Comscore Tracker

Inilah Alasan Kenapa Kamu Butuh Sinar Matahari untuk Asupan Vitamin D

Benarkah sinar matahari mengandung Vitamin D?

Kalian pasti pernah melihat ibu-ibu yang “menjemur” bayi mereka dipagi hari saat matahari mulai muncul. Banyak masyarakat kita beranggapan bahwa sinar matahari pagi baik untuk kesehatan tulang karena “mengandung” vitamin D. Lantas benarkah sinar matahari pagi “mengandung” vitamin D?

1. Sinar Matahari Mengaktifkan Vitamin D, bukan mengandung vitamin D

Inilah Alasan Kenapa Kamu Butuh Sinar Matahari untuk Asupan Vitamin Dnature.com

Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin ini mempunyai karakteristik yang berbeda dengan vitamin lainnya karena dapat disintetis dari dalam tubuh.  Winarno (2004) menjelaskan dari berbagai jenis vitamin D, namun yang paling penting adalah vitamin D2 (ergo kalsiferol) dan vitamin D3 (7-dehidrokolesterol kolikolaferol).

Vitamin D yang terdapat dalam tubuh memerlukan sinar matahari agar menjadi vitamin yang aktif. Fesseden and Joan (1986) lalu menjelaskan mekanisme pengaktifan vitamin D dari dalam tubuh dengan bantuan sinar matahari. Vitamin D tersimpan dalam kulit manusia atau hewan dalam bentuk 7-dehidrokolesterol. Struktur 7-dehidrokolesterol mengalami pembukaan cincin elektrosiklik karena adanya pengaruh sinar matahari, sehingga menghasilkan triena. Dari triena atau yang disebut juga pravitamin D, strukturnya mengalami pergeseran sigmatropik yang kemudian menghasilkan vitamin D3.

Vitamin D yang telah aktif ini kemudian disebarkan ke organ tubuh untuk dimanfaatkan atau disimpan dalam hati.

2. Selain dalam kulit manusia, sumber vitamin seperti ergosterol yang umumnya ditambahkan dalam susu juga dapat berubah menjadi vitamin D2 (ergo kalsiferol) berkat adanya sinar. 

Inilah Alasan Kenapa Kamu Butuh Sinar Matahari untuk Asupan Vitamin Dosp.mans.edu.eg

Vitamin D yang dikonsumsi dari makanan diserap bersama lemak dan masuk ke dalam saluran darah melalui dinding usus kecil jejenum dan ileum dan diangkut ke dalam chyclomicron melalui sirkulasi limpa.

3. Pentingnya vitamin D

Inilah Alasan Kenapa Kamu Butuh Sinar Matahari untuk Asupan Vitamin Duniversityhealthnews.com

Vitamin D berperan penting dalam metabolisme kalsium dan fosfor. Berkat vitamin D, absorpsi (penyerapan) kalsium oleh organ pencernaan akan diperbaiki dan kalsium dan fosfor dari tulang disebar. Tidak hanya itu, vitamin D juga berperan dalam mengendalikan keseimbangan dan pengeluaran mineral dalam darah.

Sehingga kekurangan vitamin ini akan mengakibatkan gangguan penyerapan kalsium dan fosfor pada saluran pencernaan dan gangguan mineralisasi sruktur tulang dan gigi.

4. Siapa yang Paling Peka Terhadap Kekurangan Vitamin D?

Inilah Alasan Kenapa Kamu Butuh Sinar Matahari untuk Asupan Vitamin Dkubimama.ru

Bayi dan Manula! Jumlah konsumsi Vitamin D yang disarankan untuk anak-anak dan bayi perhari adalah 400 IU (10 mg).

5. Kesimpulannya....

Inilah Alasan Kenapa Kamu Butuh Sinar Matahari untuk Asupan Vitamin Dglamour.com

Jadi salah jika sinar matahari mengandung vitamin D ya guys yang benar sinar matahari mengaktifkan vitamin D.

Dwi Astuti Photo Community Writer Dwi Astuti

N.H Dinni addict

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You