Comscore Tracker

5 Bukti Manusia Pernah Mendarat di Bulan yang Tak Terbantahkan

Jangan ragu lagi

Tanggal 21 Juli 1969 menjadi hari yang mengejutkan dunia setelah tersiarnya kabar keberhasilan astronot NASA Neil Armstrong dan Buzz Aldrin sebagai manusia pertama yang berhasil menginjakkan kaki di Bulan dalam misi Apollo 11. Tapi sayangnya, masih banyak masyarakat yang meragukan kebenaran dokumentasi proyek Apollo 11 tersebut.

Bahkan terdapat sejumlah ahli dan astronom yang menyatakan bahwa video pendaratan Neil Armstrong dan Buzz Aldrin penuh dengan kejanggalan dan mereka menduga bahwa video dokumentasi tersebut dibuat di studio. Tak ayal, ini kemudian memengaruhi pemikiran banyak orang dan membuat mereka bertanya-tanya perihal keaslian video Neil Armstrong dan Buzz Aldrin di Bulan.

Kalau kamu termasuk golongan yang masih ragu-ragu, di bawah ini ada bukti nyata yang bakal meyakinkan kamu bahwa memang ada manusia yang pernah menginjakkan kakinya di Bulan.

1. Bebatuan yang dibawa langsung oleh para astronot setelah kembali dari Bulan

5 Bukti Manusia Pernah Mendarat di Bulan yang Tak Terbantahkannytimes.com

Bukti paling jelas bahwa astronot NASA memang pernah menginjakkan kaki di Bulan adalah bebatuan Bulan yang mereka bawa pulang ke Bumi. Hingga saat ini, NASA telah menjalankan enam misi Apollo yang berbeda dan para astronot NASA membawa pulang sekitar 842 pon batuan bulan untuk dipelajari para ilmuwan.

Bebatuan yang paling tua berusia 4,5 miliar tahun atau 200 juta tahun lebih tua daripada bebatuan tertua yang pernah ditemukan di Bumi. Analisis dan eksperimen telah membuktikan berulangkali bahwa materi tersebut bukanlah material yang bisa didapat di Bumi.

2. Kumpulan foto dokumentasi perjalanan astronot NASA saat berada di Bulan

5 Bukti Manusia Pernah Mendarat di Bulan yang Tak Terbantahkannist.gov

Bahkan sampai hari ini, kamu masih bisa melihat lokasi pendaratan misi Apollo di permukaan bulan. Gambar-gambar tersebut dikumpulkan oleh NASA Lunar Reconnaissance Orbit (LRO) dan diterbitkan pada 2011 yang dengan jelas menunjukkan titik-titik pendaratan para penjelajah Apollo 12, 14, dan 17, serta jalur yang diambil oleh para kru saat mereka berjalan di sekitar permukaan bulan.

Masih meragukan foto-foto milik NASA? Di luar sana ada banyak lembaga independen lain di luar NASA, serta astronom amatir dari seluruh dunia yang telah melaporkan penampakan sisa-sisa dan tanda-tanda misi Apollo di masa lalu.

Baca Juga: 8 Fakta Menarik Eris, Si Dwarf Planet Terbesar di Tata Surya

3. Debu Bulan memiliki karakteristik reflektif yang dapat memantulkan sinar dari Matahari dan menerangi benda di sekitarnya

5 Bukti Manusia Pernah Mendarat di Bulan yang Tak Terbantahkanphys.org

Para ahli teori konspirasi pendaratan bulan ini telah meneliti bukti-bukti fotografi yang dikumpulkan selama misi Apollo 11 dan menunjukkan bagian-bagian dari foto untuk menyangkal keberhasilan Apollo 11 melakukan pendaratan Bulan ini. Salah satu poin yang para ahli teori konspirasi ini gunakan adalah fakta bahwa objek dalam bayangan modul bulan menyala, yang berarti ada beberapa sumber cahaya selama proses dokumentasi.

Tapi kenyataanya, hal tersebut terjadi lantaran debu bulan tersusun dari bahan yang bersifat reflektif yang dapat memantulkan sinar matahari layaknya cermin, yang kemudian menerangi benda-benda di sekitarnya.

4. Gambar pemandangan Bulan yang didapat oleh astronot Apollo sama dengan tangkapan pengorbit lain

5 Bukti Manusia Pernah Mendarat di Bulan yang Tak Terbantahkanmadpc.co.u

Bentang alam dan pemandangan yang yang ditangkap oleh astronot Apollo persis dengan gambar bentang alam yang ditangkap oleh SELENE, yaitu robot pengorbit bulan buatan Jepang. SELENE mengambil beberapa gambar permukaan Bulan yang jika disatukan maka didapatkan gambar dasar Gunung Appenine yang sama dengan apa yang difoto Apollo 15.

5. Terdapat reflektor yang dipasang para astronot NASA yang masih ada sampai sekarang

5 Bukti Manusia Pernah Mendarat di Bulan yang Tak Terbantahkanspaceref.com

Laser ranging retroreflectors (LRRRs) adalah cermin yang dulunya digunakan sebagai target laser berbasis Bumi, sebagai bagian dari Lunar Laser Ranging Experiments yang bertujuan untuk mengetahui jarak permukaan Bumi dan Bulan.

Prinsip dari eksperimen ini adalah dengan menembakkan sinar laser ke reflektor, kemudian mengukur waktu yang diperlukan laser untuk mengenai reflektor dan memantul kembali.

Gimana? Sudah percaya bahwa memang ada manusia yang sudah pernah ke Bulan?

Baca Juga: Punya Lautan Juga! Ini 9 Fakta Jupiter, Planet Raksasa Pelindung Bumi

Eka Photo Community Writer Eka

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Wendy Novianto

Just For You