Comscore Tracker

5 Fakta Kehidupan Aristoteles, Sang Filsuf Ilmu Pengetahuan Terbaik

Murid dari Plato, lho!

Yunani kuno merupakan sebuah peradaban terbesar dunia yang mampu melahirkan berbagai ilmu pengetahuan, termasuk filsafat. Tidak mengherankan jika negeri para dewa tersebut mampu melahirkan para filsuf besar dunia. Salah satunya adalah Aristoteles yang dijuluki sebagai bapaknya ilmu pengetahuan.

Dianggap sebagai salah satu dari tiga serangkai filsuf paling berpengaruh setelah Socrates dan Plato, Aristoteles memiliki sebuah jalan kehidupan yang sangat menarik. Berikut kisahnya.

1. Awal kehidupan Aristoteles

5 Fakta Kehidupan Aristoteles, Sang Filsuf Ilmu Pengetahuan Terbaikhistory.com

Aristoteles lahir sekitar tahun 384 SM di kerajaan Yunani kuno, Makedonia, di mana ayahnya yang bernama Nikomakhos adalah seorang dokter kerajaan. Dia tumbuh menjadi filsuf paling berpengaruh yang pernah ada, dengan julukan sederhana seperti The Master dan The Philosopher.

Berbeda dengan gurunya, Plato yang lahir dari keluarga kaya raya, Aristoteles berasal dari kalangan menengah. Sejak muda, Aristoteles selalu tertarik dengan filsafat dan ilmu pengetahuan. Ia pun kemudian belajar di akademi Plato, yang merupakan universitas pertama di dunia.

2. Berguru kepada Plato dan mendirikan akademinya sendiri

5 Fakta Kehidupan Aristoteles, Sang Filsuf Ilmu Pengetahuan Terbaikfee.org

Saat berusia 17 tahun, Aristoteles menjadi salah satu murid filsuf terhebat saat itu, Plato. Di sana, ia belajar selama 20 tahun hingga Plato meninggal dunia. Dengan meninggalnya sang guru pada tahun 347 SM, Aristoteles meninggalkan Athena dan pergi mengembara selama 12 tahun.

Dalam jenjang waktu tersebut, Aristoteles mempelajari banyak ilmu pengetahuan. Saat kembali ke Athenam ia kemudian mendirikan pusat penelitian dan pengajaran yang disebut The Lyceum. Dia suka berjalan-jalan sambil mengajar dan mendiskusikan ide-ide. Para pengikutnya bernama Peripatetics yang berarti sang pengembara. 

Baca Juga: Archimedes: Ahli Matematika dan Penemu Ulung dari Syracuse

3. Menjadi guru dari Alexander Agung

5 Fakta Kehidupan Aristoteles, Sang Filsuf Ilmu Pengetahuan Terbaikancientpages.com

Sekitar tahun 335 SM, Alexander Agung naik tahta sebagai raja Makedonia. Ia merupakan salah satu pemimpin dunia paling hebat dalam sejarah. Alexander Agung berhasil menaklukkan Yunani, Eropa, Persia hingga sebagian Asia dalam masa kepemimpinannya yang hanya berjalan 13 tahun.

Namun kehebatannya tersebut tidaklah dia dapatkan secara otodidak, melainkan berkat didikan dari gurunya yang tak lain adalah Aristoteles. Sang raja tak hanya belajar berbagai ilmu logika, tetapi juga filosofi dari gurunya tersebut di usianya yang masih sangat muda. Hal itu kemudian sangat berpengaruh dalam kehidupannya sebagai raja terhebat dunia.

4. Melahirkan banyak karya dari berbagai jenis ilmu pengetahuan

5 Fakta Kehidupan Aristoteles, Sang Filsuf Ilmu Pengetahuan Terbaikwikipedia.org

Aristoteles dipercaya telah menyusun sekitar 200 karya tulis, tetapi hanya 47 yang selamat hingga hari ini. Karya teoretisnya mencakup tentang biologi, kosmologi, Fisika, filsafat, geografi, geologi, anatomi dan berbagai ilmu lainnya .

Salah satu karyanya yang praktis, dalam bukunya "Etika Nicomachean"  adalah investigasi tentang sifat manusia yang berkembang pada tingkat individu, keluarga dan masyarakat. Karya tersebut didedikasikan untuk anaknya, Nicomachean yang tewas dalam peperangan di usia muda.

Karya lainnya yang menjadi dasar ilmu pengetahuan adalah ia merupakan yang pertama mengklasifikasikan spesies-spesies biologi secara sistematis. Aristoteles juga dikenal sebagai filsuf yang sangat mengutamakan logika dalam segala ilmu. 

5. Memiliki dua anak dari dua pernikahan berbeda

5 Fakta Kehidupan Aristoteles, Sang Filsuf Ilmu Pengetahuan Terbaikpixelizam.com

Layaknya manusia pada umumnya, Aristoteles tidak anti terhadap pernikahan. Ia menikahi Pythias dan memiliki seorang putri, Pythias, dinamai sesuai nama ibunya. Setelah kematian istri pertamanya, Aristoteles jatuh cinta pada Herpyllis yang merupakan mantan budak Pythias.

Dari pernikahannya yang kedua tersebut, Aristoteles memiliki satu anak lelaki bernama Nicomachus. Sayang, sang anak harus meninggal di usia muda ketika turut serta dalam sebuah peperangan.

Itulah beberapa fakta kehidupan sang filsuf paling berpengaruh dalam ilmu pengetahuan dunia, Aristoteles. Dari kisahnya tersebut, kita bisa mendapatkan banyak inspirasi untuk kehidupan.

Baca Juga: Socrates: Orang Paling Bijaksana yang Didakwa Hukuman Mati

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You