk bertarung dan bisa membahayakan manusia.

8. Ikan piranha

Jangan Sampai Digigit! Ini 10 Hewan dengan Gigitan Terkuat di Duniala.eater.com

Siapa yang tidak kenal dengan ikan asal sungai Amazon ini? Biarpun ukurannya kecil, ikan karnivora ini bisa menyerang mangsanya secara bergerombol dan menghabiskan daging dengan cepat. Meski giginya hanya berukuran 4 mm (0,4 cm), tetapi ketajaman giginya mirip dengan pisau. Rahangnya didesain untuk mengunyah daging secara efisien dan menghabiskan daging dalam waktu yang cukup singkat.

9. Goliath tigerfish

Jangan Sampai Digigit! Ini 10 Hewan dengan Gigitan Terkuat di Duniaaquascapeonline.com

Melihat ikan goliath tigerfish (Hydrocynus goliath) mungkin akan membuatmu bergidik. Ikan ini bisa tumbuh hingga panjang 6 kaki (180 cm) dan berat 50 kilogram. Tak heran jika orang-orang menjuluki ikan ini sebagai ikan monster! Menurut laman Telegraph, ikan ini sering dibilang sebagai piranha versi besar. Goliath tigerfish punya 32 gigi dengan ukuran yang hampir sama dengan ikan hiu putih dan dilaporkan pernah menyerang manusia.

10. Ikan hiu putih besar

Jangan Sampai Digigit! Ini 10 Hewan dengan Gigitan Terkuat di Dunianypost.com

The last one, siapa yang tak kenal dengan ikan hiu putih besar (Carcharodon carcharias)? Ikan ini populer berkat film Jaws di tahun 1975 dan menimbulkan ketakutan tersendiri bagi sebagian orang. Giginya terkenal kuat, tajam dan bisa menyobek daging dengan cepat. Yang menarik adalah ikan hiu putih besar bisa menumbuhkan gigi baru setiap 8 bulan sekali atau setiap kali giginya tanggal. Seram!

Nah, itulah 10 hewan dengan gigi yang kuat, tajam dan mematikan. Menurutmu, mana yang paling menyeramkan?

Baca Juga: Waspada! Ini 6 Hewan dengan Tubuh Kecil, namun Sangat Mematikan

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You