Comscore Tracker

Selain Sapi, 7 Hewan Ini Kerap Dimanfaatkan Susunya untuk Dikonsumsi

Kamu pernah mencoba susu jenis apa saja, nih?

Makanan berbahan susu sapi adalah hal lumrah bagi kita. Bahkan hampir setiap hari kita mengonsumsi makanan berbahan susu sapi. Di berbagai belahan negara lain, bukan hanya susu sapi yang kerap dimanfaatkan susunya untuk berbagai kebutuhan komoditi.

Delain sapi, inilah 7 jenis hewan yang susunya biasa diperah untuk dikonsumsi.

1. Kambing

Selain Sapi, 7 Hewan Ini Kerap Dimanfaatkan Susunya untuk Dikonsumsipixabay.com/ulleo

Dari sekian banyak jenis kambing, kambing etawa adalah yang biasa diperah susunya untuk dikonsumsi. Jika dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing memiliki kandungan protein lebih tinggi, lebih mudah dicerna serta strukturnya menyerupai ASI, menurut laman consumerist.com

Banyak kandungan nutrisi yang terkandung dalam susu kambing. Dalam segelas terkandung 27 mg kolesterol, 170 kalori, 11 gram karbohidrat dan 6.3 mg lemak tak jenuh. Susu kambing mengandung berbagai khasiat untuk kesehatan, meliputi mengobati diabetes, menjaga kesehatan tulang, meningkatkan ASI, menjaga sistem kekebalan tubuh dan lain-lain.

2. Domba

Selain Sapi, 7 Hewan Ini Kerap Dimanfaatkan Susunya untuk Dikonsumsipixabay.com/MarjonBesteman

Dilansir onlinelibrary.wiley.com, susu domba mengandung lemak, protein, vitamin dan mineral yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan susu jenis lain. Susu domba pun memiliki karakteristik fisikokimia dan nilai gizi yang baik dalam pembuatan produk yang mengandung probiotik dan prebiotik. 

Selain sebagai minuman, susu domba biasa digunakan sebagai bahan baku pembuatan keju, sabun mandi, lulur mandi, body lotion dan lain-lain.

Baca Juga: Tidak Hanya Susu Sapi, Ini Dia 5 Jenis Susu yang Juga Kaya Nutrisi

3. Kerbau

Selain Sapi, 7 Hewan Ini Kerap Dimanfaatkan Susunya untuk Dikonsumsipixabay.com/skeeze

Hewan lainnya yang biasa dimanfaatkan susunya adalah kerbau. Jika di Indonesia, olahan berbahan susu kerbau adalah dangke, di India adalah paneer, kabri, kheer, khoa, Italia adalah ricotta dan mascarpone dan masih banyak lagi.

Susu kerbau kaya akan protein, kalsium, zat besi, vitamin A, fosfor dan lain-lain. Namun jika dibandingan sapi, susu kerbau memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi. Susu kerbau dinilai memiliki manfaat untuk kesehatan meliputi, pertumbuhan dan perkembangan anak, kesehatan jantung, imunitas, membuat tulang lebih kuat dan lain-lain.

4. Kuda

Selain Sapi, 7 Hewan Ini Kerap Dimanfaatkan Susunya untuk Dikonsumsipixabay.com/TheDigitalArtist

Di Rusia dan Asia Tengah memanfaatkan susu kuda sejak 2500 tahun yang lalu. Susu kuda biasa diminum oleh orang-orang yang hipoalergenik dan terapeutik. Sifat antasid pada susu kuda bermanfaat untuk mengobati hepatitis kronis, TBC, masalah pencernaan dan tukak lambung. Bahkan di Italia karena komposisinya dianggap menyerupai ASI, sering digunakan sebagai susu formula bagi anak yang alergi terhadap susu sapi.

Susu kuda tinggi laktosa namun rendah lemak dan protein. Susu kuda pun bermanfaat dalam mengatasi berbagai permasalahan pada kulit.

5. Yak

Selain Sapi, 7 Hewan Ini Kerap Dimanfaatkan Susunya untuk Dikonsumsipixabay.com/confused

Kerabat sapi, yak, adalah hewan lainnya yang kerap dimanfaatkan susunya untuk dikonsumsi. Hewan yang mampu hidup dengan cuaca -40°C ini mengandung mineral, protein, laktosa, lemak dan lain-lain. Susu yak sering digunakan untuk pembuatan keju dan mentega. Susu yak populer di daerah Tibet, Nepal, Bhutan, India, China, Mongolia dan kawasan Asia Tengah lainnya.

Susu yak kerap digunakan untuk pembuatan keju karena kandungan koloid, fosfor dan kalsium didalamnya sangat tinggi. Sehingga struktur dengan tingkat nutrisi seperti itu sangat mudah untuk diolah menjadi produk seperti keju. Hal uniknya, jika dipanen dalam musim yang berbeda (musim panas vs musim dingin) akan memiliki kandungan nutrisi yang berbeda.

6. Rusa

Selain Sapi, 7 Hewan Ini Kerap Dimanfaatkan Susunya untuk Dikonsumsipixabay.com/congerdesign

Terdengar asing bagi kita. Namun dilansir consumerist.com yang dikutip dari Modern Farmer, di Rusia terdapat pemerahan susu rusa besar (moose). Susu rusa dipercaya memiliki manfaat dalam pengobatan tukak lambung, bahkan nutrisi dalam susu rusa dipercaya bermanfaat membunuh bakteri penyebab sakit maag.

Bukan jenis rusa besar saja, jenis rusa kutub pun dimanfaatkan oleh masyarakat Skandinavian, lantaran hanya hewan tersebut lah yang mampu bertahan dengan cuaca dingin di sana. Susu rusa kutub biasa dimanfaatkan sebagai susu segar, yogurt dan keju.

7. Unta

Selain Sapi, 7 Hewan Ini Kerap Dimanfaatkan Susunya untuk Dikonsumsipixabay.com/judithscharnowski

Susu unta telah dimanfaat selama berabad-abad di Timur Tengah, Asia dan Afrika Utara. Susu yang diperah dari hewan khas Timur Tengah ini dipercaya memberi manfaat bagi kesehatan, manfaat tersebut meliputi menurunkan kadar gula darah dan insulin, meningkatkan kekebalan tubuh, membantu menyehatkan otak seperti permasalahan autisme dan masih banyak lagi.

Itulah 7 jenis hewan lainnya yang susunya biasa diperah untuk dikonsumsi dan sebagai bahan baku pembuatan produk komoditi. Kira-kira kamu tertarik untuk mencoba susu jenis apa selain susu sapi?

Baca Juga: 6 Jenis Susu Non-dairy yang Cocok untuk Para Vegetarian

Ineu Nursetiawati Photo Verified Writer Ineu Nursetiawati

☺️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya