Comscore Tracker

Sudah Merdeka, 5 Negara Kecil Ini Belum Diakui oleh Dunia 

Masih memperjuangkan statusnya sebagai negara 

Sejak zaman dahulu, mendefinisikan suatu negara seringkali memicu perdebatan di banyak bagian dunia. Bahkan, walaupun perang sudah berakhir dan dunia berada dalam kondisi yang relatif aman, masih ada beberapa negara yang belum diakui oleh dunia. Padahal, beberapa negara ini sudah merdeka secara de facto.

Lantas mana sajakah negara yang belum diakui di dunia? Dilansir dari laman Culture Trip dan Political Holidays, inilah negara yang belum diakui di dunia.

1. Transnistria

Sudah Merdeka, 5 Negara Kecil Ini Belum Diakui oleh Dunia unsplash.com/Jacques Bopp

Transnistria atau yang memiliki nama resmi Republik Moldavia Pridnestrovian adalah negara yang cukup dikenal namun tidak diakui. Wilayah Transnistria berupa sebidang tanah kecil yang terletak di antara Ukraina dan Moldova.

Transnistria menyatakan keinginannya untuk memisahkan diri dari Moldova setelah perang singkat pada tahun 1992. Negara ini sebenarnya telah memiliki perbatasan, paspor, bendera, mata uang, dan hari kemerdekaannya sendiri, tetapi tidak diakui oleh Moldova.

2. Ossetia Selatan

Sudah Merdeka, 5 Negara Kecil Ini Belum Diakui oleh Dunia tass.com

Ossetia Selatan adalah negara yang oleh PBB diakui sebagai bagian dari Georgia. Tempat ini memiliki populasi lebih dari 50.000 dengan ibu kota Tskhinvali. Ossetia Selatan mendeklarasikan kemerdekaan dari Georgia pada tahun 1991, tetapi hal ini ditolak oleh Georgia dengan tidak memberikan otonomi kepada Ossetia Selatan, yang kemudian menyebabkan terjadinya perang dari tahun 1991 sampai 1992.

Walaupun Ossetia Selatan telah memperoleh kemerdekaan de facto pada tahun 2008. Tapi hingga saat ini Ossetia Selatan masih diakui sebagai bagian dari Georgia oleh seluruh dunia.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Malta, Negara Kecil di Mediterania yang Penuh Pesona

3. Abkhazia

Sudah Merdeka, 5 Negara Kecil Ini Belum Diakui oleh Dunia unsplash.com/Igor Solkin

Sama seperti Ossetia Selatan, Abkhazia adalah salah satu negara yang diakui oleh PBB sebagai bagian dari negara Georgia. Abkhazia dapat dimasuki baik dari sisi Georgia maupun dari sisi Rusia, tetapi kamu harus keluar dengan jalur yang sama seperti saat kamu masuk ke tempat ini. Abkhazia menetapkan Sokhumi sebagai ibu kotanya, dan telah memiliki mata uang dan bahasanya sendiri.

Abkhazia sebenarnya telah merdeka secara de facto sejak tahun 2008. Akan tetapi, pada tahun 2017, negara dengan populasi sekitar 250.000 penduduk ini hanya diakui oleh Rusia, Nauru, Nikaragua, dan Venezuela.

4. Republik Artsakh

Sudah Merdeka, 5 Negara Kecil Ini Belum Diakui oleh Dunia unsplash.com/Nare Gevorgyan

Republik Artsakh tercipta sebagai buntut dari Perang Karabakh pada tahun 1994. Perang tersebut menyisakan sekelompok orang Kristen Armenia yang tinggal di tanah yang berada di dalam perbatasan Azerbaijan dan diklaim sebagai bagian dari Azerbaijan. Wilayah ini dikenal sebagai Nagorno Karabakh atau yang saat ini memiliki nama resmi Republik Artsakh.

Negara ini dapat dimasuki dari Armenia maupun Azerbaijan. Tapi hingga kini, tidak ada bandara atau mata uang sendiri di negara ini, yang mana penduduk di sini menggunakan mata uang dram Armenia.

Sampai detik ini, Nagorno Karabakh atau Republik Artsakh masih diakui secara de facto sebagai bagian dari Azerbaijan oleh PBB. Akan tetapi, pemerintahan negara ini dijalankan oleh orang-orang dengan etnis Armenia.

5. Sahara Barat

Sudah Merdeka, 5 Negara Kecil Ini Belum Diakui oleh Dunia unsplash.com/Daniel Born

Sahara Barat adalah negara yang merupakan wilayah sengketa di Maghreb, Afrika Barat Laut. Sahara Barat sebenarnya sudah memiliki bendera negara sendiri, pemerintahan, dan mengklaim perbatasan milik mereka. Akan tetapi, negara ini masih dikendalikan secara bersama-sama oleh Republik Demokratik Arab Sahrawi dan Maroko. Negara ini juga berbatasan dengan Aljazair dan Mauritania dan merupakan bagian dari Gurun Sahara.

Hingga saat ini, Sahara Barat dihuni oleh sekitar 500.000 jiwa yang sebagian besar tinggal di kota El Aaiún. Sahara Barat pernah diklaim oleh Maroko, akan tetapi ditolak oleh semua negara anggota PBB. Jadi, sampai sekarang status Sahara Barat masih sebagai wilayah sengketa.

Ternyatam ada ya, negara yang belum diakui oleh dunia. Kendati demikian, negara ini sebenarnya relatif aman untuk dikunjungi oleh wisatawan. Jadi, apa kamu berminat berkunjung dan mengenal lebih jauh negara ini?

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini 10 Negara Kecil Terindah di Dunia

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya