Comscore Tracker

Atlantis, Ide Peradaban Hilang yang Melahirkan Berbagai Teori Menarik

Segala hal tentang Atlantis selalu menantang untuk diteliti

Sejak pertama kali dikisahkan, Atlantis telah menjadi ide yang menarik dan menantang untuk dipecahkan oleh sejumlah peneliti dan penjelajah. Membicarakan mengenai Atlantis tak jarang menimbulkan perdebatan tak berujung yang kemudian memunculkan berbagai teori mengenai tempat yang disebut-sebut sebagai kota yang hilang. Berbagai usaha juga telah dilakukan untuk membuktikan sejumlah teori mengenai Atlantis ini. Sayangnya, hingga saat ini belum ada satupun teori yang berhasil membuktikan mengenai keberadaan Atlantis secara logis dan saintis. Kendati begitu, terdapat beberapa teori unik mengenai Atlantis yang menarik untuk dibahas.

1. Ide tentang Atlantis pertama kali disampaikan oleh Plato

Atlantis, Ide Peradaban Hilang yang Melahirkan Berbagai Teori Menarikbbc.co.uk

Teori tentang Atlantis pertama kali dicetuskan oleh Plato, seorang filsuf Yunani terkenal yang karyanya kerap dijadikan rujukan dalam berbagai ilmu pengetahuan hingga kini. Ia mengisahkan, pada suatu masa ada sebuah negeri yang sangat makmur dan indah bernama Atlantis. Akan tetapi, para penduduk yang menghuni Atlantis memiliki sifat yang congkak dan tamak. Hal ini membuat para dewa murka dan kemudian terjadilah banjir dan gempa hebat yang menenggelamkan Atlantis beserta seluruh penghuninya.

2. Berbagai usaha telah dilakukan untuk menemukan keberadaan Atlantis selama berabad-abad

Atlantis, Ide Peradaban Hilang yang Melahirkan Berbagai Teori Menarikatlantisbolivia.org

Kisah tentang Atlantis yang dicetuskan oleh Plato tersebut kemudian mendorong para peneliti untuk menemukan di manakah tepatnya lokasi Atlantis ini berada. Selama berabad-abad para peneliti dan penjelajah terus mencari kota yang hilang ini hingga memunculkan berbagai dugaan mengenai titik di mana Atlantis pernah berada, salah satunya adalah di bawah lautan Indonesia.

3. Tidak ada satupun usaha yang berhasil membuktikan keberadaan Atlantis

Atlantis, Ide Peradaban Hilang yang Melahirkan Berbagai Teori Menarikdocumentarytube.com

Meskipun berbagai usaha, ilmu pengetahuan, serta teknologi telah dikerahkan untuk mencari keberadaan Atlantis, namun tak ada satupun yang berhasil menemukan sisa-sisa peninggalan peradaban yang hilang ini. Dari sini, para saintis kemudian menyimpulkan bahwa Atlantis merupakan kisah karangan Plato yang dibuat untuk mengingatkan umat manusia agar tetap rendah hati dan menghindari sikap tamak dan rakus.

Baca Juga: 29 Tahun Terpencil di Pulau, Pria Jepang Dipaksa Kembali ke Peradaban

4. Fakta menarik tentang permukaan bumi yang lahir akibat usaha para ilmuwan dalam mempelajari Atlantis

Atlantis, Ide Peradaban Hilang yang Melahirkan Berbagai Teori Menarikwikipedia.org

Kendati tidak ada penelitian yang dapat membuktikan keberadaan Atlantis secara ilmiah, tetapi berbagai pencarian dan usaha yang dilakukan untuk menemukan Atlantis memberikan kita pengetahuan baru mengenai permukaan bumi yang terus bergerak. Hal ini sekaligus memberikan kita pengetahuan bahwa secara sains, adanya benua di bawah laut merupakan suatu hal yang mustahil.

5. Kendati banyak yang menduga Atlantis merupakan karangan Plato semata, tetapi bencana yang dikisahkan merupakan hal yang benar-benar terjadi

Atlantis, Ide Peradaban Hilang yang Melahirkan Berbagai Teori Menarikbpcwi.com

Walaupun kisah mengenai kota yang hilang merupakan imajinasi belaka, tetapi peristiwa banjir bandang maupun bencana yang diceritakan oleh Plato adalah hal yang benar terjadi. Banyak ahli percaya bahwa ribuan tahun yang lalu pernah terjadi bencana alam banjir yang besar dan menyebabkan hancurnya sebagian permukaan bumi dan membuat para penduduk pergi meninggalkan peradaban tersebut. Mengenai penyebab banjir besar yang terjadi, sebagai sumber menyebabkan banjir tersebut bisa disebabkan oleh mencairnya es di kutub dalam volume yang besar, tsunami, hingga hujan meteor.

6. Kisah tentang Atlantis sebenarnya adalah cerita mengenai bencana alam yang pernah terjadi di Minoan yang diceritakan secara berlebihan

Atlantis, Ide Peradaban Hilang yang Melahirkan Berbagai Teori Menariktheincrediblylongjourney.com

Sejumlah peneliti juga menyimpulkan bahwa Plato sebenarnya menceritakan tentang Minoan. Sebuah pulau di Yunani yang tersapu oleh tsunami akibat letusan gunung berapi di Santorini ribuan tahun sebelum Masehi. Plato disebut -sebut menceritakan tentang Minoan dengan modifikasi dan dilebih-lebihkan yang kemudian menyebut kisah ini sebagai Atlantis.

7. Berbagai teori kemudian muncul mengenai tempat yang dimaksud Plato sebagai Atlantis

Atlantis, Ide Peradaban Hilang yang Melahirkan Berbagai Teori Menarikhistory.com

Selain Minoan, muncul berbagai dugaan mengenai negeri yang menjadi inspirasi Plato hingga tercetuslah kisah Atlantis ini. Berbagai tempat yang disebut -sebut sebagai Kota Atlantis yang dimaksud oleh Plato di antaranya, Laut Hitam, Lemuria, Bahama, hingga Indonesia. Dikisahkan dulunya berbagai tempat tersebut pernah mengalami bencana alam yang besar hingga menyebabkan perubahan struktur geologi secara drastis. Berbagai kisah mengenai negeri yang diduga Atlantis tersebut diceritakan dengan versi yang berbeda.

Nah, itu tadi beberapa hal unik mengenai Atlantis. Walaupun teori mengenai Atlantis belum bisa dibuktikan secara ilmiah, akan tetapi ide mengenai Atlantis selalu menjadi hal yang menarik untuk diceritakan dan dibahas.

Baca Juga: 9 Pohon Tertua di Dunia, Saksi Bisu Peradaban Manusia

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You