Comscore Tracker

5 Makanan Hewan Terbaik untuk Kelinci, Bergizi dan Bikin Sehat

Jangan cuma diberi wortel, ya!

Begitu memutuskan untuk memelihara kelinci, tentunya kamu ingin melakukan yang terbaik agar kelinci dapat tumbuh dengan sehat dan bahagia. Salah satu caranya adalah dengan memberikan makanan hewan yang terbaik untuk kelinci.

Banyak orang mengira bahwa makanan kelinci hanya terbatas pada wortel dan selada. Padahal, kelinci membutuhkan makanan seimbang yang terdiri dari berbagai jenis.

Di alam liar pun, kelinci mengonsumsi berbagai macam tanaman. Jadi, penting untuk mengetahui apa saja makanan yang baik untuk kelinci begitu kamu memutuskan untuk memelihara kelinci di rumah. Simak makanan hewan terbaik bagi kelincimu, yuk!

1. Hay

5 Makanan Hewan Terbaik untuk Kelinci, Bergizi dan Bikin Sehatilustrasi hay (unsplash.com/Mitch Fox)

Hay adalah tanaman hijau yang dikeringkan, seperti jerami. Hay kaya akan vitamin A dan D, kalsium, protein dan nutrisi lainnya. Hay juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan gigi dan saluran pencernaan sehingga harus tersedia untuk kelinci setiap saat. 

Memberikan hay untuk pakan kelinci adalah ide yang sangat bagus agar kelinci mendapatkan nutrisi yang lengkap. Jumlah hay yang harus diberikan adalah sekitar 1 cangkir per 1 kg berat badan kelinci sekali sehari atau dibagi menjadi beberapa kali makan sehari.

2. Pelet

5 Makanan Hewan Terbaik untuk Kelinci, Bergizi dan Bikin Sehatilustrasi pelet (pixabay.com/Lernestorod)

Kelinci juga perlu diberi makan pelet dalam jumlah kecil setiap hari. Kelinci dewasa berukuran 3 hingga 4 kg hanya membutuhkan seperempat cangkir pelet setiap hari. Jika berat kelinci di bawah 2,5 kg, cukup beri pelet seperdelapan cangkir. Ingatlah untuk tidak memberikan pelet lebih dari seperempat cangkir karena pelet bukan bagian penting dari makanan kelinci.

Carilah pelet dengan kandungan serat yang tinggi. Jangan memberi kelinci pelet yang sudah diberi tambahan jagung kering, kacang-kacangan, dan biji-bijian, karena makanan tersebut berpotensi sangat berbahaya bagi kelinci.

3. Sayuran

5 Makanan Hewan Terbaik untuk Kelinci, Bergizi dan Bikin Sehatilustrasi sayuran (pexels.com/ready Made)

Sayuran merupakan makanan favorit kelinci. Sebagian besar sayuran hijau yang ada di pasar aman dikonsumsi oleh kelinci. Kamu bisa memberikan sayuran pada kelinci dewasa dengan jumlah tidak lebih dari dua cangkir sayuran segar setiap hari. Sementara kelinci yang beratnya di bawah 2,5 kg bisa diberi satu cangkir sayuran segar per hari. 

Sebaiknya, berikan dua atau tiga jenis sayuran. Tambahkan satu sayuran baru pada satu waktu, dan perhatikan tanda-tanda diare karena kelinci memiliki sistem pencernaan yang sensitif. Sayuran tertentu dapat diberikan setiap hari, sementara yang lain hanya bisa diberikan sesekali.

Baca Juga: 7 Jenis Kelinci Paling Lucu yang Ada di Dunia, Bikin Pengin Pelihara!

4. Buah-buahan

5 Makanan Hewan Terbaik untuk Kelinci, Bergizi dan Bikin Sehatilustrasi buah-buahan (pixabay.com/silviarita)

Kamu bisa memberi makan kelinci dengan buah-buahan, tetapi jumlahnya tidak boleh lebih dari 10 persen dari diet. Juga, sebaiknya berikan buah sekaligus dengan kulitnya, tetapi pastikan untuk mencucinya hingga bersih terlebih dahulu.

Berikut adalah beberapa buah yang dapat diberikan pada kelinci:

  • Apel
  • Ceri
  • Pir
  • Persik
  • Plum
  • Kiwi
  • Pepaya
  • Mangga
  • Berry
  • Nanas
  • Pisang tanpa kulit
  • Melon 
  • Belimbing
  • Aprikot

5. Air bersih

5 Makanan Hewan Terbaik untuk Kelinci, Bergizi dan Bikin Sehatilustrasi air (pixabay.com/3345408)

Kelinci perlu tetap terhidrasi, oleh sebab itu mereka harus memiliki persediaan air bersih dalam jumlah banyak setiap harinya. Kamu perlu memastikan kebersihan air dengan menggantinya setiap hari. Wadah air juga harus dibersihkan dengan sabun dan air setiap beberapa hari sekali. 

Botol air tidak mudah dibersihkan dan dapat menyulitkan kelinci saat akan minum, jadi sebaiknya air ditaruh di dalam mangkuk. Mangkuk keramik yang berat sangat ideal karena tidak mudah terbalik dan tumpah.

Jadi, agar kelinci dapat tumbuh sehat dan bahagia, pastikan semua jenis makanan hewan ini tersedia untuk kelinci. Hal yang tak kalah penting, tempatkan kelinci di tempat yang bersih, luas, dan bebas stres, ya.

Baca Juga: 9 Fakta Jackalope, Legenda Kelinci Bertanduk Rusa dari Amerika Utara

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

a human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya