Comscore Tracker

5 Fakta Unik Burung Kedasih, Hewan yang Kejam dan Licik Sejak Lahir

Ancaman bagi semua induk burung 

Burung kedasih atau yang juga dikenal dengan nama cuckoo adalah burung yang memiliki tampilan indah. Sayangnya, walaupun memiliki tampilan cantik, hampir tak ada kolektor burung yang berminat memelihara burung kedasih.

Sebab, tidak seperti fisiknya yang cantik, burung kedasih memiliki sifat yang sangat buruk bahkan merugikan. Termasuk suaranya yang dinilai menyeramkan, sehingga cenderung dihindari.

Selain itu, ada beberapa fakta lainnya seputar burung kedasih yang menarik untuk dibahas. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Karakteristik fisik yang bervariasi

5 Fakta Unik Burung Kedasih, Hewan yang Kejam dan Licik Sejak Lahirunsplash.com/David Clode

Menurut laman Animals, ada banyak sekali spesies burung kedasih dan semuanya memiliki penampilan yang bervariasi berdasarkan spesiesnya. Yang mana beberapa di antaranya berwarna abu-abu kusam, sementara yang lainnya berwarna hijau cerah dengan bercak oranye. Selain warna bulu, ukuran kedasih pun juga beragam, mulai dari 6 hingga 25 inci, dengan ukuran tubuh yang ramping hingga besar.

2. Habitatnya hampir di seluruh dunia

5 Fakta Unik Burung Kedasih, Hewan yang Kejam dan Licik Sejak Lahirunsplash.com/David Clode

Dikutip dari laman Britannica, meskipun famili burung kedasih terdistribusi hampir di seluruh dunia di daerah beriklim sedang dan tropis, sebagian besar subfamili terbatas pada satu belahan bumi atau yang lain. Di mana beberapa di antaranya hidup di benua Eropa, tapi sebagian besar subfamili hidup di benua Afrika, Asia, dan Australia.

Selain itu, kebanyakan kedasih adalah burung yang soliter, di mana mereka tidak terbiasa membentuk kawanan besar dan lebih sering menyendiri.

Baca Juga: 6 Fakta Hoatzin, Burung Endemik Amazon yang Disebut Burung Reptil

3. Kebiasaan makan

5 Fakta Unik Burung Kedasih, Hewan yang Kejam dan Licik Sejak Lahirunsplash.com/Hans Veth

Sebagian besar burung kedasih adalah pemakan serangga, seperti belalang atau serangga lainnya yang bergerak dengan cara merangkak. Kemudian, burung kedasih dengan ukuran yang lebih besar juga biasa memangsa kadal, ular, burung, atau vertebrata kecil lainnya.

Menurut laman Britannica, di antara semua famili kedasih, hanya couas Madagascar saja yang dilaporkan memakan buah.

4. Induk kedasih malas membuat sarang dan merawat anak-anaknya

5 Fakta Unik Burung Kedasih, Hewan yang Kejam dan Licik Sejak Lahirunsplash.com/Landon Martin

Dikutip dari laman National Geographic, ketika kedasih betina siap untuk bertelur, ia akan menuju ke sarang burung lain yang fisiknya lebih kecil kemudian bertelur di sana, kadang ia juga tak segan-segan membuang telur burung lain di sarang yang ia tempati. Kebiasaan buruk induk kedasih ini dikenal sebagai parasit induk.

Kemudian, induk burung lain yang tidak curiga akan kembali ke sarang dan mengerami semua telur-telurnya, termasuk telur burung kedasih. Begitu pula ketika telur-telur tersebut menetas, sang induk akan merawat semua anak burung yang ada di sarangnya.

Kadang-kadang, induk yang menjadi korban akan memberontak dan menghalangi induk kedasih bertelur dan membuang telur di sarang mereka. Kadang juga induk burung tersebut akan terlebih dahulu menjatuhkan telur burung kedasih sebelum mereka menetas.

5. Burung kedasih sudah kejam dan licik sejak lahir

5 Fakta Unik Burung Kedasih, Hewan yang Kejam dan Licik Sejak Lahirunsplash.com/Julie Reid

Sifat licik dan kejam burung kedasih ini sudah dimilikinya ketika burung-burung ini baru menetas. Tak lama setelah menetas, bayi kedasih biasanya akan langsung mengeluarkan telur burung lain dari sarang satu per satu, hingga tersisa dirinya seorang.

Bayi kedasih juga sangatlah rakus, sehingga ia akan melahap semua makanan yang dibawa oleh induk asuhnya. Karena induk burung hanya terfokus untuk memberi makan bayi kedasih, maka tak mengherankan jika kedasih tumbuh begitu cepat. Setelah cukup mandiri, anak kedasih akan meninggalkan sarang dan juga orangtua asuhnya.

Demikian tadi beberapa fakta seputar burung kedasih. Duh, jahat sekali ya!

Baca Juga: 5 Fakta Burung Ababil, Pengingat bagi Sifat Sombong Manusia

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya