Punya Bulan Terbanyak di Tata Surya, Ini 5 Fakta Sains Planet Saturnus

Konon katanya Saturnus bisa mengapung di atas air

Saturnus adalah salah satu planet yang ada di tata surya kita. Menurut para ilmuwan, komposisi dari planet Saturnus sangat unik, sebab terdiri dari dua penyusun utama, yakni hidrogen dan helium. Jadi, secara umum, Saturnus tidak memiliki permukaan yang padat layaknya planet-planet di tata surya kita.

Nah, kali ini kita akan mengupas beberapa fakta ilmiah mengenai Saturnus, planet unik dengan banyak bulan di tata surya kita. Yuk, dibaca!

1. Saturnus adalah planet dengan bulan terbanyak di tata surya kita

Punya Bulan Terbanyak di Tata Surya, Ini 5 Fakta Sains Planet Saturnusastronomylovers.com

Jika Bumi hanya memiliki satu bulan bernama Bulan, planet Saturnus memiliki 82 buah bulan, dicatat dalam laman NASA. Nama-nama bulan di planet Saturnus adalah Titan, Enceladus, Tethys, Iapetus, Rhea, Mimas, dan masih banyak lagi dengan berbagai macam bentuk dan ukuran.

Menurut studi astronomi yang dilakukan oleh akademisi, keberadaan bulan di Saturnus merupakan dampak dari keberadaan cincin di planet tersebut. Seperti yang sudah diketahui secara umum, bahwa Cincin Saturnus merupakan materi (partikel) dan objek alam semesta berupa batu, gumpalan es, gas, hingga air yang terikat dengan gravitasi Saturnus.

Oh ya, sebelumnya Jupiter dinobatkan sebagai planet dengan bulan terbanyak, yakni 79 buah bulan. Sedangkan, sebelumnya Saturnus hanya memiliki 62 buah bulan. Namun, beberapa ilmuwan dan ahli astronomi telah menemukan 20 bulan baru di planet Saturnus pada 2019 lalu, sehingga membuat Saturnus memiliki bulan terbanyak di tata surya melampaui Jupiter.

2. Bulan dari planet Saturnus dianggap bisa mendukung kehidupan biologis

Punya Bulan Terbanyak di Tata Surya, Ini 5 Fakta Sains Planet Saturnusrepublicworld.com

Planet Saturnus memang tidak bisa mendukung kehidupan. Namun, bulan di planet tersebut diprediksi bisa mendukung kehidupan biologis, dilansir dalam Envolving Science. Nah uniknya, menurut studi dan penelitian yang pernah dilakukan beberapa tahun lalu, bulan Saturnus yang bernama Enceladus dianggap pernah memiliki jejak kehidupan organisme.

Meskipun tidak semua akademisi sepakat, beberapa data astronomi menyatakan bahwa di Enceladus terdapat jejak-jejak molekul organik yang terdiri dari atom karbon, hidrogen, nitrogen, dan bahkan oksigen. Semua hal tersebut bisa mendukung kehidupan layaknya di Bumi.

Dr. Christopher Glein - seorang ahli astronomi NASA, menyatakan bahwa beberapa molekul pendukung kehidupan biologis di bulan milik Saturnus tersebut memang bisa mendukung kehidupan, namun tentu tidak mudah mewujudkannya. Ada banyak faktor alam yang harus dipertimbangkan, mulai dari cuaca, kandungan kimiawi, kekuatan gravitasi, dan lain sebagainya.