Comscore Tracker

5 Fakta Binturung, Hewan Unik Gabungan Beruang dan Kucing!

Baunya seperti popcorn, lho!

Binturung atau binturong adalah hewan sejenis musang yang hidup di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Mereka tersebar di Kalimantan, Sumatra, dan sebagian kecil Pulau Jawa. Kamu mungkin jarang atau bahkan belum pernah mengenal hewan ini, tapi sebenarnya binturung punya beberapa keunikan yang menarik dipelajari, lho. Apa saja? Ini dia 5 di antaranya.

1. Penampilannya sangat unik, seperti campuran beruang dan kucing

5 Fakta Binturung, Hewan Unik Gabungan Beruang dan Kucing!aminoapps.com

Binturung memiliki nama latin Arctictis binturong. Dalam bahasa inggris, hewan ini punya sebutan yang sangat unik, yaitu bearcat yang secara harfiah berarti beruang kucing. Mungkin terdengar agak aneh, tapi sebutan itu cocok karena penampilan mereka memang mirip gabungan dari beruang dan kucing!

Bahkan gak hanya beruang dan kucing, binturung bisa dibilang mirip monyet juga. Hal itu karena mereka memiliki ekor prehensil, yaitu ekor yang bisa mencengkeram seperti tangan, persis ekor monyet. Namun binturung gak berkerabat dengan beruang, kucing, ataupun monyet karena mereka justru termasuk keluarga musang. Nah lho, unik banget kan?

2. Baunya seperti popcorn mentega

5 Fakta Binturung, Hewan Unik Gabungan Beruang dan Kucing!sandiegozoo.org

Enggak, kamu gak salah baca. Keunikan binturung ternyata gak sebatas penampilannya, tapi juga baunya. Dilansir dari laman Wired, binturung memiliki kelenjar aroma pada bagian bawah ekornya. Dan bau yang dihasilkan dari kelenjar tersebut konon mirip seperti aroma popcorn mentega!

Tapi bau tersebut dihasilkan bukan karena mereka pemakan popcorn atau jagung. Makanan binturung sangat beragam mulai dari daun, buah, serangga, ikan, burung, mamalia kecil dan juga bangkai. Bau popcorn itu sendiri mereka gunakan untuk berkomunikasi dan untuk mencari pasangan.

3. Bisa mengeluarkan bermacam suara yang unik

https://www.youtube.com/embed/0s6IEmaf0x0

Selain melalui aroma, binturung juga berkomunikasi dengan suara. Suara yang bisa dikeluarkan hewan ini cukup beragam. video di atas adalah contoh suara binturung yang sedang marah. Namun mereka juga bisa mengeluarkan suara seperti tawa, berdesis, bahkan mendengkur seperti kucing!

Baca Juga: 5 Hewan Unik nan Eksotis Endemik Khas Pulau Sokotra, Yaman

4. Menghabiskan sebagian besar hidupnya di atas pohon

5 Fakta Binturung, Hewan Unik Gabungan Beruang dan Kucing!wildrepublic.com

Laman San Diego Zoo menyebut bahwa binturung menghabiskan sebagian besar waktunya di atas pohon. Memiliki ekor prehensil memungkinkan binturung untuk bergelantungan pada dahan seperti monyet. Ekor mereka juga berfungsi untuk menyeimbangkan ketika berjalan di atas batang pohon.

Namun binturung tidak selincah monyet, maka ketika harus berpindah dari satu pohon ke pohon lain, binturung akan terlebih dulu turun ke tanah. Dan uniknya, engkel kaki binturung bisa berputar 180 derajat, sehingga cakar mereka bisa tetap mencengkeram batang pohon sambil menuruni pohon dengan kepala lebih dulu.

5. Bisa menunda kelahiran

5 Fakta Binturung, Hewan Unik Gabungan Beruang dan Kucing!zooborns.com

Ada beberapa hewan mamalia yang memiliki kemampuan unik yaitu menunda kelahiran. Satu di antara sedikit hewan itu adalah binturung. Dilansir dari The Animal Facts, kemampuan tersebut memungkinkan binturung untuk menunda kelahiran bayinya sampai keadaan lingkungan cukup baik, biasanya antara Januari dan Maret.

Itulah 5 fakta soal binturung, hewan yang tampak seperti gabungan kucing dan beruang. Gimana, ternyata binturung adalah hewan yang sangat unik, bukan?

Baca Juga: Percaya atau Tidak, 15 Hewan Unik Ini Hasil Percampuran Beda Spesies

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya