Comscore Tracker

4 Pengaruh Revolusi Dunia Terhadap Perkembangan Bangsa Indonesia

Revolusi dimulai dari murninya ideologi.

Revolusi merupakan perubahan sosial dan kebudayaan yang berlangsung secara cepat, dan menyangkut pokok-pokok kehidupan masyarakat. Dalam revolusi sendiri, perubahan yang terjadi dapat direncanakan atau tanpa direncanakan terlebih dahulu dan dapat dijalankan tanpa kekerasan atau melalui kekerasan.

Seperti halnya revolusi yang berlangsung di Indonesia. Beberapa revolusi di Indonesia dipengaruhi oleh revolusi dunia yang mampu mempengaruhi dan mengubah perkembangan bangsa Indonesia di berbagai macam aspek. Revolusi apa saja yang mempengaruhi perkembangan bangsa ini?

1. Revolusi Prancis

4 Pengaruh Revolusi Dunia Terhadap Perkembangan Bangsa Indonesiathegorbalsla.com

Revolusi Prancis lahir karena Raja Louis XVI yang melakukan pengeluaran keuangan secara besar-besaran dan ketidakadilan politik dalam memilih pegawai. Pada 9 Juli 1789 dibentuklah badan yang bertugas merancang Undang-Undang, yaitu Dewan Nasional Konstituante atau Assembly National Constituante. Pasca revolusi tersebut, bentuk negara Prancis berubah menjadi republik, dan Napoleon Bonaparte terpilih menjadi pemimpin negara tersebut.

Bagi bangsa Indonesia, Revolusi Prancis berpengaruh dalam pergerakan nasionalisme Indonesia, yaitu dengan lahirnya paham liberialisme, demokrasi, bentuk negara republik, penegakan HAM, dan menjadikan Undang-Undang sebagai kekuasaan tertinggi dalam pemerintahan. 

Indonesia juga menerapkan Trias Politica, yaitu legislatif, eksekutif, dan yudikatif.

2. Revolusi Amerika

4 Pengaruh Revolusi Dunia Terhadap Perkembangan Bangsa Indonesiawww.massmoments.org

Terjadi perang Laut Tujuh Tahun, mulai tahun 1756 sampai tahun 1763 antara Inggris dan Prancis karena ambisi kedua negara tersebut. Inggris dan Prancis ingin menguasai perekonomian warga Amerika Serikat dengan cara menguasai terlebih dahulu lembah sungai Mississippi.

Perang ini dimenangkan oleh Inggris dengan Perjanjian Paris  pada tahun 1763. Namun, pada 16 Desember 1773, timbul pembataian di pelabuhan Boston atau Boston Tea Party yang dilakukan oleh orang Amerika Serikat. Akhirnya dilakukan Kongres Kontinental di Philadelphia pada 5 Desember 1774 dan menghasilkan deklarasi hak dan keluhan (Declaration of Right and Grievances).

Dengan ini, pengaruh revolusi Amerika bagi Indonesia adalah pengakuan HAM dan pemikiran demokrasi untuk mencapai kemerdekaan.

Baca Juga: Sejarah Kesultanan Banjar, Kerajaan Islam Pertama di Kalsel

3. Revolusi Rusia

4 Pengaruh Revolusi Dunia Terhadap Perkembangan Bangsa Indonesiaid. rbth.com

Revolusi Rusia bertujuan untuk mendirikan pemerintahan yang peduli terhadap rakyat dan menurunkan kekuasaan feodal serta pemerintahan Tsar Nicholas II. Revolusi ini dipelopori oleh tokoh intelektual yang beraliran komunis radikal.

Kekuasaan Tsar Nicholas II berhasil diruntuhkan dan digantikan oleh Alexander Kerensky dari partai Mensyewik. Namun kepemimpinan Alexander mendapat perlawanan dari Vladimir Lenin dari partai radikal (Bolsyewik) yang berkeinginan untuk mewujudkan masyarakat tanpa kelas (proletariat).

Pengaruh revolusi Rusia terdapat dalam pergerakan nasionalisme bangsa Indonesia, yaitu terbentuknya pergerakan nasional dengan ideologi sosialisme dan komunisme untuk mengsuir para penjanjah. Tan Malaka salah satunya. Ia adalah tokoh nasional Indonesia yang memiliki ideologi komunisme dan merupakan orang yang pertama kali mencetuskan konsep Republik.

4. Revolusi Industri

4 Pengaruh Revolusi Dunia Terhadap Perkembangan Bangsa Indonesiahttp://patricklimnews.blogspot.com

Berbeda dengan revolusi yang di jelaskan sebelumnya. Revolusi Industri ini mempengaruhi perubahan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia.

Revolusi industri merubah sistem ladang berpindah menjadi sistem ladang tetap dengan diterapkannya sistem irigasi yang tepat. Revolusi industri juga menghasilkan penemuan alat baru yang memudahkan mobilitas penduduk dengan tenaga mesin.

Revolusi industri mampu mengubah tatanan sosial-ekonomi-politik Indonesia menjadi lebih modern, industri rumahan dengan peralatan sederhana, manufaktur, dan hasil produksi sedikit mulai berubah dengan adanya kaum kapitalisme. Revolusi industri di Indonesia juga menyebabkan adanya diskriminasi sosial, seperti diskriminasi pemberian upah, warna kulit, dan diskriminasi pembagian kekuasaan. 

Itulah empat revolusi dunia yang mempengaruhi perkembangan bangsa Indonesia. Revolusi mengajarkan kepada kita bahwa ia lahir dari sebauh ideologi murni bukan dari sebuah provokasi. Itulah mengapa kualitas seseorang tidak diukur dari besarnya perubahan yang ia ciptakan, tapi diukur dari besarnya kemauan serta pengorbanan untuk menciptakan perubahan.

Baca Juga: 10 Peristiwa Tak Terlupakan yang Terjadi Selama Revolusi Industri

Ines Sela Melia S. Photo Verified Writer Ines Sela Melia S.

Dengan menulis saya 'bersuara'. Dengan menulis saya merasa bebas.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You