Comscore Tracker

6 Fakta Unik Sungai Amazon, yang Terpanjang di Benua Amerika 

#ANGPOIN Rumah bagi piranha dan anaconda 

Sungai Amazon mendapatkan namanya pada tahun 1541, dari seorang tentara Spanyol bernama Francisco de Orellana, yang merupakan orang Eropa pertama yang menjelajahi sungai Amazon.

Selain fakta-fakta di atas, sungai Amazon memiliki beberapa fakta unik lho, yang sangat sayang untuk dilewatkan. Nah, berikut ini ulasan 6 fakta unik sungai Amazon, sungai terpanjang di benua Amerika. 

1. Sumbernya berasal dari pegunungan Andes

6 Fakta Unik Sungai Amazon, yang Terpanjang di Benua Amerika traveller.com.au

Selama beberapa dekade, para peneliti berselisih pendapat mengenai sumber asli dari sungai Amazon. Teori yang paling banyak dipercaya menyakini bahwa aliran sungai Amazon berasal dari pegunungan Andes di Peru, yaitu tiga sungai Mantaro (sumber hulu yang lebih jauh), Apurimac (sumber tanpa gangguan yang paling jauh), dan Maranon (sumber utama berdasarkan volume).

Sungai Amazon mengalir dari dataran tinggi Peru melintasi beberapa negara meliputi Ekuador, Kolombia, dan Venezuela sebelum akhirnya masuk ke Brazil dan mengalir keluar dari pantai Atlantik. 

2. Debit airnya terbesar di dunia

6 Fakta Unik Sungai Amazon, yang Terpanjang di Benua Amerika tripsavvy.com

Sungai Amazon merupakan sungai dengan debit air terbesar di dunia. Total debitnya lebih besar dari total debit 7 sungai terbesar di dunia jika disatukan. Debit rata-rata sungai Amazon adalah 209.000 meter kubik per detik (7.400.000 cu ft / s: 209.000.000 L / dt: 55.000.0000 USgal / dtk) - sekitar 6.591 kilometer kubik per tahun (1.581 cu mi /a). Sungai Amazon juga mewakili 20% dari debit sungai global ke laut.  

3. Memiliki sungai kembar yang tersembunyi di aliran bawahnya

6 Fakta Unik Sungai Amazon, yang Terpanjang di Benua Amerika drinkteatravel.com

Pada tahun 2011 lalu, sungai Amazon sempat menjadi berita utama dunia lho saat para ilmuwan mengonfirmasi tentang keberadaan 'Sungai Amazon bawah tanah', yang menggambarkan  aliran kembar di atas tanah.

Sungai kembar tersebut dinamakan "The Hamzah" oleh ilmuwan dari India yang memimpin kelompok penelitian tersebut. Sungai The Hamzah mengalir sepanjang 4 km dan hanya mampu menawarkan 1/34 dari volume airnya, meski diyakini 4 kali lebih lebar dari sungai Amazon. 

Baca Juga: Apa Efek Kebakaran Hutan Amazon pada Makhluk Hidup? Ini 9 Faktanya!

4. Memiliki ribuan anak sungai

6 Fakta Unik Sungai Amazon, yang Terpanjang di Benua Amerika worldwildlife.org

Selain memiliki debit air yang besar, sungai Amazon juga memiliki banyak anak sungai yang jumlahnya mencapai ribuan, yaitu sekitar 1.100 anak sungai. Sekitar 17 anak sungai memiliki panjang 1.500 kilometer. 

5. Rumah bagi satwa liar yang unik

6 Fakta Unik Sungai Amazon, yang Terpanjang di Benua Amerika chimuadventures.com

Sama halnya dengan sungai Nil yang terkenal dengan keberagaman hayatinya, maka begitu juga dengan Sungai Amazon. Sungai Amazon merupakan rumah bagi lebih dari 2.000 spesies ikan di dunia, dan lebih dari 400 amfibi.

Selain itu, sungai Amazon merupakan rumah bagi satwa-satwa liar yang unik seperti ikan piranha, boto (lumba-lumba sungai), sloth, sejumlah burung yang tak terhitung jumlahnya termasuk macaw dan toucans, dan masih banyak lagi.

Salah satu satwa liar yang terkenal adalah Black Caiman, merupakan buaya berwarna hitam yang terkenal sebagai pemangsa puncak di sungai Amazon. Makhluk ini sangat buas, dan mampu memangsa semua makhluk hidup yang ada di sekitarnya. Namun kini, satwa liar ini terancam punah karena perburuan kulitnya secara besar-besaran.

6. Rumah bagi salah satu ular terbesar di dunia

6 Fakta Unik Sungai Amazon, yang Terpanjang di Benua Amerika unilad.co.uk

Tak hanya rumah bagi satwa liar yang unik, sungai Amazon juga merupakan rumah bagi salah satu ular terbesar di dunia yaitu anaconda. Ular anaconda biasanya mengintai mangsanya di perairan dangkal lembah Amazon. Salah satu ular terbesar di dunia tersebut mampu memangsa hewan yang lebih besar darinya, seperti kambing. 

Nah, itulah ulasan 6 fakta unik sungai Amazon, sungai terpanjang di benua Amerika. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: Apa Efek Kebakaran Hutan Amazon pada Makhluk Hidup? Ini 9 Faktanya!

Eliza Ustman Photo Verified Writer Eliza Ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya