Comscore Tracker

7 Fakta Ikan Molly Amazon, Seluruh Individunya adalah Betina

Tetap butuh pejantan untuk berkembang biak

Ikan Molly Amazon atau yang memiliki nama ilmiah Poecilia formosa adalah ikan air tawar berukuran kecil. Ini adalah genus dari sekitar 40 spesies ikan, termasuk guppy yang banyak dipelihara sebagai ikan hias. Molly Amazon adalah ikan omnivora dan menghabiskan waktu mereka dengan memakan invertebrata kecil, alga, dan tumbuhan di sungai dan sungai kecil di sepanjang Pantai Teluk Meksiko dan Texas.

Sekilas tidak ada yang istimewa dari fisik ikan kecil ini. Namun, jika melihat lebih dalam, kamu akan melihat banyak keunikan dari ikan ini. Misalnya, semua individu Molly Amazon adalah betina. Sekarang, kamu pasti bertanya-tanya bagaimana ikan ini bereproduksi jika seluruhnya betina? Informasi ini akan menjawab pertanyaanmu beserta fakta menarik lainnya dari ikan Molly Amazon.

1. Dinamai berdasarkan mitologi Yunani

7 Fakta Ikan Molly Amazon, Seluruh Individunya adalah Betinailustrasi mitologi Amazon di Yunani (Wikimedia Commons/Colin)

Sebenarnya, nama Molly Amazon tidak menunjukkan referensi geografis, melainkan referensi mitologis. Dijelaskan Current Biology, spesies ini dinamai Amazon, sebuah suku pejuang dari mitologi Yunani yang seluruh anggotanya adalah perempuan.

Suku Amazon ini menggunakan pejantan dari suku tetangga untuk bereproduksi dan membunuh anak laki-laki mereka. Seperti Suku Amazon, ikan Molly Amazon seluruhnya adalah betina. Namun, mereka tidak membunuh pejantannya, melainkan tidak pernah melahirkan pejantan sejak awal.

2. Dari mana ikan ini berasal

7 Fakta Ikan Molly Amazon, Seluruh Individunya adalah BetinaIkan Molly Amazon (futurity.org)

Dijelaskan laman Practical Fishkeeping, Molly Amazon secara alami ditemukan di habitat pesisir Texas selatan dan Meksiko timur laut di selatan Rio Tuxpan. 

Molly Amazon juga mendiami sungai dan sungai pedalaman di negara bagian Tamaulipas, Nuevo Leon, dan Veracruz di Meksiko. Ikan ini juga telah diperkenalkan ke beberapa mata air Texas tengah.

3. Apa yang membuat Molly Amazon begitu unik

7 Fakta Ikan Molly Amazon, Seluruh Individunya adalah BetinaIkan Molly Amazon (zooportraits.com)

Poecilia formosa merupakan spesies ikan yang semua individunya adalah betina, dikutip dari Practical Fishkeeping. Mereka adalah spesies betina yang diperkirakan berasal dari hasil hibridisasi antara P. latipinna dan P. sphenops. 

Dalam hal reproduksi, betina melakukan kloning dirinya sendiri, sehingga keturunannya secara genetik identik dengan induknya. Namun, tidak seperti organisme aseksual lainnya, Molly Amazon tidak dapat bereproduksi sendiri. Molly Amazon masih membutuhkan sperma dari pejantan lain untuk melakukan reproduksi ginogenesis.

Baca Juga: 5 Fakta Ikan Red Devil, Ikan Hias yang 'Menjajah' Danau Toba

4. Bagaimana Molly Amazon bereproduksi

7 Fakta Ikan Molly Amazon, Seluruh Individunya adalah BetinaIkan Molly Amazon (zooportraits.com)

Dalam reproduksi aseksual, semua materi genetik keturunannya berasal dari satu induk. Namun, tidak demikian dalam reproduksi Molly Amazon.

Molly Amazon bereproduksi dengan cara ginogenesis. Ginogenesis merupakan bentuk sistem reproduksi aseksual yang membutuhkan keberadaan sperma tanpa kontribusi sebenarnya dari DNA-nya.

Diterangkan laman Zoo Potraits, karena tidak ada jantan dari spesies ini, Molly Amazon harus kawin dengan jantan dari spesies lain yang masih terkait. Sperma dibutuhkan untuk merangsang reproduksi pada betina, tetapi tidak ada DNA dari pejantan yang diwariskan kepada keturunannya. Dengan demikian, keturunan Molly Amazon identik dengan induknya.

5. Spesies mana yang merupakan donor sperma dan apakah mereka berbeda tergantung pada habitatnya?

7 Fakta Ikan Molly Amazon, Seluruh Individunya adalah BetinaMolly Amazon dan ikan lainnya (goliadfarms.com)

Amazon Molly mendapatkan donor sperma dari ikan lain yang berkerabat dekat dengan ikan Molly, seperti P. latipinna, P. mexicana, atau P. latipunctata. Diterangkan Beaty Biodiversity Museum, ikan mana yang akan menjadi donor sperma tergantung pada di mana habitat Amazon Molly.

Misalnya, di habitat pesisir, Molly Sailfin atau Poecilia latipinna jantan digunakan sebagai donor sperma. Di perairan pedalaman, donor sperma didapatkan dari Molly Atlantik atau P. mexicana jantan. Di hulu sungai Rio Tamesi di Meksiko, donor sperma berasal dari Molly Tamesi atau P. latipunctata jantan.

Tidak ada DNA jantan yang dimasukkan ke dalam telur Molly selama reproduksi ginogenesis. Sperma hanya digunakan untuk memulai perkembangan embrio sehingga Amazon Molly dapat mulai membuat keturunan berikutnya dari dirinya sendiri. Jenis ginogenesis ini diklasifikasikan sebagai parasitisme seksual.

6. Ikan apa lagi yang hidup berdampingan dengan Molly Amazon

7 Fakta Ikan Molly Amazon, Seluruh Individunya adalah Betinaikan Tetra Meksiko (newscientist.com)

Di habitatnya, ikan Molly Amazon juga hidup berdampingan dengan ikan lainnya, dikutip dari laman Practical Fishing. Misalnya,  di habitat pesisir, Molly Amazon sering hidup bersama pupfis, topminnow, dan spesies muara lainnya. Sementara, di perairan pedalaman, Molly Amazon sering terlihat bersamaan dengan tetra Meksiko, cichlid, dan hewan lainnya.

7. Temuan mengejutkan tentang Molly Amazon

7 Fakta Ikan Molly Amazon, Seluruh Individunya adalah Betinaikan Molly Amazon (Commons.wikimedia.org)

Sekilas, reproduksi aseksual dari Molly Amazon tampak menuntungkan karena dapat menjaga populasi ikan ini tetap stabil. Namun, kloning berulang dari gen yang sama ini diperkirakan akan memakan korban.

Jika induk Molly Amazon beradaptasi dengan baik dengan lingkungannya, dia akan mencapai usia dewasa, bereproduksi, dan mewariskan gen sukses yang sama. Namun, apa yang terjadi jika kondisi lingkungan dalam ekosistem berubah? 

Pada spesies yang bereproduksi secara seksual, variasi genetik membuat individu beradaptasi lebih baik dengan perubahan lingkungan. Pada Molly Amazon, seleksi alam semacam ini tidak dapat terjadi.

Masalah lainnya ialah mutasi. Perubahan DNA bisa berbahaya bagi spesies apa pun. Dengan reproduksi seksual, ada kemungkinan pencampuran genetik, yang selanjutnya mengurangi atau meniadakan efek mutasi ini. Namun, dengan reproduksi aseksual, ini tidak mungkin. Diperkirakan bahwa akumulasi mutasi berbahaya, pada waktunya, akan menyebabkan kepunahan.

Menurut ahli, Molly Amazon seharusnya mati setelah sekitar 20.000 generasi reproduksi aseksual. Namun, penelitian yang dimuat dalam jurnal Nature pada tahun 2018 menggunakan pengurutan genom untuk merekonstruksi silsilah keluarga spesies tersebut menemukan bahwa Molly Amazon telah bereproduksi secara aseksual sejak 100.000 tahun yang lalu. Kisah ikan kecil ini menjadi temuan baru dalam genetika evolusioner.

Menarik sekali bukan? Ikan yang dari luar tampaknya biasa saja ternyata menyimpan kisah menarik. Semoga, ini bisa menambah ketertarikanmu untuk mempelajari bidang fauna.

Baca Juga: 5 Hewan Seperti Hantu yang Nyata di Dunia Nyata, Tembus Pandang!

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya