Comscore Tracker

Luar Biasa, 6 Hewan Mungil Ini Berperan Besar dalam Menjaga Lingkungan

Mari bantu dengan turut menyayangi lingkungan

Berbagai cara dilakukan oleh manusia untuk menjaga kualitas lingkungan agar tetap sehat dan bersih, seperti membersihkan laut, mendukung pertanian organik, membeli produk-produk ramah lingkungan, hingga menggelar berbagai kampanye seputar bumi.

Namun, tak hanya manusia, ternyata binatang juga memiliki andil besar dalam menjaga kualitas lingkungan, mulai dari menyuburkan tanah, mengendalikan polusi, hingga menyediakan oksigen. Nah, lantas hewan apa sajakah yang berjasa besar dalam menjaga lingkungan? Langsung simak ulasannya di bawah ini.

1. Kupu-kupu

Luar Biasa, 6 Hewan Mungil Ini Berperan Besar dalam Menjaga Lingkunganunsplash.com/Vincent van Zalinge

Selain indah dilihat, ternyata hewan mungil nan bersayap ini memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan, lho. Dilansir laman Sciencing, kupu-kupu berperan penting dalam membantu penyerbukan tanaman.

Selain itu, kupu-kupu juga suka memakan kutu daun yang merupakan hama bagi tanaman. Adanya kupu-kupu mampu mengendalikan jumlah hama pada tanaman. Hebat, ya?

2. Lebah

Luar Biasa, 6 Hewan Mungil Ini Berperan Besar dalam Menjaga Lingkunganunsplash.com/Dmitry Grigoriev

Lebah juga termasuk hewan yang sangat bermanfaat bagi manusia, mulai dari madu yang dihasilkan hingga sengatannya. Semuanya memiliki manfaat. Selain itu, lebah juga berperan dalam menjaga lingkungan.

Setiap harinya, sambil mencari nektar, lebah juga berperan membantu penyerbukan tanaman yang membuat tanaman dapat tumbuh dengan subur.

Selain itu, lebah juga memiliki kemampuan untuk mendeteksi tingkat polusi dan bahan kimia beracun. Karenanya, keberadaan lebah kemudian dijadikan indikator untuk mendeteksi tingkat cemaran kimia di suatu tempat.

3. Burung

Luar Biasa, 6 Hewan Mungil Ini Berperan Besar dalam Menjaga Lingkunganfromthegrapevine.com

Dilansir laman One Green Planet, burung yang dibiarkan terbang bebas dapat membantu penyebaran benih, penyerbukan tanaman, dan pengendalian hama serangga karena beberapa jenis burung memakan serangga kecil.

Selain itu, kebiasaan burung yang suka mencakar-cakar tanah ternyata bermanfaat dalam siklus pertukaran udara di dalam tanah yang membantu meningkatkan kesuburan tanah.

Tak hanya itu, burung juga berperan dalam dekomposisi hutan dan bertindak sebagai bioindikator ekosistem. Karena itu, burung dianggap memainkan peran penting dalam menjaga kelangsungan hidup bumi.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Greater Kudu, Hewan dengan Tanduk Berbentuk Spiral

4. Semut

Luar Biasa, 6 Hewan Mungil Ini Berperan Besar dalam Menjaga Lingkunganunsplash.com/Sian cooper

Walaupun ukurannya mungil, semut memiliki peran besar dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan membantu membersihkan hutan hujan. Mengutip laman One Green Planet, ketika semut menggali terowongan di dalam tanah, sebenarnya semut sedang menganginkan tanah dan mendaur ulang nutrisi.

Dengan demikian, semut-semut ini membuat tanah menjadi kaya nutrisi dan sehat untuk pertumbuhan tanaman. Harus diakui, tindakan kecil para semut memiliki pengaruh besar terhadap lingkungan, termasuk mengurangi kebutuhan akan pupuk kimia dan irigasi.

5. Cacing

Luar Biasa, 6 Hewan Mungil Ini Berperan Besar dalam Menjaga Lingkunganramblersafrica.wordpress.com

Dilansir laman National Geographic, cacing termasuk hewan yang paling berjasa bagi Bumi. Sebab, ketika cacing menggali dan memakan tanah, cacing akan mengambil nutrisi dari bahan pembusuk, seperti daun dan akar.

Kemudian, cacing akan mengangkut nutrisi ini ke permukaan lewat feses mereka. Hal ini akan meningkatkan kesuburan tanah.

6. Plankton

Luar Biasa, 6 Hewan Mungil Ini Berperan Besar dalam Menjaga Lingkungandiscovermagazine.com

Tanpa adanya plankton, kemungkinan kadar oksigen yang ada di bumi saat ini hanyalah setengahnya. Sebab, dilansir laman National Geographic, plankton hidup di dekat permukaan air. Artinya, plankton mendapatkan cukup cahaya untuk melakukan fotosintesis. Adapun, salah satu produk dari fotosintesis yaitu oksigen.

Selain itu, plankton juga berperan memecah bahan organik dalam air dan mendaur ulang organisme mati. Karena itu, plankton adalah mata rantai yang tidak bisa dipecahkan dalam rantai makanan laut.

Nah, luar biasa sekali peran hewan-hewan tersebut dalam menjaga lingkungan, bukan? Untuk itu, kita bantu hewan-hewan tersebut menjaga lingkungan dengan cara menjaga kebersihan dan selalu menggunakan produk yang ramah lingkungan, ya!

Baca Juga: Waspada! 5 Hewan Paling Berbahaya dan Menakutkan di Hutan Amazon

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya